7 Jamur Paling Aneh dan Menyeramkan di Dunia

Jamur adalah tanaman yang cukup aneh yang diakui oleh para ilmuwan. Secara genetik, jamur lebih dekat dengan hewan ketimbang tanaman. Meski demikian, selama berabad-abad, ia dikategorikan sebagai tanaman.

Struktur selnya yang unik dan perilaku hidup yang tak seperti jamur kebanyakan, membuat jamur muncul dengan bentuk yang aneh-aneh pula. Banyak ilmuwan yang bahkan menyebut jamur adalah makhluk hidup yang berbeda dengan makhluk hidup lain.

Evolusi sendiri membawa banyak pengaruh terhadap hidup jamur. Kini pun, banyak sekali jamur dengan bentuk yang aneh, bahkan berbentuk cukup seram. Berikut beberapa jamur yang berbentuk mengerikan, dan bikin kita mimpi buruk!

Jamur yang mirip jari-jari zombie yang akan bangkit dari kubur

lensaterkini.web.id - Banyak sekali jamur yang hidup tak terlihat di bawah tanah sepanjang tahun. Biasanya kita melihat bentuk jamur ketika struktur pemroduksi spora dari jamur tersebut muncul, yang disebut cendawan.

Nah, sebuah jamur bernama Xylaria polymorpha, atau lebih dikenal dengan sebutan 'dead's man fingers', memunculkan struktur jamur berwarna hitam yang berbentuk seperti jari-jari yang muncul dari tanah.

Jamur yang mirip gigi berdarah

Jamur berbentuk seram bernama Hydnellum peckii ini terkenal dengan berbagai nama yang juga unik: jamur gigi berdarah, jamur krim stroberi, dan jamur gigi setan. Sesuai dengan namanya, jamur ini mengeluarkan cairan kental berwarna merah darah dari cendawan yang berwarna putih tersebut.

Jamur ini biasanya hidup di pohon pinus, dan muncul dari akarnya. Jamur ini mengambil nutrisi tanah melalui akar pohon pinus tersebut. Memang jamur seringkali memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan tanaman. Biasanya berupa jamur yang mengambil nutrisi dari tanah melalui akar, dan tanaman mendapat asupan mineral dari jamur.

Jamur yang berbentuk seperti penis

lensaterkini.web.id - Jamur yang bernama Phallus impudicus, merupakan nama ilmiah yang punya terjemahan "penis yang memalukan." Benar, berbentuk seperti penis dan menjulang seperti tanduk, jamur ini memiliki panjang 25 centimeter.

Uniknya lagi, jamur ini sering dijuluki dengan sebutan tanduk berbau, karena jamur ini memang bau. hal ini dikarenakan jamur ini ditutupi oleh cairan yang bau dan lengket. Bau ini berguna untuk menarik lalat untuk menyebarkan spora dari jamur ini.

Jamur tinta meleleh

Jamur ini sebenarnya nampak seperti jamur biasa yang berwarna cokelat. Namun ketika jamur ini menua, jamur ini akan berwarna menghitam dan meleleh ke tanah. Itulah mengapa jamur ini diberi nama 'ink cap,' karena bentuknya seperti tinta yang meleleh dari kepala jamur tersebut.

Jamur dengan nama ilmiah Coprinopsis atramentaria ternyata cukup terkenal sebagai konsumsi makanan. Hal ini tak sesuai dengan bentuknya yang sangat aneh. Hanya saja jamur ini sangat berbahaya jika bertemu alkohol, bahkan mematikan. Meski kita minum alkohol berhari-hari setelah mengonsumsi jamur ini, Anda tetap bisa terkapar tak berdaya.

Jamur yang mirip gurita

lensaterkini.web.id - Jamur yang memiliki nama ilmiah Clathrus archeri ini memiliki dua nama yang populer: 'octopus stinkhorn' dan 'Devil's fingers.' Hal ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai gurita terbalik plus bau menyengatnya. Bau yang dimunculkan jamur ini sangat tajam, sehingga lalat sangat tertarik dengan ini. 'tentakel' jamur ini muncul empat hingga delapan buah sekali tumbuh.

Jamur ini seperti empedu yang mengeluarkan paku

Ini adalah jamur yang secara eksklusif hidup di pohon apel dan pohon juniper atau cedar. Kehidupannya sebagai jamur pun sebenarnya agak rumit. Hal ini dikarenakan spora dari jamur ini akan berada di daun apel terlebih dahulu, lalu diterbangkan ke pohon cedar.

Ketika tumbuh di pohon cedar, bentuk jamur ini cukup mengerikan dan seringkali dideskripsikan memiliki bentuk seperti tumor empedu. Dari tubuh merahnya, muncul 'paku' kuning yang muncul yang menambah geli bentuk dari jamur ini.

Jamur yang berbentuk seperti otak manusia

lensaterkini.web.id - Jamur dengan nama ilmiah Gyromitra esculenta ini berbentuk sangat mirip dengan otak manusia. Ini adalah jamur tipe morel yang menurut mikologi atau ilmu jamur, sebaiknya dihindari untuk dimakan. Namun para chef dan pecinta makanan di dunia menganggap jamur ini memiliki rasa yang nikmat, jika dimasak dengan teknik tertentu.

Jamur ini banyak dikonsumsi di Skandinavia. Uniknya, banyak yang menderita keracunan pasca memakan jamur ini. Menurut ilmuwan, jamur ini beracun jika tak dimasak, namun memasaknya pun belum tentu menghilangkan racunnya. Jadi dengan teknik masak tertentu, jamur ini bisa dinikmati dengan baik.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola