5 Ramalan Film Kartun The Simpsons Yang Terbukti Nyata Terjadi

The Simpsons merupakan serial kartun komedi yang diciptakan oleh Matt Groening. Serial kartun komedi ini merupakan yang terpanjang dalam sejarah Amerika Serikat. Jumlah episodenya mencapai 512 hingga kini.

Menurut situs Wikipedia, serial kartun ini berfokus pada kehidupan keluarga Simpsons yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie yang tinggal di sebuah kota bernama Springfield. Meskipun berformat kartun, the Simpsons tidak ditujukan bagi anak-anak. Karena serial ini mengangkat tema beragam dengan topik sensitif yang menyinggung soal kehidupan sosial AS.

Beberapa cerita satir yang diangkat oleh kartun the Simpsons terkadang belum pernah terjadi di AS. Namun uniknya, cerita tersebut kemudian malah terjadi di kehidupan nyata setelah ditayangkan the Simpsons. Seperti ramalan yang jadi kenyataan.

Lensaterkini telah merangkum lima ramalah kartun the Simpsons yang kemudan benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Berikut ulasannya:

Film the Simpsons sudah meramal Donald Trump jadi presiden AS

lensaterkini.web.id - Film kartun terkenal the Simpsons sudah memprediksi Donald Trump akan menjadi presiden Amerika Serikat pada edisi yang tayang Maret 2000 atau 16 tahun lalu. Trump menjadi presiden AS pada episode the Simpsons yang berjudul Bart Menuju Masa Depan 16 tahun lalu. Dalam cuplikan lain episode itu juga dikenal dengan Perjalanan ala Trump.

Pencipta kartun the Simpsons Matt Groening mengatakan, "Trump tentu saja adalah sosok komedi paling absurd yang terlintas dalam pikiran kami waktu itu, dan hingga kini hal itu masih berlaku. Ini lebih dari sekadar satir."

Penulis cerita the Simpsons Dan Greaney mengatakan kepada the Hollywood Reporter, episode itu punya pesan gelap kepada para penonton.

"Episode itu untuk memperingatkan Amerika agar memakai akal sehat sebelum terjerumus," kata dia. Dalam episode itu tokoh Lisa yang duduk di Gedung Putih sebagai presiden setelah Trump, mempertanyakan kepada para stafnya tentang kondisi keuangan negara.

"Kita mendapat warisan kondisi keuangan negara yang gawat dari Presiden Trump. Seberapa buruk sebetulnya?" Staf Lisa lalu mengatakan negara sudah dalam keadaan bangkrut akibat kebijakan Trump.

Kartun the Simpson 1997 sudah ramal kedatangan virus Ebola

Serial kartun terkenal dekade 1990-an dari Hollywood, Amerika Serikat, The Simpsons, dikabarkan telah memprediksi kedatangan virus Ebola yang kini tengah mengganas di Afrika Barat dan menyebar ke sejumlah negara Eropa, seperti Inggris, Spanyol, bahkan ke Amerika.

Para penggemar teori konspirasi di Internet percaya serial kartun The Simpsons pada episode berjudul Saksofon Lisa ditayangkan pertama pada 1997, memperlihatkan kedatangan virus Ebola, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Jumat (10/10).

Dalam episode itu Marge, tokoh ibu di keluarga The Simpsons, menyarankan anaknya, Bart, membaca sebuah buku berjudul 'George si Serba Ingin Tahu dan Virus Ebola'.

Di sampul depan buku itu terdapat gambar seekor monyet sedang terbaring sakit di sebuah tempat tidur. Monyet selama ini diduga menjadi perantara pembawa virus Ebola yang kini sudah menewaskan watu warga Amerika Eric Thomas Duncan.

Klip cuplikan video episode The Simpsons itu muncul di sebuah kanal situs berbagi video YoTube, Controversy7.

"Apakah ini murni kebetulan The Simpsons memprediksi kejadian-kejadian di masa depan?" kata Emmanuel Lokonga, tuan rumah situs itu.

Sejumlah pengguna media sosial mengomentari kemungkinan benarnya teori itu. Virus Ebola pertama kali ditemukan pada 1976 setelah mewabah di Sudan dan Zaire. Pada 1990-an penyakit itu juga merajalela di gabon pada 1994, lalu Zaire pada 1995.

Bisa dikatakan episode The Simpsons itu menggambarkan mewabahnya virus Ebola yang terjadi tiga tahun setelah episode itu tayang. Pada 2000 hingga 2004, 500 orang tewas akibat Ebola di Uganda, Gabon, dan Republik Kongo, serta Sudan.

Mengganasnya Ebola belakangan ini yang terjadi sejak Desember tahun lalu, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO sudah merenggut 3.800 nyawa di Guinea, Liberia, dan Sierra Leone.

The Simpsons ramalkan kesalahan mesin voting di pilpres AS 2008

lensaterkini.web.id - Business Insider melaporkan, Jumat (11/11), pada tahun 2008, episode kartun the Simpsons menunjukkan adegan di mana Homer mencoba memberikan suara untuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama melalui mesin voting. Namun, mesin voting rusak sehingga suara yang Homer berikan malah beralih kepada kandidat lain.

Empat tahun kemudian, sebuah mesin voting di Pennsylvania terpaksa harus diganti karena mesin tersebut terus-terusan mengubah suara untuk Obama menjadi milik rivalnya dari Partai Republik, Mitt Romney.

Dilansir dari laman Telegraph, sebuah kamera pengawas menunjukkan seorang pemilih yang mencoba mengisi ulang kartu pemungutan suara, namun yang dia temukan hanya nama Mitt Romney.

Heran dengan hal tersebut, pemilih yang tidak disebutkan namanya itu segera melaporkan insiden yang dia alami kepada staf TPS di Pennsylvania. Staf pun segera mengganti mesin tersebut agar pemungutan suara bisa kembali dilanjutkan.

Patung karya Michaelangelo

Episode the Simpsons tahun 1990 berjudul "Itchy and Scratchy and Marge" menunjukkan warga Springfield yang memprotes patung 'Nabi Daud' karya Michelangelo yang sedang dipamerkan di museum lokal. Warga menyebut karya seni itu cabul karena patung tersebut telanjang bulat.

Dilansir dari laman Business Insider, Jumat (11/11), cerita satir itu kemudan menjadi kenyataan pada Juli 2016. Aktivis Rusia mengadakan pemungutan suara tentang apakah mereka harus memasang pakaian kepada replika patung Nabi Daud yang dipamerkan di pusat St Petersburg.

Ikan bermata tiga sudah muncul di film the Simpsons

lensaterkini.web.id - Tahun 1990, the Simpsons menanyangkan episode di mana Bart menangkap ikan bermata tiga bernama Blinky di sebuah sungai pembangkit listrik tenaga nuklir. Penemuan Bart praktis membuatnya masuk ke dalam berita utama media lokal.

Business Insinder melaporkan, Jumat (11/11), 21 tahun kemudian, ikan bermata tiga itu ditemukan di kehidupan nyata.

Adalah Julian Zmutt, nelayan asal Cordoba, Argentina yang menemukan ikan bermata tiga tersebut di sebuah waduk di Argentina. Anehnya, waduk tersebut juga diisi air dari pembangkit listrik tenaga nuklir seperti yang ada di cerita the Simpsons.

"Kami sedang memancing dan dikejutkan oleh penemuan hewan aneh ini," kata Zmutt, seperti dilansir dari laman Huffington Post.

"Saat itu hari masih gelap dan kami belum menyadari keanehan tersebut. Namun setelah menerangi hewan dengan lampu senter, kami melihat ikan itu punya tiga mata," sambungnya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Movies
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola