4 Hal Hebat Dibalik Musik Dangdut Yang Tak Disadari Indonesia

Selama ini dangdut selalu identik dengan hal-hal yang kurang menyenangkan. Mulai dari anggapan musik kampungan, pemain instrumennya yang ber-skill cetek, sampai soal penyanyinya yang dikatakan nggak punya kemampuan. Anggapan-anggapan di atas bisa dibilang hanya omong kosong saja. Seumpama kita mau membuka mata dan melihat dangdut dari sisi yang lain, maka akan terlihat jika musik satu ini sama sekali berbeda dari anggapan yang ada.

Dangdut adalah aliran musik dengan cita rasa tinggi. Nggak hanya dimainkan dengan skill, menyanyikannya pun nggak sembarang orang bisa. Di sisi lain kalau kita bicara sejarah, dangdut justru lebih mencerminkan Indonesia dibandingkan jenis musik yang lain. Sayangnya, orang-orang sekarang ini gengsi banget mengakui hal-hal tersebut.

Serius, musik dangdut itu sama sekali nggak kampungan apalagi rendahan. Justru sebaliknya, musik satu ini sangat luar biasa dan mungkin bisa dibilang lebih oke dari aliran musik lainnya. Kamu mungkin nggak percaya dengan anggapan macam ini, tapi setelah membaca ulasan berikut kamu pasti bakal setuju.

Dangdut Bukan Musik yang Bisa Dimainkan Orang Biasa

lensaterkini.web.id - Anggapan selama ini tentang pemain musik dangdut adalah skill-nya yang ecek-ecek. Padahal faktanya untuk bisa memainkan dangdut, seseorang harus punya skill yang tinggi. Jadi, anggapan itu sama sekali nggak benar.

Berbeda dengan jenis musik lain, dangdut itu cenderung lebih susah memainkannya. Gitar misalnya, di dangdut kita nggak bisa asal genjreng saja, melainkan harus punya semacam style khusus yang wajib bisa berharmonisasi dengan yang lain.

Belum lagi gendang, nggak mudah juga lho main alat musik ini terutama karena hampir semua alat gerak dipakai, mulai tangan sampai kaki. Makanya, ketika seseorang bisa memainkan dangdut, maka bisa dipastikan ia bisa menguasai jenis musik lainnya. Sebaliknya, mereka yang nggak biasa di dangdut pasti bakal susah luar biasa disuruh main musik seperti ini. Ini bukti nggak terbantahkan kalau musik dangdut itu nggak gampang.

Nggak Semua Orang Bisa Nyanyi Lagu Dangdut dengan Benar

Semua orang mungkin bisa bernyanyi lagu pop atau yang lainnya, tapi belum tentu ia bisa nyanyi lagu dangdut. Alasannya sendiri nggak lain karena lagu dangdut itu memang susah dan butuh banyak teknik vokal untuk bisa terdengar oke. Contoh nyatanya adalah Bang Haji Rhoma Irama atau Rita Sugiarto untuk yang wanita.

Yang membuat nyanyi dangdut itu susah tak lain karena ada cengkok yang harus dimainkan. Tanpa cengkok, lagu yang dihasilkan bakal flat dan kurang berisi. Dangdut sendiri juga butuh dinyanyikan dengan teknik vokal mumpuni, macam vibra, suara perut dan lain sebagainya. Makanya, nggak heran kalau sudah menguasai dangdut seseorang bakal bisa menyanyikan semua jenis lagu.

Dangdut Satu-Satunya Musik yang Bisa Merangkul Instrumen Tradisional

lensaterkini.web.id - Ya, dangdut mungkin adalah jenis musik yang paling cocok dengan semua instrumen tradisional yang ada. Entah itu seruling, kendang, gamelan, dan lain sebagainya. Musik-musik lain mungkin bisa dipadu-padankan dengan instrumen tradisional, tapi hasilnya nggak sebagus ketika dikolaborasikan dengan dangdut.

Kenapa dangdut bisa begitu berharmoni dengan instrumen tradisional tak lain karena musik ini penciptaan awalnya memang sangat dipengaruhi alat-alat itu. Dangdut kontemporer secara utuh memang menggunakan alat-alat tradisional. Lalu seiring perkembangan zaman mulai lah dangdut terpengaruh luar lewat masuknya gitar listrik dan lain sebagainya.

Dangdut Adalah Asli Milik Indonesia

Dari semua jenis musik yang ada di Indonesia, mungkin bisa dikatakan hanya dangdut yang paling identik dengan negara ini. Ya, dangdut adalah musik asli Indonesia yang nggak bakal kita temui di tempat lain. Memang dangdut bukan musik pure alias murni yang berdiri sendiri. Tapi, ini adalah karya cipta bangsa ini.

Dangdut pada perkembangannya dipengaruhi oleh jenis-jenis musik lain. Misalnya Melayu, India, dan juga Arab untuk cengkok-cengkoknya. Dari semua kombinasi ini terlahirlah musik dangdut dengan kemasan uniknya sendiri. Mungkin hanya dangdut ya yang asli Indonesia, untuk aliran musik lainnya semuanya adalah bawaan dari luar. Makanya, kita harusnya bangga dengan dangdut. Karena ini asli Indonesia dan hanya ada di sini.

Seperti inilah dangdut, musik yang sering dianggap rendah tapi sebenarnya luar biasa. Bahkan kalau dibandingkan dengan jenis musik lainnya, dangdut juga bisa dibilang lebih punya kelas, terutama dari kacamata skill dan musikalitas. Satu lagi, dangdut adalah musik asli Indonesia yang lahir di tanah ini. Sehingga, alih-alih mencacinya, kita malah harus menjaganya sebagai salah satu karya bangsa ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola