4 Pembantaian Kaum Minoritas Paling Parah Sepanjang Masa

Menjadi seorang minoritas bukanlah perkara yang gampang. Di beberapa negara, minoritas selalu ditekan dengan sekuat tenaga agar pergi atau bahkan musnah. Banyak dari mereka yang akhirnya harus menemui kematian secara mengenaskan karena dibantai dalam peristiwa genosida yang terstruktur dengan baik.

Dalam sejarahnya, peristiwa genosida terhadap kaum minoritas banyak terjadi di dunia ini. Mereka terus dibuat menderita hingga akhirnya benar-benar habis dari muka bumi ini. Berikut daftar pembantaian kaum minoritas terparah dalam sejarah umat manusia. Beberapa di antaranya bahkan masih bertahan hingga sekarang.

Pembantaian Etnis Tutsi di Rwanda

lensaterkini.web.id - Pada tahun 1994, Rwanda mengalami kekacauan yang teramat parah. Kerusuhan terjadi di mana-mana dengan target mereka yang berasal dari etnis Tutsi yang menjadi minoritas dengan total penduduk hanya 15% dari seluruh populasi di Rwanda. Karena kalah jumlah dan juga kekuasaan, pembantaian terhadap minoritas ini berlangsung dengan sangat mengerikan di salah satu negara Afrika ini.

Bayangkan, selama 3 bulan saja ada pembunuhan sekitar 800.000 warga dari etnik Tutsi. Mereka dibantai oleh etnik Hulu yang menjadi mayoritas dan berkuasa atas negeri ini seutuhnya. Kasus pembantaian ini akhirnya dibawa ke ranah internasional sehingga keadilan akan terus ditegakkan. Para petinggi yang memimpin negeri itu di masa lalu diciduk atas kejahatan parah yang mereka lakukan.

Pembantaian Muslim di Myanmar

Selama ini kita tahu dengan sangat baik bahwa muslim Rohingya kerap mendapatkan perlakukan yang sangat buruk dari negerinya. Mereka ditekan dan diusir sehingga harus pergi dari negerinya dan mencari suaka. Sayangnya, pencarian suaka ini tidak selalu berhasil karena tidak semua bangsa mau menerima muslim Rohingya yang terusir dari negerinya sendiri.

Sejarah perlakuan buruk terhadap muslim di sini ternyata sudah berlangsung sejak lama. Pada abad ke-17, banyak muslim di sini yang dibantai dengan sengaja. Selanjutnya saat Jepang menguasai Vietnam saat perang dunia II, setidaknya ada ribuan muslim Rohingnya yang dibantai habis-habisan lalu dibuang begitu saja. Keadaan ini terus berlanjut di mana sekarang sering ada kerusuhan anti-muslim di negeri ini.

Pembantaian Orang Yazidi di Irak

lensaterkini.web.id - Yazidi adalah salah satu kelompok agama kuno yang ada di kawasan Irak dan beberapa negara lain di dunia. Mereka menyembah tuhan yang diwujudkan sebagai dewa merak bernama Melek Taus. Mereka menyembah patung dewa itu sehingga dianggap sebagai aliran sesat oleh beberapa kelompok agama mayoritas dan juga kelompok teroris berdarah dingin ISIS.

Akibat dianggap sebagai penyembah berhala, orang Yazidi sering sekali menjadi target genosida. Setidaknya lebih dari 5.000 dibantai, dibom, atau diculik oleh ISIS. Mereka diperlakukan secara tidak manusiawi karena dianggap telah berbuat kesalahan. ISIS ingin menghancurleburkan Yazidi dengan secepat mungkin agar kesesatan yang dilakukan oleh mereka segera berakhir.

Pembantaian Muslim di India

Dalam sejarahnya, Muslim dan Hindu di India selalu terlibat banyak sekali konflik yang berdarah. Salah satu yang terkenal adalah konflik di kawasan Kashmir yang bertahan sampai sekarang. Sebelum peristiwa di Kashmir berlangsung, di India sudah banyak sekali bermunculan kasus pembantaian terhadap muslim dengan beragam kedok yang dijadikan pemicu konflik.

Pada tahun 1947 pembantaian terhadap muslim banyak terjadi di Jammu. Selanjutnya ada  Operasi Polo yang difokuskan untuk pembantaian muslim besar-besaran di Hyberabad. Pembantaian terhadap muslim terus berlanjut di Neille tahun 1983, Hasimpura tahun 1987,  dan masih banyak lagi. Muslim di India mayoritas berada pada strata sosial yang rendah. Keadaan ini membuat mereka mudah ditekan dan dilupakan untuk hilang.

Inilah ngerinya pembantaian kaum minoritas yang terjadi di dunia ini. Seharusnya kaum minoritas tidak diperlakukan dengan sangat mengerikan seperti ini. Mereka masih memiliki hak untuk hidup sehingga membunuh dengan alasan apa pun tetaplah hal yang mengerikan dan tidak pantas dilakukan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola