4 Rancun Yang Dapat Mengobati Penyakit Kanker dan Jantung

Selama ini kamu mengenal racun sebagai bahan yang bersifat membahayakan kesehatan manusia hingga dapat menghilangkan nyawa. Contohnya yang paling terkenal mematikan adalah arsenik. Namun ternyata jika diolah dengan benar, racun bisa kamu gunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, lho.

Arsenik

lensaterkini.web.id - Di Indonesia, nama arsenik melonjak karena satu kasus hukum yang melibatkan seorang aktivis beberapa tahun lalu. Arsenik yang dapat ditemukan di alam, pestisida, produk bangunan, dan beberapa proses industri memang mampu membahayakan nyawa jika tak sengaja masuk dalam tubuh dengan dosis yang tinggi.

Dalam dosis rendah, arsenik bisa dimanfaatkan untuk mengobati kanker khususnya kanker leukemia promyeloctic akut. Selain itu, arsenik juga bisa digunakan sebagai obat untuk kemoterapi yang disebut dengan anthracyclines.

Foxglove

Foxglove adalah tanaman dengan bunga berbentuk tabung, berwarna merah muda, ungu, putih atau kekuningan, dan berbintik-bintik. Tanaman ini dianggap beracun karena bila kamu mengonsumsi daunnya maka bisa menyebabkan tekanan darah rendah, detak jantung tidak teratur, depresi, halusinasi, sakit kepala, muntah, diare, hingga ruam.

Di sisi lain, foxglove menjadi bahan dari obat yang disebut dengan digoxin. Obat ini bisa memperkuat jantung, mengontrol detak jantung, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Pohon Yew

lensaterkini.web.id - American Museum of Natural History di New York mencatat bahwa biji, daun, dan kulit kayu dari pohon Yew mengandung bahan berbahaya bagi tubuh manusia. Namun kandungan bahan tertentu di dalam kulit kayu Yew bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker tertentu seperti kanker payudara atau kanker paru-paru.

Tak hanya manfaat tersebut, kulit kayu Yew mampu membuka kembali aliran darah yang tersumbat di tubuh penderita penyakit jantung.

Racun ular

Ribuan jenis ular di dunia menghasilkan racun. Namun tak semua dari jenis racun tersebut buruk untuk kesehatan. Menurut American Museum of Natural History atau AMNH, racun dari ular beludak bisa digunakan untuk menciptakan obat pengencer darah. Temuan lain menemukan bahwa beberapa Captopril atau obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan masalah ginjal juga mengandung racun jenis ini di dalamnya.

Selain itu, obat diabetes yang membantu tubuh untuk memproduksi insulin juga berasal dari air liur kadal berbisa yang hidup di barat daya Amerika Serikat dan barat laut Meksiko. Well, nampaknya jika dimanfaatkan dengan baik beberapa jenis racun mampu menjadi obat yang penting seperti contoh di atas. Semoga di penelitian berikutnya banyak racun yang bisa diolah menjadi pengobatan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola