5 Rekor Ekonomi Yang Mencetak Sejarah Baru di Era Jokowi

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah berjalan dua tahun. Presiden Jokowi dianggap telah mencetak sejarah baru bagi Bangsa Indonesia.

Politikus PDIP Maruarar Sirait mengatakan, Jokowi berhasil menunjukkan dirinya sebagai sosok yang membuat sejarah di pemerintahan yang stabil secara politik. Situasi yang menjadi modal bagi Indonesia lepas landas melaju kencang membangun perekonomian.

Maruarar menilai Jokowi berhasil membangun Indonesia yang lebih baik, baik secara mental maupun secara ekonomi. Baginya, Jokowi telah mencatatkan sejarah baru, berhasil mengonsolidasikan semuanya hanya dalam dua tahun memerintah.

"Bung Karno mengajarkan kita jas merah. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Tapi Pak Jokowi sendiri sudah membuat sejarah bagi Indonesia," kata Maruarar, Jakarta. Apa saja sebetulnya sejarah yang sudah dicetak Presiden Jokowi selama 2 tahun pemerintahannya? Berikut merdeka.com akan merangkum beberapa di antaranya.

Peringkat kemudahan berbisnis

lensaterkini.web.id - Bank Dunia (World Bank) telah merilis peringkat kemudahan berbisnis atau Ease of Doing Business 2017. Dalam laporannya, peringkat Indonesia melonjak signifikan dari sebelumnya peringkat 106 ke peringkat 91 atau naik 15 peringkat.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menyambut positif hasil yang dicapai dari deregulasi yang dilakukan oleh pemerintah. Bahkan, kenaikan 15 peringkat dalam satu tahun dianggap sebagai lonjakan terbesar dalam sejarah.

"Dari informasi yang saya dapat dari rekan di World Bank, kenaikan 15 peringkat dalam waktu satu tahun adalah lonjakan peringkat terbesar dalam sejarah Ease of Doing Business World Bank," ujarnya dalam keterangan resminya.

MRT

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengatakan transportasi massal bawah tanah merupakan kebutuhan dan peradaban baru.

"Ini adalah peradaban baru, peradaban transportasi massal di bawah tanah. Ini sejarah, kita lihat betul, termasuk regulasi-regulasinya juga ini semua baru. Karena memang ruang bawah tanah seperti apa, kepemilikannya seperti apa," jelas Jokowi.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau perkembangan proyek pengeboran terowongan Mass Rapid Transit di Patung Pemuda Senayan.

Tax Amnesty

lensaterkini.web.id - Tax Amnesty sejauh ini disebut menjadi yang terbaik di dunia. Menyalip rekor untuk program serupa yang sebelumnya dipegang oleh Italia.

Bank terbesar di Amerika Serikat (AS), JP Morgan menyebut program pengampunan pajak (Tax Amnesty) menjadi salah satu program repatriasi paling sukses di dunia. Hal ini dilihat dari pencapaian harta Tax amnesty yang mencapai Rp 1.029 triliun atau setara USD 76 miliar.

Analis JP Morgan Aditya Srinath mengatakan, capaian ini melebihi ekspektasi pasar global sebesar USD 30-50 miliar. Diperkirakan, hingga Maret 2017 Indonesia bisa mengumpulkan harta Tax Amnesty hingga Rp 2.000 triliun, dan menciptakan pendapatan fiskal sebesar 0,3 persen hingga 0,5 persen dari total produk domestik bruto (PDB) serta meningkatkan nilai tukar rupiah hingga 5 persen.

Pembangkit 35.000 MW

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengklaim program elektrifikasi di pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengalami percepatan yang cukup baik. Dalam 2 tahun, rasio elektrifikasi telah mencapai 88 persen atau naik dari sebelumnya yang hanya 83 persen.

Menurutnya, pencapaian tersebut akan terus bertambah hingga akhir tahun seiring banyaknya pembangunan proyek-proyek kelistrikan, salah satunya proyek 35.000 Mega Watt (MW). Pemerintah sendiri menargetkan rasio elektrifikasi pada tahun 2016 ini sebesar 90,15 persen.

"Elektrifikasi sekarang rasionya 88 persen. Hanya dalam 2 tahun naik 5 persen. Coba lihat 40 tahun ke belakang ada tidak proyek 20.000 MW dalam 5 tahun? Tidak ada. Mungkin hanya 10.00 MW dalam 40 tahun ke belakang. Proyek Ini (35.000 MW) sudah ngebut sekali ini," ujarnya.

Operasi pasar Lebaran

lensaterkini.web.id - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) melakukan operasi pasar menjelang Lebaran. Tujuannya agar harga pangan jelang Lebaran tidak mengalami kenaikan tinggi.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan operasi pasar tersebut merupakan kerja sama dengan Bulog dalam menstabilkan harga pangan. Dia mengklaim operasi pasar ini merupakan terbesar sepanjang sejarah pemerintah Indonesia.

"Kita akan lakukan ini sampai malam takbir Idul Fitri. Ini bantuan terbesar pemerintah sepanjang sejarah," kata dia di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, tahun lalu.

Kementan telah menyebar 22 truk berisi bahan sembako yang akan disebar ke 22 pasar se-Jabodetabek. Selain Jabodetabek, operasi pasar tersebut akan dilakukan di hampir seluruh wilayah Indonesia seperti Medan, Sulawesi, Surabaya dan Jawa.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola