4 Fenomena Kedahsyatan Astronomi di Tahun 2016

Kita bisa mengatakan kalau 2016 adalah tahun terbaik untuk event astronomi. Pada tahun ini sederet fenomena astronomi cukup besar terjadi dengan sebegitu uniknya. Bahkan beberapa orang sampai kagum dan melakukan perjalanan cukup jauh dari negaranya hanya untuk menyaksikan peristiwa itu dengan sempurna.

Oh ya, peristiwa astronomi yang terjadi tidak setiap tahun terjadi. Gerakan bumi dan benda langit lain yang tanpa henti membuat peristiwa yang sama bisa terjadi beberapa puluh atau ratus tahun lagi. Kalau kamu bisa menikmati peristiwa astronomi yang terjadi pada tahun 2016 ini, kamu adalah orang yang beruntung.

1. Gerhana Matahari Total 2016

lensaterkini.web.id - Pada tanggal 9 Maret 2016 lalu, Indonesia mengalami satu fenomena gerhana matahari terbaik sepanjang sejarah. Gerhana Matahari yang terjadi di pagi hari dan melewati 12 provinsi ini menjadi perhatian banyak orang dari seluruh dunia. Mereka berbondong-bondong untuk datang dan mengabadikan momen hebat yang belum tentu terjadi setiap tahunnya.

Gerhana matahari total yang terjadi pada tahun 2016 silam bukanlah yang pertama terjadi. Sebelumnya pada tahun 1983, 1988, dan 1995 gerhana matahari total pernah melintas di atas Indonesia. Oh ya, kalau kamu belum menyaksikan fenomena gerhana matahari total, tunggulah sekitar 7 tahun lagi. Pada tahun 2023, Indonesia akan mengalami gerhana matahari total lagi.

2. Supermoon Terbesar Sepanjang 70 Tahun

Supermoon adalah fenomena di mana matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis dan bulan berada pada titik terdekatnya dengan bumi. Fenomena ini sebenarnya umum terjadi dengan tempo 13 bulan sekali. Namun, untuk mendapatkan bulan dengan ukuran paling besar ketika dilihat dengan mata telanjang tidak jadi setiap saat.

Peristiwa supermoon atau sering disebut juga dengan perigee moon ini pernah terjadi pada tahun 1948. Setelah tahun itu praktis tidak ada bulan yang terlihat lebih besar dari bumi. Kalau kamu ingin menyaksikan fenomena yang mahadahsyat ini, perhatikan langit pada tanggal 14 November 2016. Bulan  akan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang.

3. Blue Moon yang Sangat Langka

lensaterkini.web.id - Blue moon adalah sebuah fenomena yang cukup langka di mana dalam satu bulan terdapat dua kali purnama penuh. Normalnya, dalam satu bulan hanya terjadi satu kali purnama penuh dan kadang gerhana bulan penumbra yang membuat satelit bumi itu jadi agak redup.

Sekadar informasi saja, blue moon bukanlah bulan yang warnanya berubah menjadi biru seperti warna pantai. Blue moon hanyalah istilah yang menggambarkan adanya dua kali purnama penuh yang terjadi dalam satu bulan saja. Oh ya, pada tahun 2016 ini, blue moon terjadi pada tanggal 21 Mei dan akan terjadi lagi pada tahun 2019 atau 3 tahun dari sekarang.

4. Hujan Meteor Perseid Terbesar

Perseid adalah salah satu hujan meteor terbaik yang selalu terjadi setiap tahun pada musim panas. Dalam satu jam, hujan meteor yang terletak di dekat rasi bintang Perseus ini terjadi sebanyak 80-100 kali. Jumlah ini akan terus menurun seiring berjalannya waktu karena posisi rasi bintang dan juga bumi terus bergerak secara dinamis.

Hujan meteor perseid yang terjadi di 2016 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya hujan meteor perseid yang terjadi pada tahun 2016 ini akan terjadi sebanyak 150 terjunan setiap jam. Fenomena ini terjadi pada tahun 1993 dan 2005. Jika dilihat dari tahun terjadinya hujan meteor, fenomena ini terjadi setiap 11-12 tahun sekali.

Inilah fenomena astronomi yang terjadi pada tahun 2016. Dari beberapa fenomena di atas, mana yang sempat kamu liat dan nikmati kedahasyatannya?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Fakta
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola