4 Inovasi Luarbiasa Yang Bikin Dunia Lebih Baik di Tahun 2016

Tanpa adanya inovasi dan penemuan-penemuan yang baru, kehidupan manusia akan stagnan begitu saja. Kita tidak akan memasuki era kemajuan kalau tidak ada orang yang punya pemikiran jauh ke depan sehingga hal-hal baru akhirnya tercipta. Berawal dari pemikiran atau ide yang kadang tidak masuk akal, inovasi selalu bisa diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia di muka bumi ini.

Selama tahun 2016, inovasi-inovasi baru banyak bermunculan di bumi ini. Bahkan, ada yang  bilang kalau 2016 adalah tahun terbaik dalam hal inovasi yang mampu membuat dunia jadi lebih baik. Berikut beberapa inovasi yang muncul di tahun 2016 dan membuat dunia ini berjalan menjadi lebih baik.

1. Mengambil Energi dari Udara

lensaterkini.web.id - Penemuan ini bukan memanfaatkan angin untuk pembangkit listrik, namun memanfaatkan sinyal di udara untuk energi. Shyamnath Gallakota membuat alat yang membuat perangkat tanpa baterai bisa hidup dan menjalankan kinerjanya dengan baik. Dengan alat ini sinyal yang ada di udara akan ditangkap dan digunakan untuk energi. Anda tidak perlu menggunakan charger karena selama ada sinyal Wi-Fi, perangkat bisa terisi energi dengan cepat.

Penemuan ini masih dikembangkan dengan baik oleh Shyamnath dan mahasiswanya. Dalam 2-3 tahun ke depan, alat yang bisa bekerja dengan cara ini akan dibuat. Di masa depan, perangkat seperti kamera CCTV, sensor udara, hingga sensor kebakaran akan menggunakan metode ini untuk bekerja dengan baik tanpa aliran listrik.

2. Mengubah Gen Tanaman Secara Presisi

Untuk mendapatkan tanaman dengan gen yang unggul, ilmuwan melakukan segala cara mulai dengan penyilangan antar spesies hingga menggunakan modifikasi gen. Sayangnya, metode klasik yang digunakan itu tidak bisa sepenuhnya menghasilkan tanaman yang unggul. Kalau berhasil mereka bisa mendapatkan tanaman unggul baik dari segi produksi hingga ketahanan terhadap penyakit.

Seiring dengan berjalannya waktu, metode untuk melakukan modifikasi gen pada tumbuhan terus diperbaiki. Dalam 5-10 tahun lagi, manusia akan dengan mudah memodifikasi tanaman yang akan mereka tanam. Misal tanaman dengan buah besar dan tahan penyakit atau tanaman yang bisa menghasilkan banyak buah selama setahun penuh.

3. Robot yang Berlajar dari Robot

lensaterkini.web.id - Robot bisa bergerak dengan baik kalau manusia melakukan pemrograman dengan baik dan memasukkan data-data yang sesuai. Tanpa pemrograman yang baik, robot tidak akan bisa bergerak dengan baik atau bahkan tidak bergerak sama sekali. Mereka tidak diprogram untuk mempelajari sesuatu dari apa yang mereka lihat lalu memprosesnya sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, robot mulai diprogram untuk bisa mempelajari sesuatu dari sesamanya. Apa yang bisa dilakukan robot A akan dikirim ke robot B sehingga robot tersebut bisa mempelajarinya secara langsung. Apabila inovasi ini terus dilanjutkan, bukan tidak mungkin robot-robot bisa belajar banyak hal dengan sendirinya. Hebat tapi sedikit ngeri juga. Kalau robotnya jadi lepas kendali bagaimana ya?

4. Implan Jantung Buatan

Implan jantung yang banyak dilakukan oleh penderita gangguan jantung dipadukan dengan alat yang mampu memberikan stumulasi pompaan. Dengan alat ini, jantung bisa berjalan lagi dengan baik meski awalnya mengalami banyak gangguan. Sayangnya, kalau alatnya rusak, jantung akan berhenti berdetak dan membuat seseorang yang menggunakannya meninggal dunia.

Untuk menghindari hal itu, seorang dokter ahli jantung terbaik di dunia akhirnya membuat  Carmat heart. Dengan alat ini, jantung bisa diganti dengan kemiripan yang sempurna. Alat yang ditransplantasikan bisa bekerja layaknya jantung asli dalam memompa darah ke seluruh tubuh setiap saat.

Inilah beberapa penemuan dan inovasi hebat yang terjadi pada tahun 2016. Semoga di tahun-tahun yang akan datang, inovasi yang sangat bermanfaat bisa bermunculan kembali dan memudahkan hidup manusia di muka bumi ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola