5 Fakta Kehidupan Sultan Brunei Yang Bikin Dunia Ngiri

Meskipun jauh lebih kecil daripada Indonesia, Brunei selalu bisa bikin masyarakat kita ngiri. Alasannya nggak lain karena negara satu ini begitu makmur sehingga kehidupan masyarakatnya pun menyenangkan. Ada begitu banyak hal luar biasa di Brunei yang jarang didapatkan di negara lain apalagi Indonesia. Misalnya nggak ada pajak, pendidikan gratis tis tis, serta tunjangan-tunjangan yang bikin sejahtera.

Brunei bisa seperti itu nggak lepas dari peran sultan hebatnya yang bernama Hassanal Bolkiah. Ya, selama puluhan tahun memimpin, pria satu ini nggak pernah gagal membuat masyarakat Brunei bahagia. Nah, kalau membicarakan seorang Hassanal Bolkiah, tentu nggak hanya tentang kepemimpinannya saja ya, tapi juga soal hartanya yang jumlahnya benar-benar luar biasa.

Bukan rahasia lagi kalau beliau ini adalah salah satu manusia terkaya di dunia. Dan layaknya seorang miliuner, Sultan tahu cara menghabiskan uangnya dengan greget. Kali ini kami akan mengajakmu untuk melihat-lihat kekayaan sang Sultan Bolkiah ini. Kira-kira apa saja sih yang dimilikinya? Simak deh ulasan berikut.

7000 Mobil Mewah Terbaik Ada di Garasinya

lensaterkini.web.id - Sultan Bolkiah sama seperti pria kebanyakan di mana juga punya kesenangan tersendiri terhadap hal-hal berbau otomotif terutama mobil. Tapi, karena yang kita bicarakan ini adalah seorang raja, jelas beda dong apa yang dilakukannya untuk memuaskan hobinya itu. Ya, sang sultan mewujudkan rasa sukanya terhadap mobil dengan mengoleksi.

Koleksi mobil sultan sendiri tentu nggak hanya 1-2 biji melainkan lebih dari itu. Menurut banyak sumber saat ini Sultan Bolkiah memiliki sekitar 7.000 buah mobil yang terparkir di istananya. Dan dari sejumlah itu rata-rata adalah produk mahal dan ternama. Macam Ferrari, Renault, dan lain sebagainya. Nggak hanya itu, beberapa mobil sang sultan adalah concept car alias model yang nggak keluar di pasaran. Luar biasa!

Istana Nurul Iman yang Megah Luar Biasa

Sebagai raja, jelas Sultan Bolkiah tak tinggal di rumah dinas melainkan istana miliknya sendiri. Bernama Nurul Iman, istana satu ini benar-benar mirip kastil seorang raja zaman Eropa tengah. Bukan bentuk bangunannya, tapi kesan kemewahannya. Di istana ini ada begitu banyak kamar, jumlahnya sekitar 1.788 buah plus kamar mandi yang totalnya mencapai 257 biji.

Istana Nurul Iman ini nggak hanya luas dan berisi banyak kamar tapi juga mengusung kemewahan luar biasa. Tiap-tiap kamar dihias dengan cantik, termasuk kamar sang sultan sendiri yang di beberapa sisinya berlapis emas. Istana yang selesai dibangun pada tahun 1984 ini menghabiskan sekitar $1,4 miliar atau sekitar Rp. 18.096.388.287.569. Silakan hitung sendiri ya.

Jumlah Duit Sang Sultan Tak Habis 7 Turunan

lensaterkini.web.id - Berbicara soal duit, jelas dong sang sultan memiliki banyak sekali uang. Dulu, ketika masa-masa awal menjabat sebagai raja menggantikan ayahnya, Sultan Bolkiah mendapatkan warisan yang luar biasa jumlahnya. Kurang lebih sekitar $40 miliar. Gara-gara duit sejumlah ini kemudian ia pun nangkring di daftar orang terkaya sedunia.

Makin ke sini diketahui jumlah uang sang sultan berkurang. Tapi, jumlahnya ya tetap masih terlalu banyak. Saat ini diperkirakan beliau memiliki sekitar $20 miliar atau setara dengan Rp. 258.5 triliun. Jumlah ini juga sepertinya nggak akan habis sampai sang sultan menghembuskan napasnya yang terakhir.

Koleksi Perhiasan Sang Sultan yang Luar Biasa

Nggak hanya suka mengoleksi mobil, Sultan Bolkiah diketahui juga sangat hobi mengumpulkan perhiasan. Tidak diketahui berapa jumlah perhiasan yang dimilikinya, tapi dipastikan jumlahnya begitu banyak dan sangat mahal kalau dinilai dengan uang.

Kalau berbicara koleksi perhiasan, sang sultan punya beberapa favoritnya. Mulai dari jam tangan sampai aksesoris yang menempel di badan. Dalam membeli perhiasan, sang sultan nggak pernah banyak pertimbangan. Asal suka ya sudah bungkus. Termasuk ketika ia memutuskan untuk membeli sebuah pencukur rambut seharga Rp. 234 juta. Tak pakai pikir langsung sikat.

Beberapa Koleksi Pesawat Pribadi Sultan

lensaterkini.web.id - Tak sebatas mobil dan perhiasan, sang sultan ternyata juga punya beberapa pesawat pribadi. Pesawat ini seringkali digunakannya untuk urusan negara dan juga berlibur ke banyak negara di dunia. Ada dua pesawat yang diketahui dimiliki sang sultan.

Pesawat ini diketahui berjenis Boeing dengan tipe 747-400 serta satu lagi berjenis Airbus 340. Yang unik adalah si Airbus tersebut yang katanya berlapis emas di beberapa bagiannya. Kebanyakan duit mungkin ya si sultan, sehingga beliau sampai menyematkan emas di hal-hal yang sebenarnya nggak perlu dan penting. Tapi ingat, sultan wants sultan gets.

Gara-gara kebiasaan ekstremnya dalam menghabiskan duit, cukup sering Sang Sultan mendapatkan cibiran. Tapi, baginya olokan dan kritik pedas itu hanya dianggapnya angin lalu. Alasannya adalah karena ia terbukti bisa membahagiakan rakyat. Kecuali kalau rakyat Brunei masih hidup serba susah maka beliau jelas takkan berani foya-foya. Alih-alih menghabiskan harta untuk diri sendiri, mungkin Sultan Bolkiah akan memberikan semua hartanya untuk kesejahteraan rakyat.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola