4 Penyakit Kiriman Dukun Yang Masih Terjadi di Dunia

Penyakit memang selalu datang secara misterius. Bentuknya pun bermacam-macam dan terkadang terlihat aneh. Sehingga tak jarang di zaman dahulu muncul beragam asumsi negatif tentang suatu penyakit yang misterius. Tak jarang penyakit tersebut dikaitkan dengan fenomena sihir atau setan.

Dapatkan diskon Rp 300,000 untuk tiket libur Natal & Tahun baru-muDilansir dari medicaldaily.com, berikut adalah beberapa jenis penyakit tertentu yang sering dikaitkan dengan ilmu sihir.

Epilepsi

lensaterkini.web.id - Epilepsi merupakan gangguan neurologis yang membuat penderitanya mengalami kejang dan gangguan otak. Menurut Epilepsy Foundation, diperkirakan ada 65 juta penderita epilepsi di seluruh dunia.

"Selama kejang terjadi, seseorang bisa menjadi bingung dan kemudian pingsan. Mereka jadi tidak memiliki kontrol atas diri mereka sendiri," tulis penelitian ini.

Dikutip dari tulisan dalam The Malleus Maleficarum disebutkan bahwa penyakit epilepsi zaman dahulu diidentikkan dengan kiriman penyihir. Oleh karena itu mereka yang menderita penyakit ini sering kali dijauhi dan ketika meninggal akan dikubur dengan mayat penyihir. Padahal epilepsi sebenarnya adalah gangguan di sistem syaraf otak manusia yang terjadi akibat aktivitas berlebihan di sekelompok sel neuron.

Penyakit mental

Penyakit mental yang ada seperti Skizofrenia dan gangguan identitas disosiatif dapat menyebabkan perubahan emosional dan perilaku seseorang. Penderita akan sulit sekali dipahami sehingga muncul stigma yang negatif.

Menurut jurnal yang dipublikasikan di National Institutes of Health disebutkan bahwa pada zaman dahulu dibutuhkan tindakan pengusiran roh jahat dalam tubuh orang yang menderita penyakit mental. Beberapa negara bahkan melakukan tindakan pengucilan dan penyerangan secara fisik bagi mereka yang berpenyakit mental karena dianggap mengganggu.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dunia kesehatan, penyakit mental bisa diminimalkan dampaknya melalui penanganan yang tepat dan berkelanjutan.

Keracunan jamur ergot

lensaterkini.web.id - Jamur ergot mengandung racun berbahaya yang jika dikonsumsi membuat penderitanya mengalami gangguan yang menyerupai orang terkena epilepsi atau penyakit mental seperti kejang otot, muntah, delusi, halusinasi, dan gangguan di kulit. Itulah sebabnya di zaman dahulu mereka yang tak sengaja keracunan jamur ergot akan mengalami perlakukan yang sama yaitu dikucilkan.

Untuk meminimalkan kesalahpahaman ini maka beberapa peneliti pun saat ini masih melakukan penelitian dari zat apakah halusinasi ini berasal.

Encephalitis lethargica

Pemahaman yang salah tentang penyakit Encephalitis lethargica menyebabkan pembakaran orang di tiang pada zaman dahulu.

"Penyebab penyakit ini sendiri masih belum diketahui namun bisa menimbulkan gangguan peradangan yang parah di otak, demam tinggi, sakit kepala, penglihatan ganda, lambatnya respon fisik dan mental, serta kelesuan," tulis penelitian di jurnal National Institute of Neurological Disorders and Stroke. "Bahkan jika ditangani dengan tidak tepat akan menyebabkan pergerakan mata abnormal, kelemahan tubuh bagian atas, nyeri otot, leher kaku, serta perubahan perilaku termasuk psikosis."

"Di awal tahun 1990-an banyak penderita dari penyakit ini yang dijauhi sebab penampilan mereka yang menyeramkan karena mereka sangat suka mencakar lengan atau bagian tubuh lainnya."

Itulah beberapa jenis penyakit menyeramkan nan mengerikan sehingga sering dianggap sebagai penyakit kiriman dukun, penyihir, atau ilmu hitam lainnya. Padahal seiring perkembangan dunia kesehatan, penyakit-penyakit tersebut bisa didiagnosis secara ilmiah sehingga akan mendapatkan pengobatan tepat. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola