4 Tempat Bersejarah Yang Hancur Karena Peperangan

Perang adalah peristiwa yang menghancurkan apa saja tanpa terkecuali. Manusia yang hidup di sana bisa terkena tembakan atau bahkan meledak karena bom. Kota bisa hancur lebur dan menjadi kawasan mencekam dan tidak layak untuk ditinggali. Selain dua hal tersebut, perang juga merusak banyak bangunan sejarah tidak ternilai yang susah untuk dikembalikan lagi.

Bangunan ini ada sejak ribuan tahun yang lalu, sayangnya karena ulah tangan tidak bertanggung , bangunan itu jadi ambruk. Mirisnya lagi, bangunan yang dirusak itu jumlahnya tidak hanya satu saja. Ada puluhan bangunan bersejarah yang dirusak tanpa sebab. Berikut beberapa contoh bangunan bersejarah itu.

Kota Kuno Palmyra – Suriah

lensaterkini.web.id - Palmyra adalah kota kuno yang ada di Suriah. Kota ini konon dibangun pada milenium kedua sebelum masehi. Setelah bertahan selama bertahun-tahun kota ini akhirnya ditinggalkan dan akhirnya ditemukan lagi pada era modern. Palmyra memiliki desain yang unik dan bangunannya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di duga ada tiga kebudayaan yang pernah bernaung di sini, pertama adalah Aramaic lalu Arabic, dan Greco-Roman.

Pada tahun 1980, UNESCO menganugerahi Palmyra sebagai salah satu situs warisan budaya dunia. Setiap tahun ada jutaan orang yang datang untuk menyaksikan kemegahan istana dan kuil dari masa lalu. Memasuki tahun 2013, kuil ini mulai rusak akibat perang sipil. Selain perang sipil kelompok teroris seperti ISIS juga membombardir bangunan yang tidak ternilai harganya ini.

Masjid Besar Samarra – Irak

Masjid Besar Samarra adalah salah satu masjid terbesar di dunia. Dibangun pertama kali pada abad ke-9, masjid ini menjadi salah satu situs bersejarah tertua yang terletak di kawasan Sungai Tigris, sebelah utara Baghdad. Masjid ini memiliki tower yang unik dengan tinggali 52 meter dan berbentuk spiral sehingga pengunjung bisa naik ke atas menara dari luar.

Pada tahun 2005 silam, bangunan masjid ini terkena bom. Beberapa bangunan dari masjid rusak parah dan tidak bisa diperbaiki lagi. Pengeboman dari masjid ini adalah kekejaman karena bangunan ini adalah tempat suci. Selain itu, masjid yang didominasi dengan warna coklat ini juga merupakan situs warisan budaya dunia yang harus dilindungi oleh siapa saja.

Kota Kuno Nimrud – Irak

lensaterkini.web.id - Nimrud adalah sebuah kota kuno yang berasal dari peradaban Assyrian. Kota Nimrud pertama kali dibangun pada tahun 1274-1245 SM. Orang yang membangunnya adalah raja pertama bernama Shalmaneser I. Memasuki dunia modern, kota ini terbengkalai dan tidak berpenghuni sebelum akhirnya ditemukan lagi dan dianugerahi sebagai warisan budaya dunia.

Gelar yang disandang oleh kota Nimrud nyatanya tidak membuat kompleks ini aman dari penyerangan. Terbukti pada tahun 2003, kota ini diserang habis-habisan dan banyak bangunan yang runtuh. Mirisnya lagi, banyak artefak dari bangunan ini yang dicuri lalu dijual ke luar negeri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kota Kuno Cyrene – Libya

Kota Kuno Cyrene adalah kota yang dahulu masuk dalam wilayah penting dari Yunani Kuno. Bahkan kota ini masuk dalam daftar kota paling banyak ditinggali dan digunakan sebagai pusat pemerintahan. Kota ini dibangun pertama kali pada tahun 630 SM dan ditinggali oleh penduduk hingga abad ke-4 masehi. Setelah abad ke-4 kota ini ditinggalkan begitu saja sebelum ditemukan lagi pada era modern.

Oh ya, kota ini mendapatkan anugerah warisan budaya dunia dari UNESCO pada tahun 1982. Sayangnya, bukannya diselamatkan dan dilindungi, kota ini justru hancur akibat perang dan revolusi di Libya. Banyak bangunan penting yang rusak padahal memiliki nilai sejarah tinggi dan tidak bisa digantikan lagi oleh apa pun.

Inilah tempat bersejarah yang akhirnya hancur lebur karena perang. Bangunan yang seharusnya dilindungi karena memiliki nilai sejarah tinggi justru dikorbankan atas nama perang. Semoga bangunan bersejarah lain di dunia masih bisa dilindungi dan tidak bernasib seperti bangunan di atas.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola