8 Mobil Mewah Bung Karno Paling Keren

Bung Karno, selain sebagai seorang pemimpin bangsa yang revolusioner, Beliau juga dikenal dengan gaya penampilannya yang lain daripada orang di sekitarnya. Soal style, Bung Karno selalu akrab dengan peci, kacamata hitam, jas militer dan tongkat di tangan. Tak pelak gaya eksentrik ini pun menjadi ciri khasnya tersendiri.

Tak hanya tentang gaya, soal selera mobil Bung Karno juga memperlihatkan keeksentrikan. Beliau selalu memilih mobil yang unik baik untuk pribadi atau pun kenegaraan. Mobil-mobil itu masih sering dipertontonkan dalam berbagai pameran mobil. Kalau sekarang jelas kesannya sudah tua dan kuno, tapi deretan mobil Putra Sang Fajar ini tetap memberikan daya tarik tersendiri. Lalu seperti apa sih mobil koleksi Bung Karno itu? Supaya tidak penasaran, langsung simak saja ulasannya berikut.

Buick 8

lensaterkini.web.id - Sejarah mencatat, mobil tipe Buick 8 merupakan mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang dipakai Bung Karno dari tahun 1945 sampai 1949. Mobil ini merupakan mobil limited edition yang hanya diproduksi sebanyak 1.451 unit saja. Mobil yang dilansir tahun 1938 ini pada sejarahnya didapat sebagai mobil rampasan dari penjajah Jepang.

Buick 8 adalah mobil yang berasal dari pabrikan Buick yang diproduksi tahun 1939. Dengan mesin limited-8, mobil klasik Buick 8 dipersenjatai dengan kekuatan mesin 320 ci atau setara 5.247 cc. Di setiap silindernya terdapat 8 silinder lagi dengan 2 katup untuk menyemburkan tenaga yang mampu mencapai 141 hp pada kecepatan 3600 rpm.

Chrysler Imperial

Mobil jenis Chrysler Imperial ini merupakan mobil kesayangan sekaligus mobil bersejarah bagi Bung Karno. Mobil yang memiliki nomor polisi B 9105 ini mempunyai cacat di kaca belakang serta di spakbor bagian kirinya akibat ledakan granat yang dilemparkan orang tak dikenal di daerah Cikini. Peristiwa ini terjadi saat Presiden Soekarno sedang menjemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini.

Mobil yang dilansir tahun 1938 ini diproduksi dari tahun 1937 sampai 1939. Secara fisik, mobil jenis limousine ini dilengkapi dengan 4 buah pintu. Dengan mengusung mesin 5.3 L, mobil Chrysler Imperial mampu mengeluarkan tenaga 130 hp dengan transmisi manual 3-kecepatan. Mobil ini sekarang masih disimpan dengan baik berikut dengan cacat mobil akibat Peristiwa Cikini.

Cadillac 48

lensaterkini.web.id - Koleksi mobil Bung Karno selanjutnya adalah Cadillac 48 yang dilansir tahun 1948. Mobil klasik ini merupakan mobil yang diproduksi di angkatan ketiga pada tahun 1948 sampai 1949. Secara fisik, mobil bertipe sedan ini memiliki 2 buah pintu di masing-masing sisi kiri-kanannya.

Dengan mesin 5.7 L V8 monoblock dan 5.4 L OHV V8, mobil Cadillac 48 dikawinkan dengan sistem transmisi yang tersedia dalam 2 macam tipe, yakni tipe manual 3-kecepatan dan tipe otomatis dengan 4-kecepatan. Karena memakai platform produksi tipe Series 60, Mobil Cadillac 48 ini kadang juga disebut sebagai Cadillac Sixty Special.

Chaika GAZ 13

Bung Karno ternyata juga pernah menggunakan mobil pabrikan Uni Sovyet selama Beliau menjabat sebagai presiden. Mobil tersebut adalah GAZ 13 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Chaika GAZ 13, sebuah mobil mewah jenis limousine yang diproduksi dari tahun 1959 hingga 1981.

Chaika GAZ 13 dibekali dengan mesin M13 5.5 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 195 hp lengkap dengan transmisi otomatis 3-kecepatan. Untuk generasi keduanya, mobil yang juga menjadi koleksi petinggi Uni Sovyet, Leonid Brezhnev, ini diganti dengan basis mesin M14 pada tahun 1977 hingga 1988.

Chrysler Windsor

lensaterkini.web.id - Deretan mobil mewah yang dimiliki Bung Karno selanjutnya adalah Chrysler Windsor. Mobil yang dilansir tahun 1947 ini diproduksi dari tahun 1939 hingga 1961. Mobil klasik berwarna coklat ini pada mulanya dipakai oleh Jenderal Soedirman pada tahun 1947, kemudian tahun 1948 dibawa ke Jakarta dan langsung dipakai Presiden Soekarno.

Mobil dengan kapasitas 7 orang penumpang ini juga memiliki nilai sejarah karena pernah dipakai Soekarno-Hatta ketika mengikuti Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 di Bandung. Crhysler Windsor 1947 ini dipersenjatai dengan mesin 250.6 CID L-Head dengan tenaga sebesar 114 HP serta dilengkapi dengan tipe transmisi manual 4-kecepatan.

Mercedes Benz 600

Mobil mewah selanjutnya yang pernah dipakai oleh Bung Karno adalah mobil jenis Mercedes Benz 600. Diperkirakan mobil ini dilansir pada tahun 1960-an karena Bung Karno sendiri wafat pada tahun 1970, sedangkan masa produksi mobil Mercy 600 ini berlangsung sampai tahun 1981.

Mercy 600 dilengkapi dengan mesin 6.3 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga 250 hp pada kecepatan 4000 rpm. Sedangkan torsinya sendiri mampu mencapai angka 500 Nm pada kecepatan 2800 rpm. Mobil Mercy yang memiliki sistem transmisi otomatis 4-kecepatan ini digolongkan ke dalam kelas limousine. Saat ini, mobil jenis ini berkembang dengan varian Pullman dan dari jenis Mercy 600 inilah yang menjadi cikal bakal Mercy Pullman saat ini.

Lincoln Cosmopolitan

lensaterkini.web.id - Satu lagi mobil mewah yang juga jadi favorit Bung Karno. Ya, mobil ini adalah bikinan Ford dengan tajuk Lincoln Cosmopolitan. Lincoln milik Bung Karno ini diperkirakan merupakan mobil produksi generasi pertama.

Mobil jenis Lincoln diproduksi tahun 1948 sampai 1954. Mobil ini mengusung mesin 5.5 L V8 dengan tenaga yang mampu mencapai angka 152 hp. Saat itu, Lincoln Cosmopolitan sudah memakai teknologi transmisi otomatis dengan sokongan teknologi dari pabrikan General Motors.

Morris Mini Cooper

Selain mengoleksi mobil klasik nan mewah, ternyata Presiden Soekarno juga memiliki koleksi mobil mini (kecil) yang memiliki julukan yang sama, yakni MINI. Mobil tipe Morris Mini Cooper ini merupakan mobil asal pabrikan Inggris, British Motor Corporation.

Mini Cooper milik Bung Karno ini menjadi produk suksesor yang masuk fase produksi dari tahun 1959 hingga tahun 2000. Di era tahun 1950-an, mobil jenis ini memiliki beberapa varian mesin antara lain 0.9 L, 1.0 L, dan 1.3 L dengan memakai dua pintu saja  mengingat bentuk bodinya yang memang mini.

Itulah tadi deretan koleksi mobil mewah Bung Karno yang paling eksentrik. Sebagai presiden dan pemimpin negara memang selayaknya Bung Karno menjaga wibawa, karena penampilan pemimpin mencerminkan apa yang dipimpinnya. Nah, dengan ketegasan dan kharisma inilah Indonesia saat dipimpin Bung Karno begitu berwibawa di mata dunia. Tak hanya wanita, selera Bung Karno soal mobil ternyata juga sangat berkelas.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Gadget
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola