5 Fakta Mahalnya Ayam Cemani Yang Terkenal Karena Mistisnya

Bagi para penghobi ayam, nama Cemani jelas sudah tak asing lagi. Di antara jenis yang lainnya, ayam ini memang tergolong unik, fisiknya terutama. Jika ayam-ayam lainnya punya warna-warna khas, si Cemani seluruh tubuhnya terbalut warna hitam. Bahkan katanya sampai ke daging-dagingnya.

Lantaran keunikannya itu, tidak mengherankan kalau ayam Cemani kerap dihargai sangat mahal. Bahkan pernah ada seekor Cemani yang terjual seharga motor sport. Edan! Dan tidak hanya terkenal lantaran ciri khas dan harga, ayam asli Indonesia ini juga kerap dikaitkan dengan mistis.

Sayangnya, ayam ini dikabarkan mengalami penurunan jumlah dan bisa dikatakan akan memasuki gerbang kepunahan. Meskipun di Indonesia sendiri banyak yang memeliharanya. Masih tentang si ayam eksotis ini, berikut adalah hal-hal yang mungkin belum kamu tahu tentang Cemani.

Hitamnya Ayam Cemani Sampai ke Daging-Dagingnya

lensaterkini.web.id - Perbedaan paling mencolok antara ayam Cemani dan jenis lainnya tentu adalah warna tubuhnya. Ya, ayam asli Indonesia ini berwarna hitam pekat di hampir sekujur tubuhnya. Termasuk, mata, lidah, paruh dan semua yang bisa kita lihat. Tak hanya itu saja, bahkan bagian dalam ayam ini juga hitam pekat, mulai dari organ, daging, sampai tulang-tulangnya.

Tentu jadi hal yang membingungkan ya, kenapa ayam ini bisa berwarna hitam sampai dalamannya. Kalau kata orang-orang sih ayam ini dikutuk sehingga berwarna hitam. Tapi, di kacamata sains bisa dijelaskan kok kenapa bisa seperti itu. Penyebab cemani sangat hitam tak lain karena mengalami kondisi genetik unik bernama Fibromelanosis. Kondisi ini membuat cemani banyak memiliki pigmen berwarna hitam. Alhasil, seluruh tubuhnya pun gelap.

Harga Ayam Cemani yang Bikin Panas Dingin

Lantaran memiliki ciri khas unik yang tidak dimiliki jenis ayam lainnya, maka hal tersebut pun berpengaruh pada harga cemani. Menurut data nih, harga anakan cemani sudah menyentuh angka Rp 1-2 jutaan lho. Dan kalau berbicara yang sudah dewasa alias jadi, maka harganya jelas melonjak.

Di luar negeri ayam ini terjual sampai Rp 25 jutaan. Bahkan katanya kalau di pasar gelap harganya bisa berkali-kali lipat. Kalau di Indonesia, ayam ini malah dihargai lebih mahal. Kadang bisa mencapai Rp 40 juta lho. Sama seperti seharga dua motor matic baru!

Cemani yang Dikagumi Dunia dan Kelangkaannya

lensaterkini.web.id - Keunikan fisik cemani nggak hanya memikat orang-orang lokal saja, tapi juga masyarakat luar negeri. Diketahui, di beberapa negara Eropa dan Amerika, ada banyak penghobi yang mengoleksi ayam hitam ini. Mereka memang secara khusus memelihara ayam ini karena warnanya yang sangat unik.

Jumlah ayam cemani di luar negeri katanya cukup banyak. Hal ini bisa dibilang bagus karena di dalam negeri sendiri ternyata cemani cukup langka. Sekarang bahkan cukup susah lho untuk menemukan anakannya saja. Kondisi kelangkaan ini pun akhirnya berpengaruh pada harganya yang makin melejit. Kalau menurut data, diperkirakan tak sampai lima ribu jumlah ayam cemani di seluruh dunia.

Ayam Cemani Membawa Sial

Tidak hanya karena keunikan fisik, mitos juga jadi hal yang membuat ayam ini terkenal. Katanya nih, ayam satu ini identik dengan anggapan membawa sial. Alasannya sendiri lantaran ayam ini katanya sangat disukai oleh jin dan setan karena memiliki tubuh serba hitam. Mitos ini mungkin tidak masuk akal ya, tapi masih banyak dipercaya orang Indonesia.

Lantaran jadi hewan favorit setan, ayam satu ini pun kerap dijadikan persembahan, sesajen, dan semacamnya. Bahkan ada juga yang bilang jika ingin menguasai ilmu-ilmu hitam, ayam cemani ini jadi salah satu syarat sesajen yang harus dipenuhi.

Penangkal Sihir dan Keberuntungan

lensaterkini.web.id - Di satu sisi cemani lekat dengan identitas pembawa sial, tapi di sisi lain ayam satu ini juga dikenal sebagai hewan simbol keberuntungan. Banyak yang percaya jika kehadiran ayam ini di sebuah rumah akan membuat penghuninya dibanjiri banyak rezeki serta aman dari gangguan sihir. Termasuk santet, diganggu jin dan semacamnya.

Mungkin karena punya sisi keberuntungan ini akhirnya cemani pun banyak dipelihara oleh orang-orang Indonesia. Meskipun soal keberuntungan itu hanya mitos, tapi faktanya ayam satu ini memang memberikan keuntungan besar. Ya, apalagi kalau bukan lewat banderol harganya yang bikin geleng-geleng kepala itu.

Terlepas dari kesan mistisnya, bagi yang suka memelihara unggas, ayam Cemani bisa dibilang salah satu opsi terbaik yang tersedia. Tak hanya akan memuaskan para penghobi karena keunikannya, tapi bisa dijadikan investasi juga. Bayangkan saja, jika satu ayam Cemani yang sudah jadi bisa terjual sampai Rp 40 juta, tinggal kali saja kalau kita punya 10 bahkan lebih.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Misterius
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola