7 Negara Dengan Penderita HIV Atau AIDS Terbanyak di Dunia

HIV/AIDS adalah penyakit mematikan yang memuat sistem kekebalan tubuh penderitanya menjadi menurun dengan signifikan. Jika seorang penderita tidak segera mendapatkan pertolongan, mereka bisa mati perlahan-lahan tanpa bisa disembuhkan kembali. Saat ini penderita dari HIV/AIDS di seluruh dunia menembus angka 38 juta jiwa dan kemungkinan bisa bertambah.

Hingga sekarang, pengobatan untuk kasus HIV/AIDS hanya bertujuan untuk memperpanjang waktu hidup dari seseorang. Untuk penyembuhan, obatnya masih dalam proses pengembangan. Semua penderita HIV/AIDS di seluruh dunia sudah sejak lama menunggu obat ajaib yang mampu menyembuhkan mereka dengan cepat.

Masih tentang HIV/AIDS yang ada di seluruh dunia. Berikut daftar negara dengan jumlah penderita HIV/ AIDS tersebar di seluruh dunia.

1. Afrika Selatan

lensaterkini.web.id - Afrika Selatan menjadi negara dengan jumlah penderita HIV/AIDS terbesar di Dunia. negeri ini memiliki nyaris 7 juta penduduk yang menderita penyakit mematikan ini. Jumlah ini nyaris mendekati 20 persen jumlah penduduk produktif di Afrika Selatan. Oh ya, penyebaran HIV/AIDS di negeri ini terjadi akibat hubungan seksual yang tidak sehat dan juga minimnya pengetahuan tentang penyakit mengerikan ini.

2. Nigeria

Tidak berbeda jauh dengan Afrika Selatan, Nigeria juga memiliki penderita HIV/AIDS terbanyak di dunia. Di negeri ini penderita dari penyakit mematikan ini mencapai 3,2 juta jiwa dengan kematian setiap tahunnya mencapai lebih dari 200.000. Peningkatan penderita HIV/AIDS di negeri ini terjadi karena penduduk setempat tidak melakukan hubungan badan dengan sehat.

3. India

lensaterkini.web.id - India menjadi satu-satunya negara di Asia yang memiliki jumlah penderita HIV/AIDS terbesar di dunia. Negara yang terletak di anak benua Asia ini memiliki sekitar 2 juta penduduk yang mengidap HIV/AIDS. Dari jumlah itu, penduduk yang meninggal sekitar 130.000 setiap bulan. Rata-rata penderita dari penyakit ini hidup di lingkungan kumuh yang jarang tersentuh fasilitas kesehatan terbaik.

4. Zimbabwe

Kembali lagi ke negara di daratan Afrika. Kali ini adalah Zimbabwe yang memiliki sekitar 1,5 juta jiwa penduduk yang menderita HIV/AIDS. Penduduk yang ada di sini rata-rata melakukan hubungan badan yang tidak sehat. Banyak dari mereka tidak mengetahui apa itu pengaman dan juga fungsinya. Akhirnya HIV/AIDS bisa menyebar dengan cepat dan membunuh setidaknya 140.000 jiwa setiap tahunnya.

5. Tanzania, Uganda, Kenya

lensaterkini.web.id - Ketiga negara di atas memiliki penderita HIV/ AIDS yang nyaris sama di Afrika. Sekitar 1,4 juta penduduk di negara ini terinfeksi. Setiap tahun ada sekitar 70.000-80.000 meninggal dunia karena tidak tertolong dan mendapatkan pengobatan. Masalah utama penyebaran HIV/AIDS di sini adalah adanya hubungan badan tidak sehat.

6. Amerika

Amerika memiliki penderita HIV/AIDS sekitar 1,1 juta jiwa hingga sekarang. Jumlah ini kemungkinan besar bisa bertambah mengingat perilaku seks bebas di negeri itu sudah teramat parah. Selain itu, pengguna narkoba di Amerika juga termasuk tertinggi di dunia. Dua hal ini membuat penyebaran HIV/AIDS di negeri ini tidak bisa dibendung lagi. Bahkan jika dibandingkan dengan negara tetangganya, Amerika masih sangat terpuruk.

7. Rusia

lensaterkini.web.id - Untuk urusan militer, Rusia dan Amerika memang saling adu kuat. Namun untuk urusan penderita HIV/AIDS, dua negara ini saling kejar-kejaran. Rusia memiliki 1 juta penduduk yang mengidap penyakit mengerikan ini. Penularan HIV/AIDS di rusia terjadi akibat pemakaian jarum suntik saat menggunakan narkoba dan juga hubungan badan yang tidak menggunakan pengaman.

Inilah tujuh negara dengan jumlah penderita HIV/AIDS terbesar di dunia. Indonesia sendiri juga memiliki 660.000 penduduk dengan jumlah HIV atau masih di bawah Tiongkok dan Brasil. Jika penanganan HIV/AIDS di Indonesia tidak segera ditingkatkan bisa saja jumlah itu terus bertambah dengan cepat. Ngeri!

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola