5 Situs Budaya Warisan Dunia Paling Indah

Setiap tahun UNESCO selalu mengadakan sebuah pertemuan untuk memasukkan beberapa tempat menjadi sebuah kawasan warisan budaya. Pemberian gelar world heritage site ini diberikan karena tempat atau situs ini sangat unik, memiliki nilai budaya yang kaya, dan membuatnya dijaga lebih baik dari sebelumnya. Pemberian gelar world heritage site membuat sebuah tempat menjadi lebih istimewa sehingga semua orang memiliki kewajiban untuk merawatnya.

Dari dari ratusan situs budaya di dunia, baik tempat bersejarah hingga kawasan konservasi memiliki keindahan sendiri-sendiri. Semuanya memiliki kekhasan sehingga selalu menarik semua orang untuk mendekatinya. Anyway, inilah beberapa situs warisan budaya dunia terbaik dan terindah yang bisa membuatmu pengin traveling ke sana.

Angkor – Kaboja

lensaterkini.web.id - Angkor adalah sebuah situs terbesar dan terpenting di kawasan Asia Tenggara. Membentang di kawasan seluas 400 km persegi, Angkor terdiri dari kawasan kota dan juga hutan yang memiliki banyak sekali bangunan candi. Setiap bangunan di sini memiliki keunikan terutama dari segi arsitektur kuno dari Kerajaan Khmer di abad ke-9 hingga ke-15. Semua jejak bangunan selama lima abad itu sebagian besar masih utuh di sini.

Oh ya, Angkor memiliki beberapa bangunan yang sangat terkenal mencakup Kuil Angkor Wat, Angkor Thom, dan kuil Thom. Sejak pertama kali ditemukan, bangunan candi banyak yang menyatu dengan hutan. Akar-akar besar dari pohon banyak yang membebat bangunan sehingga memberi kesan unik dan agak ngeri. Keistimewaan ini membuat Angkor pernah menjadi syuting film dan juga setting game.

Machu Picchu – Peru

Machu Picchu adalah sebuah kompleks perkotaan kuno yang konon dibangun pada tahun 1450. Peradaban Inca membangunnya untuk melakukan ritual, terbukti di bagian tertinggi dari situs ini terdapat kuil dewa matahari. Selain digunakan sebagai tempat ritual, Machu Picchu juga digunakan sebagai kawasan pertanian yang cukup subur untuk menampung kehidupan penduduk yang ada di sana.

Kawasan Machu Picchu hanya ditempati selama 100 tahun saja, saat Bangsa Spanyol masuk dan mengalahkan Inca, kawasan ini langsung jadi kota mati. Selama ratusan tahun, bangunan ini ditinggalkan dan akhirnya baru ditemukan pada awal tahun 1900-an. Setelah diketahui dunia internasional, kawasan ini langsung menjadi destinasi paling TOP di Peru dan masuk menjadi kawasan situs budaya dunia.

Kepulauan Galapagos – Ekuador

lensaterkini.web.id - Masih ingat dengan pelajaran Biologi materi evolusi makhluk hidup? Masih ingat dengan Charles Darwin dan juga Kepulauan Galapagos juga, kan? Well, kepulauan Galapagos tidak hanya kawasan menyajikan keunikan flora dan fauna saja. Tempat ini juga dianggap sebagai salah satu situs warisan budaya dunia kategori alam. UNESCO menganugerahinya pada tahun 1978.

Flora dan fauna di kawasan kepulauan Galapagos sangatlah unik. Letaknya yang berada di tengah laut membuat hewan di sini beradaptasi lalu berevolusi. Lokasi dari kepulauan yang terisolasi ini benar-benar seperti laboratorium hidup. Para ahli biologi dan lingkungan pasti terobsesi untuk mengunjungi kepulauan yang saat ini kondisinya sudah semakin terancam oleh pengrusakan.

Bagan – Myanmar

Bagan adalah kompleks kota kuno yang pada abad ke-11 hingga 13 menjadi pusat pemerintahan kerajaan Pagan. Dahulu di kawasan yang memiliki luas hingga 104 kilometer persegi ini memiliki 10.000 candi. Namun, setelah diserang oleh kerajaan Mongol di tahun 1277-1301, candi hanya tersisa 2000-an saja dan kerajaan hancur lebur.

Saat ini kawasan Bagan menjadi objek wisata unggulan di Myanmar. Traveler bisa berkeliling untuk melihat sisa bangunan candi yang megah. Oh ya, Anda bisa berkeliling ke banyak tempat sambil menikmati alam yang masih alami serta balon udara yang kadang diterbangkan untuk menambah kemegahan dari Bagan.

Petra – Yordania

lensaterkini.web.id - Petra adalah sebuah kota kuno yang ditinggalkan begitu saja oleh para orang Arab Nabataen. Dibangun pada tahun 312 SM, kota ini menjadi pusat jual beli di masa itu. Segala bentuk komoditas unggul disalurkan lewat Petra yang dikenal juga dengan saluran air mirip pipa meski dibangun 2000 tahun yang lalu.

Oh ya, Petra juga dikenal sebagai kota mawar karena batuan yang  dipahat menjadi kota berwarna merah mawar. Pada tahun 1985 situs ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan budaya dunia dari Yordania. Setelah pemberian gelar ini, setiap tahun selalu ada ratusan ribu orang datang untuk menyaksikan kemegahan dari Petra.

Inilah lima situs warisan budaya dunia terindah versi Boombastis. Dari lima situs di atas, mana yang kira-kira ingin Anda kunjungi?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola