5 Makanan Lezat Indonesia Dengan Sejarah Paling Unik

Julukan surga yang disematkan kepada Indonesia bukan hanya karena negeri ini punya alam yang indah atau budaya yang luar biasa, tapi juga karena masakannya. Ya, soal masakan, Indonesia memang nggak kalah saing dari negara mana pun. Bahkan beberapa masakan kita sampai mendapatkan julukan terenak di dunia, beberapa contohnya adalah rendang dan nasi goreng.

Bagi kita yang orang asli Indonesia, masakan negeri dalam ini memang juara dan nggak pernah bikin bosan. Meskipun katakanlah kita mengonsumsinya hampir setiap waktu. Nah, meskipun orang Indonesia sudah sangat familiar nih dengan berbagai kuliner Nusantara, tapi beberapa pasti belum tahu tentang sejarahnya. Kira-kira bagaimana sih awal mula dari rendang, bakso, dan makanan enak lainnya? Hmm, pasti nggak banyak yang bisa menjawab ini ya.

Mencintai kuliner dalam negeri nggak hanya dengan menikmatinya, tapi juga tahu sejarahnya. Makanya, kali kini Boombastis akan membawamu menelusuri jejak sejarah dari deretan masakan paling enak di sini. Lalu, seperti apa ceritanya? Ketahui lewat ulasan berikut.

Sejarah Rendang, Makanan Terenak di Dunia

lensaterkini.web.id - Pasti tahu dong rendang? Ya, masakan satu ini sering kita temukan di rumah-rumah makan Padang. Soal rasa, nggak diragukan lagi kalau rendang ini memang luar biasa. Satu gigit saja sudah berasa bumbu yang begitu kaya dan kompleks. Makanya, nggak heran juga kalau kuliner satu ini kerap dijuluki makanan terenak di dunia. Soal sejarahnya, kira-kira bagaimana ya?

Hampir nggak ada catatan yang runtut dan lengkap soal Rendang, tapi para sejarawan berpendapat jika makanan ini sudah ada sejak awal abad 19 bahkan 16. Rendang berasal dari Minang dan kemudian menyebar ke sekitarnya, termasuk Malaysia.

Menurut Gusti Anan seorang pakar sejarah Universitas Andalas, Rendang ini kerap jadi bekal para pelaut Minang zaman dulu. Alasannya nggak lain karena Rendang ini bisa awet sampai berbulan-bulan.

Rawon yang Asal-Usulnya Begitu Misterius

Masakan dengan daging dan kuah hitam ini juga sering disebut masakan terlezat di Indonesia. Empuknya daging dipadu kuah ber-keluwek-nya yang hitam, memang sukses bikin para penikmatnya nagih. Apalagi ditambah sambal, waduh bikin ngiler. Masakan Jawa Timur ini sudah terkenal seantero Indonesia, tapi belum benar-benar diketahui seperti apa sejarahnya.

Ya, hampir nggak ada catatan atau semacamnya soal asal usul makanan ini. Tapi, desas-desus mengatakan kalau rawon dulunya adalah makanan para raja namun kemudian diturunkan kepada rakyat. Namun cerita ini belum bisa dipastikan karena nggak bersumber kuat. Jadi, masih benar-benar misteri soal rawon ini. Tapi, yang jelas nggak mungkin masakan ini ada dengan sendirinya kecuali memang diciptakan melalui proses yang panjang hingga menjadi seperti yang sekarang ini.

Bakso yang Ternyata Bukan Asli Indonesia

lensaterkini.web.id - Bakso bisa dibilang merupakan makanan yang paling universal di Indonesia. Semua orang suka dan penyebarannya pun merata. Di ujung Aceh sampai Papua, bakso akan sangat mudah ditemukan. Nggak heran memang kenapa makanan ini begitu populer. Nggak hanya enak, bakso juga aman banget untuk dompet kita. Berbicara sejarah, kira-kira bagaimana sih bakso berawal?

Faktanya, bakso ternyata bukan berasal dari Indonesia. Ya, Tiongkok lah tempat lahir makanan merakyat ini. Kisahnya diawali dari seorang pemuda bernama Meng Bo yang berhasrat ingin memberikan olahan daging kepada ibunya. Sayangnya, sang ibu sudah tak sanggup untuk menikmati daging yang teksturnya keras. Meng Bo berpikir sembari melihat seorang pria menumbuk-numbuk ketan sampai halus. Kemudian ia pun bergumam, seandainya daging diperlakukan seperti itu, pasti ia akan lembut.

Akhirnya Meng Bo pun mencoba menumbuk daging kemudian membentuknya bulat-bulat. Sang ibu kemudian mencoba dan senang luar biasa. Daging yang ditumbuk ini sangat enak dan juga lembut. Dari cerita ini kemudian bakso pun berkembang sampai mampir ke Indonesia.

Nasi Goreng, Makanan Khas Indonesia yang Bukan Berasal dari Sini

Nasi Goreng nggak hanya sukses menendang lidah orang-orang lokal tapi juga para bule. Kalau nggak percaya, bertanyalah soal makanan favorit mereka di sini kepada para bule. Rata-rata akan menjawab nasi goreng. Memang, masakan satu ini luar biasa enak. Apalagi disajikan pedas dan panas plus topping berbagai lauk. Ah, bikin ngiler ya.

Soal sejarah, nasi goreng ternyata bukan berasal dari Indonesia. Lagi-lagi makanan satu ini awalnya dari Tiongkok. Nasi goreng sendiri tercipta karena kebiasaan orang-orang sana yang nggak suka membuang makanan. Jadi, ketika ada nasi sisa mereka pun memasaknya kembali dengan bumbu-bumbu khusus. Dari sini, kemudian nasi goreng pun menyebar sampai akhirnya ke Indonesia. Di Indonesia, nasi goreng tersebut terkena sentuhan dalam negeri sehingga rasanya sangat khas.

Sate dan Sejarahnya yang Unik

lensaterkini.web.id - Sate juga jadi salah satu makanan paling enak di Indonesia. Bahkan seorang Obama pun mengakuinya. Memang sih, sate ini seolah nggak bisa ditolak pesonanya. Rasa dagingnya yang nikmat bercampur bumbu kacang memang selalu sukses bikin lidah bergoyang. Tentang sejarah sate, kita harus bangga nih karena makanan ini ternyata berasal dari Indonesia.

Menurut catatan sejarah, sate pertama kali dijual oleh para pedagang makanan Jawa di awal abad 19. Dari sini kemudian sate makin berkembang. Terutama dengan datangnya para pedagang Gujarat yang akhirnya memunculkan varian baru yakni sate kambing. Ada juga yang mengatakan kalau sate berasal dari Tiongkok, namun hal tersebut masih butuh membutuhkan rujukan yang lebih dalam.

Kuliner Indonesia tentu harus jadi hal yang wajib kita banggakan. Pasalnya, masakan adalah bagian dari budaya, ciri khas, dan identitas kita. Nggak mencintai masakan sendiri sama artinya kita melenyapkan bagian dari identitas. Terus cintai masakan Indonesia dengan menikmatinya dan juga tahu akan sejarah di baliknya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola