7 Mobil Lamborghini Paling Nyeleneh di Dunia

Sejarah otomotif dunia tentu tidak akan melupakan sebuh perjalanan yang fenomenal dari Frruccio Lamborghini. Dia adalah pendiri pabrikan mobil terkenal yang kini namanya telah menjadi brand tersohor di seluruh dunia. Di tahun 1948, dia mendirikan Lamborghini Tractori SpA dan pada di pertegahan tahun 50-an, Lamborghini sudah bangkit dari akar yang kecil menjadi industrialis kaya raya, ekspansi ke AC, oil heaters, dan membangun koleksi mobil keren yang mengesankan bagi dirinya sendiri.

Lamborghini dikabarkan pernah marah terhadap Enzo Ferrari (pendiri brand Ferrari) yang dulu kala itu menolak untuk bekerja sama. Akhirnya dia mengalihkan fokus untuk membuat mobil grand touring paling besar di dunia. Lambo ingin menciptakan kendaraan yang indah, cepat, dan nyaman. Yang terpenting dapat menyaingi kendaraan buatan Ferrari.

Pada tahun 1966, Lamborghini melakukan debut mobil yang bernama Miura, pada umumnya dikenal sebagai supercar paling pertama di dunia. Sayangnya, kejayaan dari mobil Miura tak pernah terjadi. Sejak saat itu, produksi lamborghini berusaha membuat kendaraan yang sangat diminati masyarakat. Namun konsep dasar dari Miura tetap tidak bisa dilenyapkan untuk menghormati Ferruccio sang pendiri.

Namun ternyata, produk-produk Lamborghini yang gagal dan buruk bukan hanya Miura saja, lho. Setidaknya terdapat 7 kendaraan Lamborghini yang kian dianggap aneh selama berdirinya perusahaan tersebut. Berikut ulasannya!

Lamborghini 350GT

lensaterkini.web.id - Mobil ini banyak dikenal sebagai produksi pertama Lamborghini. Desainnya bisa dibilang unik, dan V12 besar di atas roda depan depan membuatnya sedikit melenceng dari garis keturunan kendaraan Lambo yang kini identik dengan mesin belakang.

Lamborghini 350GT ini dirancang oleh pria bernama Giotto Bizzarrini yang meninggalkan Ferrari untuk bekerja sebentar pada Lamborghini sebelum akhirnya pergi lagi dan mendirikan perusahaan mobil sendiri. Akibatnya mobil ini terlihat seperti itu, dan hanya memiliki periode yang singkat pada masa produksinya, yakin antara tahun 1964 hingga 1966.

Lamborghini Islero

Ketika 400GT mulai menunjukkan tajinya di dunia otomotif, Lamborghini memutuskan untuk rebody, memperluas track, dan diberi nama Islero. Sayangnya, harapan untuk laku keras hanyalah tinggal harapan.

Lamborghini mengalami keterlambatan masalah pasokan, akibatnya Islero menderita masalah kontrol kualitas. Islero diperbarui lagi dengan nama Islero S pada tahun 1969 namun itu terlalu sedikit, bahkan sangat terlambat. Meskipun saat itu Ferruccio dan saudaranya ikut berkampanye dengan mengendarai Islero tiap hari, produksi mobil ini hanya bertahan mulai 1968 hingga 1969 saja. Produksi benar-benar berakhir hanya dengan 225 unit saja.

Lamborghini Espada

lensaterkini.web.id - Mobil ini meluncur ke pasaran dua tahun setelah Miura. Lamborghini Espada dinilai melenceng dari desain mobil ideal perusahaan, karena menempatkan mesin di tengah. Espada menggunakan mesin Miura V12 kapasitas 3.9liter. Mobil ini memiliki rem cakram di keempat roda, fully-independent, bisa mencapai kecepatan lebih dari 150mil/jam.

Konsep lain yang melenceng dari Lamborghini adalah penempatan empat kursi di dalam kabin, yang mana hal itu sangat langka di produk Lambo. Kita tahu bahwa Lambo biasanya hanya memproduksi kendaraan roda empat yang cukup hanya dinaiki oleh dua orang saja. Bahkan di Lamborghini Espada sangat nyaman ketika ditunggangi oleh 4 orang dewasa. Beruntung, Espada bertahan di pasaran selama 10 tahun sejak diproduksi pada 1968 hingga 1978.

Lamborghini Urraco

Mungkin Urraco adalah salah satu mobil Lamborghini yang paling cupu. Pasalnya, mobil ini sama sekali tidak didukung oleh mesin V12, melainkan mid-engine V8! Bagaimana bisa?

Rupanya, hal ini dimaksudkan agar Lamborghini memiliki satu model 'mobil murah'. Tentu kita tahu reputasi Lamborghini yang terkenal sebagai mobil-mobil orang kaya karena harganya yang selangit. Strategi ini dilakukan juga untuk bersaing dengan Ferrari 308 Dino dan Maserati Merak. Sejak diproduksi pada tahun 1973 hingga 1979, Lamborghini sukses menjual Urraco sebanyak 791 unit.

Lamborghini Silhouette

lensaterkini.web.id - Lamborghini Silhouette hanya diproduksi sebanyak 56 unit saja. Mobil ini adalah salah satu yang paling langka dari semua produk dari Lamborghini. Entah karena langka atau tidak banyak peminat. Masalahnya, mobil ini sebagian besar bentuk dan esensinya masih berdasar pada Urraco dengan mid-engine dan dua kursi di dalam kabin.

Mobil ini meskipun langka, tidak bisa dibilang yang paling dicintai oleh para konsumen setia Lambo. Pasalnya saat ini sekitar 30 unit saja yang masih bertahan hidup.

Lamborghini Jalpa

Sama seperti Urraco, Lamborghini sekali lagi mencoba peruntungannya dengan membuat mobil murah. Perusahaan asal Italia ini kembali menanamkan mesin V8 dengan kapasitas 3.5liter di bagian tengah body. Lamborghini Jalpa benar-benar mengedepankan kenyamanan berkendara.

Perusahaan ini memproduksi Jalpa sejak 1981 hingga 1988 dan laku sebanyak 410 unit. Sayangnya poduksi berhenti ketika perusahaan itu dibeli oleh Chrysler pada tahun 1988.

Lamborghini LM002

lensaterkini.web.id - Mobil ini dikenal dengan nama 'Rambo Lambo', yang lahir dari panggilan militer Amerika Serikat untuk membuat mobil pengganti Jeep di pertengahan tahun 70-an. Dari segi bentuk memang aneh, karena bergaya off-road, namun jangan salah. Ini bukan kali pertama Lambo membuat mobil seperti ini.

Dulu, Lamborghini pernah membuat mobil dengan bentuk seperti ini dengan nama Lamborghini Cheetah. Sayangnya Cheetah tidak disukai masyarakat dan membuat perusahaan kecewa. Satu dekade kemudian Lambo membuat LM002 dengan isian mesin milik Countach V12 5,2liter dan varian 7.2liter.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola