5 Hal di Indonesia Yang Tersohor di Jepang

Jepang, saat ini merupakan sebuah negara maju yang dipandang oleh dunia, tak terkecuali juga oleh Indonesia. Bidang pendidikan, teknologi, budaya, dan kesenian setidaknya menjadi salah satu faktor negara ini mempunyai nama besar bagi pemuda-pemuda Indonesia. Pendidikan bahasa dan sastra Jepangmisalnya, adalah salah satu favorit di Indonesia. Pun dengan teknologinya di bidang otomotif, kalau bukan teknologi Jepang kadang juga dipandang sebelah mata.

Nah, jika Jepang begitu terkenal di Indonesia, lantas bagaimana dengan nama Indonesia di Jepang? Sebagai sebuah negara berkembang tentu Indonesia masih kalah jauh dari Jepang. Meski begitu, ternyata ada beberapa hal dari Indonesia yang begitu dikenal di Jepang. Apa saja itu? Inilah 5 hal seputar Indonesia yang terkenal di Jepang.

1. Presiden Soekarno

lensaterkini.web.id - Tak dapat dipungkiri, karisma seorang Bung Karno memang tak mudah untuk dilupakan zaman. Hingga sekarang, jika dunia internasional menyebut nama Indonesia, pasti mereka juga tahu itu adalah negerinya Soekarno. Begitu halnya di Jepang, nama Soekarno pun akan selalu diingat sebagai seorang yang menjadi kartu As kemerdekaan Indonesia dari negara matahari terbit tersebut.

Ketika menjabat sebagai presiden Republik Indonesia dalam periode 1945 hingga 1966, Soekarno juga masih memiliki hubungan erat dengan Jepang karena ia juga pernah memperistri seorang wanita Jepang. Dialah Ratna Sari Dewi atau Naoko Nemoto. Ratna bukanlah seorang wanita biasa karena wanita ke-5 yang hadir dalam hidup Soekarno ini dulunya adalah seorang Geisha.

2. Pulau Bali

Nama Bali memang sudah terkenal sebagai destinasi kelas dunia. Bukan penduduk Jepang saja yang sudah mengenalnya, lebih dari setengah penduduk dunia pun sudah pasti tahu destinasi Pulau Bali yang menyimpan panorama pantai yang tiada duanya ini. Selain itu, suasana pedesaan dan kultur-budaya Bali yang masih kental dan sangat asli ini juga turut menjadi daya tarik tersendiri.

Uniknya, sebenarnya nama Bali ini justru lebih terkenal daripada nama Indonesia itu sendiri. Bahkan ada sebuah lelucon dari orang luar yang bertanya, “Indonesia itu di sebelah mananya Bali?”. Terlepas dari itu, Bali adalah tujuan utama wisata dunia di Indonesia. Dan wajar jika penduduk Jepang lebih familiar dengan nama Bali karena banyaknya restoran Bali yang tersebar di wilayah Jepang. Selain itu, banyak orang Jepang yang suka mempelajari budaya Indonesia, salah satunya tentang Bali.

3. Film The Raid 2 : Berandal

lensaterkini.web.id - Film action The Raid Redemption sukses besar menyita perhatian mata Indonesia. Di tengah lesunya film-film Indonesia yang bergenre action, film yang dibintangi Iko Uwais ini bak permata yang tiba-tiba saja merebut hati penggemar film. Kesuksesan ini lantas membawa The Raid menuju episode 2 yang diberi judul “The Raid 2 : Berandal”. Serunya, dalam seri ke-2 ini The Raid lebih banyak melibatkan aktor.

Asal diketahui, aktor-aktor yang turut meramaikan film laga ini bukan saja berasal dari Indonesia. Film garapan sutradara Gareth Evans ini juga mengajak sejumlah aktor dari negeri matahari terbit, seperti Kazuki Kitamura, Ryuhei Matsuda, dan Kenichi Endo. Tentu dengan ikutnya pemain-pemain dari Jepang ini akan menambah rating dari film The Raid untuk meraup pasar yang lebih besar di negeri Jepang.

4. Garuda Indonesia

Nama Garuda Indonesia juga urut menyumbang nama besar Indonesia dalam kancah penerbangan internasional. Perusahaan penerbangan yang pertama kali berdiri tahun 1949 ini merupakan perusahaan penerbangan yang namanya diakui dalam 10 besar maskapai terbaik di dunia. Tak ayal, di dalam negeri, nama Garuda Indonesia begitu terpandang. Begitu pula bagi wisatawan luar negeri yang hendak berlibur ke Indonesia, Garuda Indonesia adalah salah satu pilihan menarik bagi mereka.

Di Jepang pun, maskapai Garuda Indonesia juga turut punya nama tersendiri. Bahkan ada juga sejumlah turis Jepang yang ingin ke Indonesia lebih memilih terbang bersama Garuda Indonesia ketimbang maskapai asli dari Jepang. Hal ini tentunya tidak lepas dari pelayanan pihak Garuda Indonesia sendiri yang tidak lepas nilai dan budaya bangsa Indonesia yang terkenal santun dan bersahabat.

5. Nasi Goreng dan Mie Goreng

lensaterkini.web.id - Mungkin bagi kita makanan nasi goreng dan mie goreng adalah hal yang biasa. Banyak warung-warung di pinggir jalan yang menjajakaan dua makanan ini tiap malam. Namun lain halnya jika kita berada di Jepang. Di Jepang, penduduknya termasuk yang menjadi penggemar dua masakan khas Indonesia ini.

Padahal sebenarnya, mie pun asal muasalnya bukan dari Indonesia. Mungkin karena perpaduan rempah-rempahnya yang berbeda sehingga nasi goreng dan mie goreng ini begitu digemari di sana. Spesialnya lagi, orang-orang  Jepang semakin suka kalau yag membuat adalah orang asli Indonesia.

Nah, itu tadi 5 hal seputar Indonesia yang terkenal di Jepang. Ternyata hal-hal yang biasa bukan? Namun itulah, orang-orang luar negeri menghargai Indonesia dari hal-hal sederhana. Ternyata Indonesia tak perlu hal-hal muluk bukan untuk dihargai? Maka dari sekarang ayo hargai pula hal-hal yang dianggap biasa di Indonesia tersebut karena justru itu yang dihargai dunia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola