4 Fakta Hebat Peradaban INCA di Mata Dunia

Berbicara soal bangsa dengan peradaban tinggi, mungkin banyak orang yang akan menyebut Romawi atau Yunani. Tidak salah kenapa seperti itu karena dua bangsa ini memang luar biasa. Meskipun demikian, Yunani dan Romawi bukanlah satu-satunya bangsa dengan peradaban mentereng di masanya. Ada beberapa bangsa lain yang juga tak kalah. Salah satunya adalah Inca.

Ya, bangsa dipercaya berpusat di Peru, Amerika Selatan ini juga sering dianggap sebagai yang paling beradab. Hal ini dibuktikan dari banyak peninggalan mereka yang luar biasa dan bikin tercengang. Salah satunya adalah deretan konstruksi-konstruksi luar biasa yang hingga hari ini masih sering bikin banyak orang terheran-heran. Belum lagi soal kehebatan teknik medis mereka yang mengguncang dunia kedokteran.

Masih berbicara soal kehebatan Inca, berikut adalah potret kedahsyatan mereka dalam membangun peradaban yang pernah membuat dunia tercengang.

Moray, Lab Pertanian Canggih Bangsa Inca

lensaterkini.web.id - Moray kalau dilihat sekilas kesannya seperti hasil karya seni orang-orang Inca. Pasalnya, bentuk yang berputar dan bertingkat itu nampak sangat artistik sekali. Namun, Moray sendiri bukanlah hasil seni melainkan sebuah tempat penelitian pertanian.

Menurut para ahli, orang-orang Inca dulu sengaja membuat yang seperti ini untuk menguji coba tanaman yang akan mereka gunakan. Di ketahui, kondisi di masing-masing tingkatan Moray ternyata tidak sama. Antara satu dan lainnya memiliki suhu dan jenis tanah yang berbeda. Kuat dugaan kalau dulu orang-orang Inca mencoba untuk menanam di Moray ini sambil dilihat hasilnya. Jika sukses kemudian mereka akan menerapkannya di pertanian yang sesungguhnya. Luar biasa ya sampai ada penelitian macam ini.

Kehebatan Konstruksi Jalan Bangsa Inca

Meskipun kalah pamor soal ilmu pengetahuan dibanding Aztec dan Maya, tapi dalam hal konstruksi Inca adalah yang terbaik di antara tiga bangsa ini. Ada begitu banyak bukti yang menunjukkan itu, termasuk salah satunya adalah sistem jalan yang ada di Inca. Percaya atau tidak, pada abad 14, bangsa ini sudah bisa membangun sebuah sistem jalan yang sangat kompleks.

Jadi, di sana ada sebuah jalanan besar yang membentang sepanjang 40 ribuan kilometer yang menghubungkan banyak titik. 40 ribu kilometer sendiri kurang lebih setara dengan 10 kali jarak dari Jakarta ke Maldives. Uniknya lagi, jalanan ini dibangun dengan teknik khusus sehingga bisa tahan selama hampir 400 tahunan.

Inca Memiliki Delivery Service

lensaterkini.web.id - Ketika sistem kurir di Indonesia baru booming belakangan, bangsa Inca ternyata sudah menerapkannya lama sekali. Ya, di sana ada semacam petugas khusus yang direkrut untuk menyampaikan pesan-pesan yang bentuknya bisa berupa apa pun. Entah surat, bingkisan, atau bahkan pesan suara.

Uniknya, para kurir ini adalah orang-orang yang sangat profesional. Tidak hanya sehat bugar badannya, mereka juga kredibel dan jujur. Tak cuma itu, para kurir ini juga terdiri dari orang-orang yang paling cerdas. Ya, alasannya karena mereka harus mengenal tulisan serta bisa berimprovisasi dalam bekerja.

Bangsa Inca Adalah Ahli Pengobatan

Tak hanya terkenal akan kehebatan konstruksi, bangsa Inca juga punya pamor untuk hal-hal yang berbau medis. Dulu, di sana ada semacam dokter yang mampu melakukan segala hal. Tak hanya mampu mengobati penyakit yang ringan-ringan, tapi juga kelas berat. Bahkan dulu mereka juga pasti ahli dalam pengoperasian.

Salah satu bukti kehebatan medis di masa Inca adalah teknik pengobatan melubangi kepala. Metode ini dipakai ketika seseorang menderita sakit yang amat berat di bagian kepala atau cidera parah. Kemudian dilakukan semacam pemotongan tulang tengkorak untuk mengobati hal tersebut. Sangat ekstrem, tapi teknik ini berhasil dengan 90 persen korban selamat dan sehat. Padahal dulu tidak ada peralatan canggih.

Inilah kehebatan bangsa Inca yang benar-benar luar biasa. Di zaman yang seperti itu mereka sudah bisa membangun peradaban yang begitu maju. Sayangnya, pada akhirnya bangsa cerdas ini dimusnahkan oleh Spanyol dalam rangka penjajahan. Padahal kalau masih diperkenankan untuk bertahan, bukan berarti teknologi mereka lebih canggih dari yang kita kenal hari ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Fakta
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola