5 Kota Yang Pernah Mengalami Siang Selama 24 Jam

Belahan bumi bagian utara memiliki iklim yang berbeda dengan kita yang ada di khatulistiwa. Di kawasan seperti Eropa memiliki empat musim setiap tahun dan beberapa bulan di musim panas kerap mengalami yang namanya midnight sun. Fenomena ini membuat matahari bersinar dengan sangat terang selama 24 jam. Ya, di malam hari langit masih terang dan tidak gelap sama sekali.

Fenomena yang menarik ini terjadi beberapa negara Eropa dan Amerika. Selama beberapa bulan, penduduk bisa melakukan aktivitas di luar rumah tanpa takut gelap. Bahkan, siapa saja bisa membaca di tengah malam tanpa menyalakan lampu sama sekali. Berikut beberapa di dunia yang mengalami midnight sun setiap tahunnya.

Barrow, Alaska

lensaterkini.web.id - Barrow adalah sebuah kota yang terletak di Alaska bagian utara. Kota yang masuk dalam wilayah Amerika ini mengalami midnight sun selama 90 hari atau nyaris selama musim panas penduduk di sini mengalami siang tanpa henti. Matahari terus bersinar dari pagi hingga pagi sehingga orang yang tidak biasa tinggal di sana akan merasa kesulitan dalam hal tidur dan aktivitas lainnya.

Bagi penduduk di kota ini, midnight sun adalah hal yang biasa. Setiap tahun mereka mengalaminya sehingga tidur tidak merasa terganggu. Saat musim panas tiba, penduduk di Barrow biasanya melapisi rumah mereka menggunakan aluminium foil. Hal ini dilakukan mereka bisa tidur dan tidak terdistraksi dengan cahaya yang masuk melalui kaca di jendela atau ventilasi.

Hammerfest, Norwegia

Hampir semua kota di kawasan Norwegia Utara mengalami midnight sun setiap tahunnya. Mulai dari Mei hingga Juli, kota-kota di sini tidak pernah mengalami yang namanya malam. Pada pukul 24.00 saja langit masih sangat terang sehingga semua penduduk bisa melakukan apa saja termasuk bekerja atau tidur seperti biasanya.

Bagi yang ingin menyaksikan fenomena yang sangat unik ini, disarankan untuk datang ke kota Hammerfest saja. Di sini perbedaan siang dan malamnya sama sekali tidak terlihat. Sepanjang hari udara di sini menjadi sangat panas sehingga saat akan tidur banyak penduduk menyalakan AC atau menutup jendela kamarnya dengan kain yang berwarna gelap.

Ivalo, Finlandia

lensaterkini.web.id - Ivalo adalah salah satu kota wisata di Finlandia yang setiap tahun dikunjungi oleh ribuan orang. Saat musim dingin, tempat ini sangat beku dan nyaris setiap malam muncul aurora borealis yang sangat menakjubkan. Saat itu terjadi, traveler dari seluruh dunia akan berkumpul dan mengabadikan setiap momennya dari awal hingga akhir.

Saat musim panas tiba, kawasan ini sama sekali tidak memiliki malam. Setidaknya selama beberapa bulan, matahari selalu bercokol di atas kepala. Saat fenomena ini tiba, penduduk di kawasan ini lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Saat midnight sun muncul, traveler juga banyak berdatangan di sini untuk merasakan siang selama 24 jam secara langsung.

Yukon & Nunavut, Kanada

Yukon adalah salah satu kota di Kanada bagian utara yang mengalami midnight sun setiap tahunnya. Penduduk di sini akan mengalami siang tiada habisnya pada akhir Juni hingga Agustus. Matahari bersinar tanpa henti dan dimanfaatkan oleh penduduk di sini untuk melakukan Festival Golden Heart City yang mengundang 180 stand makanan, fashion, dan seni.

Selanjutnya di Nunavut juga terjadi midnight sun dengan waktu yang tidak terlampau berbeda. Saat fenomena ini terjadi, penduduk di kawasan ini melakukan aktivitas di luar ruangan seperti memancing atau melakukan olahraga. Oh ya, setiap tahun ada maraton diadakan di Nunavut untuk menyambut kedatangan midnight sun.

Inilah kota-kota di dunia yang mengalami siang 24 jam selama beberapa bulan. Jika saja Indonesia memiliki fenomena seperti ini, kira-kira apa yang akan terjadi ya? Mungkin kita bakalan susah untuk tidur di malam hari.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola