4 Fakta Seram Hantu Sumiati Yang Legendaris di Makassar

Sumiati, nama satu ini mungkin bagi kita tidak berarti apa-apa. Maksudnya ya hanya sebuah nama saja, tak lebih. Tapi, bagi orang Makassar, nama satu itu sungguh sesuatu yang punya banyak cerita. Sayangnya, bukan kisah-kisah yang bagus melainkan sebaliknya. Ya, setiap kali seseorang mendengar cerita tentang Sumiati, maka ia bakal selalu dirundung kecemasan dan rasa was-was.

Lalu, siapa sih sebenarnya sosok satu ini? Sumiati mungkin nama seorang manusia, tapi di Makassar, nama tersebut selalu dikait-kaitkan dengan sosok hantu menakutkan yang bisa dibilang paling legendaris di sana. Sumiati dikenal sebagai hantu jahat yang tak hanya menakut-nakuti satu daerah tertentu, tapi hampir di seluruh Makassar.

Wujudnya sendiri begitu seram. Saking menakutkannya, tak ada kata-kata yang benar-benar pas untuk menggambarkannya. Lebih jauh tentang sosok hantu legendaris Makassar ini, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu tahu soal Sumiati yang namanya begitu ditakuti orang-orang Makassar.

1. Hantu Sumiati yang Ada di Mana-Mana

lensaterkini.web.id - Lazimnya, hantu hanya akan menakut-nakuti daerah tertentu saja alias terbatas teritorialnya. Misalnya, hantu Casablanca yang pasti munculnya di situ-situ saja. Pun begitu dengan si Manis Jembatan Ancol yang hanya eksis di sekitar situ. Namun, yang terjadi dengan Sumiati ini sangat lain. Tak seperti hantu Casablanca atau Si Manis, sosok seram satu ini bisa muncul di seluruh Makassar.

Sudah ada banyak cerita tentang orang-orang yang dihantui Sumiati. Anehnya, orang-orang ini lokasinya begitu berjauhan. Dari sini akhirnya orang-orang berpendapat bahwa Sumiati bisa muncul di mana pun dia suka. Hantu dengan jelajah yang begitu luas, ada kah yang lebih seram daripada itu?

2. Sumiati Berbaju Putih dan Merah

Sumiati sendiri sering diceritakan berwujud seperti hantu wanita pada umumnya. Penampakannya ya kira-kira mirip kuntilanak atau sundel bolong. Tapi, Sumiati ini punya ciri khas yang berbeda. Ya, hal tersebut tak lain adalah bajunya yang bisa berganti-ganti warna sesuai dengan mood. Serius.

Ya, menurut cerita, ada dua warna baju yang dipakai Sumiati. Putih dan merah. Ketika ia memakai putih, biasanya Sumiati akan bersikap baik dan lembut. Bahkan ia tak segan menolong orang-orang yang tersesat. Tapi, kalau sudah merah yang dipakai, maka itu tandanya Sumiati marah dan sedang berburu korbannya. Ketika seseorang didatangi Sumiati merah, maka nasibnya pasti benar-benar sial.

3. Sumiati Hanya Memburu Supir Angkot dan Tukang Becak

lensaterkini.web.id - Layaknya hantu pada umumnya, Sumiati memang suka mengganggu dan memunculkan diri sesukanya. Tapi, menurut cerita, hantu wanita ini tak sembarangan melakukan yang semacam itu, kecuali pada orang-orang khusus. Mereka ini adalah supir angkot dan tukang becak.

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa demikian. Kalau menurut kisahnya, hal tersebut tak lain karena di masa lalu Sumiati dilecehkan oleh orang-orang dengan profesi itu. Cerita lengkapnya akan disajikan di poin selanjutnya.

4. Kisah di Balik Legenda Sumiati

Hantu Sumiati tidak muncul begitu saja melainkan ada cerita di baliknya. Hal itu berawal dari kisah Sumiati muda yang memutuskan untuk merantau ke Makassar lantaran ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Awalnya berjalan cukup baik, sampai akhirnya entah bagaimana ceritanya, Sumiati dihadapkan dengan kondisi buruk. Pada suatu malam Sumiati mendapati dirinya dikeroyok oleh beberapa pria yang diketahui adalah para supir angkot dan tukang becak.

Seperti yang kamu duga, para pria ini pun dengan beringasnya menggagahi Sumiati sampai berkali-kali. Singkat cerita, Sumiati yang lemas tak berdaya ini pun dibuang. Namun, fatalnya, sebelum itu ternyata salah seorang pelaku tadi malah membunuhnya. Sumiati kemudian dikuburkan seadanya di sebuah tempat. Tak lama selang kejadian ini, hantu Sumiati pun muncul dan mulai melakukan teror-teror menakutkannya.

Cerita tentang Sumiati sebenarnya sudah berusia cukup tua. Tapi, sampai hari ini namanya tetap bergaung. Hal ini jadi bukti kalau hantu tersebut memang ada dan nyata sehingga membuat banyak orang tetap membicarakannya. Kalau kamu kebetulan mampir ke Makassar cobalah bertanya tentang legenda Sumiati. Tapi, ditanggung sendiri ya risikonya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Misterius
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola