Seram, 4 Asal - Usul Munculnya Hantu di Pelosok Indonesia

Hantu atau dedemit adalah makhluk yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan orang Indonesia. Setiap daerah pasti memiliki cerita tentang makhluk mengerikan ini mulai di mana tempat tinggalnya, apa makanannya, bagaimana wujudnya, dan bagaimana mereka bisa muncul dan akhirnya menjadi hantu dan menakuti manusia yang ada di sekitarnya.

Ngomongin hantu memang bisa membuat kita jadi takut. Tapi tidak ada salahnya kan mempelajari sejarah dari munculnya hantu ini? Yuk, coba kita bahas bagaimana asal-usul dari hantu yang kerap menampakkan wujudnya yang menyeramkan di depan banyak khalayak ramai, mungkin termasuk kamu. Berani?

Pocong

lensaterkini.web.id - Pocong adalah hantu yang sangat umum diceritakan oleh orang-orang yang ada di Indonesia. Hantu yang berwujud manusia dengan tubuh dibungkus kain kafan ini kerap muncul dan mengganggu banyak orang. Mereka suka muncul di pinggir jalan, di dekat pohon pisang hingga di kuburan yang memiliki banyak pohon-pohon besar.

Konon pocong muncul dari jenazah yang dikuburkan namun tali kafannya tidak lepas. Hantu ini muncul untuk memberi tahu jika ada kesalahan dalam pemakaman. Pada cerita lainnya, pocong juga berasal dari mereka yang melakukan sumpah pocong, kebohongan yang dilakukan akhirnya mengutuk mereka menjadi pocong sungguhan dan bergentayangan di alam bebas sehingga kerap menuntut balas kepada manusia.

Kuntilanak

Kuntilanak adalah hantu dalam wujud wanita dengan rambut panjang dan baju serba putih (kadang merah atau hitam). Hantu ini kerap menangis atau tertawa dengan suara melengking di atas pohon atau rumah angker. Hantu ini kerap mengganggu siapa yang lewat entah dengan suaranya atau memang sengaja menampakkan diri dan melakukan tindakan mengerikan seperti mengejar.

Ada banyak versi yang menyebutkan tentang asal-usul kuntilanak. Versi pertama menyebutkan bawah hantu ini muncul dari wanita hamil yang meninggal sebelum anaknya lahir atau meninggal saat anaknya lahir. Versi kedua mengatakan bahwa mereka muncul karena saat muda dibunuh oleh seseorang lalu mayatnya dibuang dan tidak dikuburkan dengan baik. Oh ya, kuntilanak sangat terobsesi dengan anak-anak karena menganggap mereka seperti anaknya sendiri.

Tuyul

lensaterkini.web.id - Pamor dari tuyul sangat tinggi di Indonesia. Hantu yang hobi mencuri uang ini konon kerap dipelihara oleh banyak orang yang ingin kaya. Mereka akan menyuruh tuyul ini untuk mencuri uang dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Setelah mencuri uang, tuyul akan memberikan semuanya kepada pemilik agar diberi imbalan yang kadang jenisnya aneh-aneh.

Konon tuyul merupakan hantu yang berasal dari bayi yang mati muda. Misal bayi yang sengaja digugurkan karena tidak diinginkan oleh orang tuanya. Tuyul juga berasal dari bayi yang sengaja dijadikan ritual untuk mengubah mereka jadi hantu pencuri ini. Oh ya, selain di Indonesia, tuyul juga ada di Thailand dan negara Asia lainnya.

Genderuwo

Selain pocong, genderuwo juga merupakan hantu yang umum ditemui di Indonesia. Hantu ini berwujud raksasa dengan tubuh penuh bulu berwarna hitam. Makhluk ini suka sekali mengganggu manusia terutama perempuan. Biasanya mereka akan berganti rupa sebagai suami dari wanita dan akhirnya melakukan hubungan badan dan menghasilkan bayi campuran manusia dan genderuwo.

Menurut cerita, genderuwo adalah makhluk gaib yang sudah ada begitu saja sejak manusia ada di bumi. Namun, beberapa pendapat mengatakan kalau makhluk ini berasal dari manusia yang meninggal dengan cara tidak wajar. Arwah mereka tidak tenang di alam baka sehingga lambat laun menjadi makhluk yang mengerikan ini. Genderuwo biasanya hidup di kawasan hutan dengan banyak pohon atau dekat sungai.

Inilah empat hantu seram di Indonesia beserta cara terbentuknya. Terlepas benar atau tidaknya merek berasal dan terbentuk, pocong dkk. tetaplah menyeramkan. Semoga kita semua diberi perlindungan agar tidak diganggu oleh mereka.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Misterius
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola