4 Perbedaan Anak SMP Zaman Sekarang Dengan Dulu

Jika SMA disebut masa peralihan dari remaja ke dewasa, maka SMP boleh lah ya dibilang masa pergantian dari anak-anak ke remaja. Di masa ini kita belajar banyak hal yang lebih kompleks lagi termasuk cinta dan lain-lainnya, tapi juga nggak langsung meninggalkan dunia anak-anak. Jadi, lazim banget kalau dulu banyak tuh murid SMP yang masih suka bawa-bawa mainannya ke sekolah tapi sudah mulai suka dengan cewek.

Tapi, kita tahu sendiri teori di atas sekarang sudah nggak laku. Coba lihat sendiri deh perilaku anak-anak SMP zaman sekarang. Gayanya sudah seperti bisa cari duit sendiri dan sok dewasa banget. Terutama pergaulan mereka yang nggak karu-karuan. Dulu zaman kita, duduk sebangku dengan cewek saja grogi, anak SMP sekarang mah sudah pacaran mesra pakai panggilan mami-papi.

Masih soal kehidupan SMP, berikut ini adalah perbandingan antara zaman dulu dan sekarang. Tujuannya biar jadi pelajaran dan pengetahuan kalau perilaku anak-anak SMP sekarang sudah terlalu jauh.

Soal Cinta, Murid SMP dulu dan Sekarang

lensaterkini.web.id - SMP adalah masa menuju remaja yang mana mereka sudah mulai mengenal cinta. Kita dulu juga seperti itu kan? Tapi, masih dalam tahap yang wajar dan mungkin hanya sebatas menjawab rasa penasaran. Soal cinta, dulu sih nggak berani ngapa-ngapain. Jangankan menggandeng tangan pas pulang sekolah, duduk sebangku saja groginya nggak karuan. Cintanya anak SMP dulu itu cenderung lucu dan main-main.

Soal cinta, anak SMP sekarang mah sudah khatam banget seluk beluknya. Nggak lagi grogi ketika duduk dengan cewek, mereka malah cari cara untuk bisa lebih dekat dengan lawan jenis. Kemudian pacaran, mesra-mesraan. Bahkan dalam kehidupan percintaannya mereka pun sudah mengalami problematika macam perselingkuhan. Serius, seperti inilah anak-anak SMP sekarang. Meskipun tentu nggak semuanya macam begini.

Permainan Pun Jauh Berbeda

Meskipun sudah SMP, rasanya nggak ada yang berubah ya kalau soal bermain. Sepak bola, mandi di sungai, cari belut di sawah, jadi sedikit dari banyak aktivitas bermain yang dilakukan. Di sekolah pun demikian, bermainnya ya masih ala anak-anak SD macam petak umpet dan kejar-kejaran.

Kalau dulu kita seperti itu, zaman sekarang sudah sangat lain. Bagi anak SMP zaman sekarang, sudah nggak lazim bermain seperti itu. Mereka lebih memilih warnet atau gadget-gadget sebagai teman menghabiskan waktu. Teknologi memang bagus, tapi jika digunakan oleh mereka yang belum mengerti jadinya ya buruk. Gara-gara ini, anak-anak SMP sekarang sudah mengerti hal-hal berbau mesum dan semacamnya.

Kenakalan Anak SMP Dulu dan Sekarang

Tentang kenakalan masa SMP, kalau dulu sih cenderung ke hal-hal remeh yang sebenarnya nggak terlalu fatal. Biasanya paling hanya mencuri mangga depan sekolah, nggak mengerjakan PR, loncat pagar sekolah dan kabur buat main PS, atau mungkin menjahili anak-anak perempuan dengan binatang-binatang. Seperti ini sih. Nggak sampai yang benar-benar parah.

Nah, kalau anak SMP zaman sekarang, waduh, sudah parah kenakalan mereka. Misalnya habiskan uang SPP untuk main, merokok di kamar mandi sekolah, bahkan sudah mulai ke alkohol. Bahkan yang lebih gila, ada kasus anak SMP yang menghamili temannya sendiri. Luar biasa ya? Sangat jauh kalau dibandingkan dengan anak-anak SMP dulu.

Pertengkaran Anak SMP Dulu dan Sekarang

lensaterkini.web.id - Kalau dulu sih kita biasanya bertengkar karena hal-hal sepele. Entah teman yang nyuri penghapus, panggil-panggil nama bapak, dan hal-hal kecil lain. Dan kalau seperti ini, biasanya nggak pernah sampai lama banget. Keesokan harinya sudah pasti baikan lagi apalagi sebelumnya sudah main bola sama-sama.

Dibandingkan dulu, pertengkaran anak SMP sekarang sangat kompleks. Biasanya sih masalah cinta ya, entah rebutan cowok atau cewek dan sejenisnya. Sosmed juga jadi sumber pertengkaran anak-anak sekarang. Mulai dari bikin status yang menyindir dan lain sebagainya. Dan kalau sudah bertengkar begitu biasanya sangat lama untuk baikan lagi.

Tampilan Anak SMP Dulu dan Sekarang

Hal terakhir yang membedakan antara anak SMP dulu dan sekarang adalah tampilannya. Kalau dulu jelas lebih sederhana dan tahu umur. Pakaian ya biasa nggak neko-neko. Kalau mau keren tinggal pakai saja tas Alpina plus bawa sepeda BMX kesayangan yang baru dicuci ala kadarnya itu.

Jika kita dulu sesederhana itu tampilannya, anak SMP sekarang tidak demikian. Gayanya sudah seperti orang dewasa yang sudah main teknik padu-padan biar tampilan kece. Bahkan yang cewek nih, mereka sudah mulai pakai alat-alat make up tipis. Cowoknya pun juga nggak kalah ngehits dengan pakai barang-barang branded dan bawa motor ke sekolah.

Zaman memang harus berubah, tapi moral dan kelakuan tentu tidak. Sayangnya, apa yang terjadi tidaklah seperti ini. Zaman yang berubah membuat segalanya ikut berganti. Termasuk merambah kehidupan anak-anak SMP zaman sekarang yang makin cepat dewasa. Sebenarnya perubahan yang cepat ini bisa dicegah lho agar tidak melebihi. Peran orangtua dan lingkungan sangat menentukan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola