5 Kekuatan Tank Leopard 2RI TNI-AD Bikin Indonesia Makin Disegani

Memang sih kalau dilihat dari peringkatnya, militer Indonesia itu luar biasa. 14, peringkat ini tentu nggak main-main dan jelas jadi simbol kalau militer Indonesia sangatlah mematikan. Tapi, peringkat 14 ini adalah hasil perhitungan dari semua aspek. Kalau dirinci, nyatanya Indonesia nggak melulu hebat di semua hal. Di beberapa sisi kita itu lemah, jumlah tank salah satunya.

Benar, untuk jumlah tank, Indonesia menduduki peringkat 36 dunia dan kalah melawan negara tetangga seperti Kamboja apalagi Vietnam. Pemerintah sendiri sepertinya tahu betul kalau bangsa ini memang harus memperbaiki jumlah alutsista tanknya, dan ini akhirnya direalisasikan dengan mendatangkan Leopard 2RI. Tank jenis ini bisa dibilang salah satu yang paling oke di dunia, bahkan jadi saingan berat Merkava-nya Israel atau Abrams punya Amerika.

Nggak hanya punya nama dan pamor sangar saja, Leopard 2RI juga jelas dibekali banyak peralatan hebat dan canggih luar biasa. Lalu seperti apa sih kehebatan tank buatan Jerman ini? Cari tahu lewat ulasan berikut.

Armor Keren yang Tahan Gempur

lensaterkini.web.id - Leopard 2RI adalah versi terbaru dari seri sebelumnya. Makanya, pihak pengembang jelas menambahkan banyak fitur oke yang merupakan hasil upgrade dari Leopard versi lama. Salah satu sektor penting yang mendapatkan perbaikan adalah sisi armornya.

Diketahui Leopard 2RI ini mengusung teknologi AMAP alias Advanced Modular Armour Protection. Fungsinya adalah melindungi semua sisi tank dari berbagai ancaman. Mulai dari rudal-rudal anti tank sampai roket balistik. Sistem perlindungan yang sama juga sudah digunakan di hampir semua tank kekinian hari ini.

Leopard 2RI Sanggup Melakukan Mode Senyap

Hal yang menyenangkan soal tank ini adalah manuvernya. Leopard 2RI diketahui punya kecepatan yang cukup tinggi dan bisa digunakan di hampir semua jenis dataran. Nggak hanya sanggup melaju cepat di semua permukaan, tank satu ini juga dibekali dengan sebuah sistem unik di mana Leopard 2RI bisa sama sekali tak terdengar suaranya.

Ya, dengan berbekal mesin khusus, Leopard 2RI sanggup untuk melakukan mode senyap di mana suara pergerakannya sangat minim. Nggak hanya mampu menghilangkan suara, tapi si perangkat khusus tadi juga bisa menurunkan suhu. Alhasil, Leopard 2RI sama sekali tak terdeteksi panasnya. Sebuah kombinasi yang sangar untuk misi penyerangan diam-diam.

Senjata Baru yang Lebih Seru

lensaterkini.web.id - Nggak hanya soal armor dan teknologi manuver, Leopard 2RI juga makin diperbarui sistem persenjataannya. Secara umum sebenarnya meriam Leopard 2RI masih sama seperti versi sebelumnya, hanya saja ada beberapa bagian yang di-upgrade. Penambahan itu adalah penyematan sistem turret drive.

Sistem ini membuat senjata nggak lagi manual alias full elektrik dalam penggunaannya. Nggak hanya itu, turret drive juga membuat senjata lebih aman bagi user. Serta yang nggak kalah penting lainnya adalah kemampuan meredam suaranya yang oke punya. Jadi, meriam Leopard 2RI ini bisa menembakkan peluru besarnya tanpa suara gaduh.

Nightvision untuk Penglihatan Malam

Hal keren selanjutnya soal tank Leopard 2RI ini adalah disematkannya teknologi nightvision pada kameranya. Jadi, meskipun suasana sekitar begitu gelap dan tak ada cahaya sedikit pun, tank ini bisa tetap dioperasikan. Teknologi Nightvision sendiri pada dasarnya memang mengusung fungsi seperti itu.

Nightvision di Leopard 2RI sendiri juga merupakan versi upgrade, di mana ia bisa menampilkan gambaran yang lebih dalam, jelas, dan sempurna. Sebuah tank memang dituntut untuk bisa bekerja 24 jam dalam kondisi apa pun. Dan untuk hal tersebut TNI sudah sangat bisa mengandalkan Leopard 2RI.

Mesin Perang Senyaman Limousin

lensaterkini.web.id - Nggak hanya soal perlengkapan perang saja, sebuah tank dikatakan sempurna jika mampu membuat penggunanya betah. Leopard 2RI ini dilengkapi dengan berbagai peralatan yang sangat memberikan kenyamanan bagi operatornya. Mulai dari sistem pengaturan posisi sampai tempat duduknya sendiri.

Bukan cuma itu saja, Leopard 2RI juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang lebih oke. Hal ini akan memberikan kenyamanan yang luar biasa bagi para penumpangnya. Saking nyamannya, mungkin mereka akan lupa kalau sedang berada di dalam tank.

Bagaimana? Keren tho? Indonesia ternyata mampu membeli alutsista-alutsista TOP macam begini. Kabar baiknya, diperkirakan akan ada sekitar 100 buah tank Leopard baru yang bakal diboyong ke Indonesia. Wih sangar! Siap-siap deh mendengar berita soal naiknya peringkat militer Indonesia di dunia gara-gara ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola