4 Keunikan Anggrek Hitam, Bunga Langka Asli Papua Yang Super Mahal

Papua bisa dibilang merupakan daerah di Indonesia yang keragaman hayatinya paling kompleks. Nggak hanya punya banyak jenis hewan, Papua juga jadi rumah dari tumbuhan-tumbuhan unik dan mungkin satu-satunya di dunia. Misalnya adalah anggrek hitam. Tanaman satu ini diketahui endemik di Papua dan hampir nggak bisa kita temukan di tempat lain.

Berbicara lebih dalam soal anggrek hitam, tanaman ini memang luar biasa. Nggak hanya indah dan menampilkan estetika maksimum dari sebuah bunga, Anggrek Hitam juga jadi komoditi dagang yang bagus sekali. Tahu nggak, harga bunga ini begitu mahal. Per bijinya kadang dihargai sampai ratusan juta. Kelangkaan serta sulitnya mencari bunga ini di alam jadi sedikit dari banyak alasan kenapa si anggrek hitam berharga boombastis.

Meskipun mahal luar biasa nih, faktanya bunga ini masih sangat diminati. Nggak hanya orang-orang Indonesia sendiri, tapi juga para kolektor anggrek manca negara. Masih tentang si hitam manis yang mahal, berikut beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui soal Anggrek Hitam Papua.

Ciri Khas Unik Anggrek Hitam yang Luar Biasa

lensaterkini.web.id - Secara fisik, bunga satu ini sangat berbeda dari jenis anggrek yang lain, terutama soal warna. Ya, seperti namanya, anggrek hitam ini warnanya memang benar-benar gelap. Hampir seluruh kelopaknya berwarna hitam di dalam dan luarnya. Tapi, di bagian tengah, bunga ini memiliki warna yang berbeda. Kadang ungu, kadang agak merah terang. Alhasil, perpaduan warna ini menimbulkan kombinasi yang elegan sekali.

Kata para pecinta anggrek nih, bunga satu ini menimbulkan kesan tersendiri ketika melihatnya. Nggak hanya sekedar memberikan keindahan, anggrek hitam Papua juga seolah menawarkan kesan elegan yang luar biasa. Nggak hanya warna dan bentuk khas, bunga satu ini juga punya aroma yang unik.

Bunga Hitam Elegan yang Super Langka dan Nggak Bisa Dibiakkan

Tidak seperti jenis anggrek pada umumnya, si mahkota hitam Papua ini begitu susah untuk ditemui. Bukan hal yang mustahil sebenarnya, tapi untuk bisa berjumpa dengan bunga ini kita harus menjelajahi kedalaman hutan Papua karena habitatnya memang di situ. Itu pun nggak selalu berhasil, karena jumlah anggrek hitam sendiri sangat terbatas.

Mungkin kamu berpikir kenapa anggrek ini nggak dikembangbiakkan saja ya biar seperti yang lain? Kan bisa jadi lebih banyak tuh jumlahnya? Memang betul demikian, tapi anggrek hitam ini sungguh berbeda. Ya, anggrek hitam sangat susah untuk dibiakkan. Untuk bisa menghasilkan bibit ia harus ditempatkan dalam kondisi dan lingkungan seperti habitat aslinya. Bahkan meskipun sudah ditempatkan sedemikian rupa, kemungkinan berhasilnya hanya 20-30 persen saja.

Harga Anggrek Hitam yang Bikin Nangis

lensaterkini.web.id - Hal yang unik soal anggrek ini selain bentuknya yang luar biasa juga adalah harganya yang nggak karuan. Jangan kaget ya, bunga ini dihargai setidak-tidaknya seratus juta rupiah per satu tanamannya. Harga ini kisaran minimun lho. Anggrek hitam bisa makin menggila ketika ia memiliki ciri unik lainnya.

Tentu bukan hal yang mengherankan kenapa si anggrek hitam bisa semahal ini. Ya, alasannya jelas karena kelangkaannya yang luar biasa. Bunga ini hanya bisa didapatkan dengan masuk ke dalamnya hutan Papua. Nggak hanya karena kemasan dan fisik, yang bikin bunga ini mahal adalah usaha untuk mencarinya.

Satu-Satunya di Dunia

Memang benar sih anggrek hitam Papua ini bukan satu-satunya anggrek yang bunganya berwarna hitam. Tapi, untuk ciri khusus yang dimiliki si anggrek Papua, dipastikan nggak ada yang menyamainya. Jadi, kita bisa katakan kalau anggrek hitam ini adalah satu-satunya di dunia.

Kalau berbicara anggrek berwarna hitam yang ada di Indonesia, anggrek hitam Papua pun bukanlah satu-satunya. Ya, di Kalimantan juga ada tuh anggrek berwarna hitam tapi ia memiliki ciri yang berbeda. Sayangnya, si anggrek hitam Kalimantan itu katanya juga mulai langka. Kalau ini penyebabnya adalah karena pembalakan hutan.

Lantaran jumlahnya yang makin sedikit, maka sepertinya pemerintah harus menegaskan peraturan tentang perburuan bunga ini. Alasannya tentu saja demi eksistensi bunga itu sendiri. Jangan sampai pada akhirnya bunga ini raib karena keserakahan. Akan jadi hal yang memalukan tentu saja kalau sampai bunga yang jadi khasnya Papua ini benar-benar lenyap untuk selamanya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola