5 Fakta Senjata Katar Paling Mematikan Yang Kini Menghilang

Di antara deretan senjata mematikan yang pernah tercipta, nama Katar mungkin jadi yang paling tidak terkenal. Orang-orang lebih mengenal Katana, Keris, broadsword Eropa daripada senjata satu ini. Padahal, sebenarnya kalau dilihat dari sejarah dan bentuknya sendiri, Katar harusnya bisa mempunyai pamor segarang senjata-senjata yang lain.

Katar memang bentuknya hanya seperti belati biasa, tapi ia memiliki mekanisme cara pemakaian yang beda. Ia dikemas dengan handelnya yang mirip dengan huruf H itu, dan cara memakainya adalah dengan digenggam. Tidak seperti pedang, penggunaan Katar begitu fleksibel. Ia mendukung penggunanya untuk menyerang menggunakan teknik-teknik bela diri terutama pukulan. Sangat mematikan!

Meskipun aslinya begitu mengerikan, tapi pamor Katar tak pernah sementereng senjata lainnya. Hari ini, bahkan ceritanya sudah benar-benar tenggelam. Nah, masih tentang Katar, berikut adalah fakta-fakta unik dan sangar tentang senjata satu itu.

Katar Adalah Senjata Kebanggaan

lensaterkini.web.id - Sama seperti Katana maupun Keris, Katar adalah senjata yang menyiratkan simbol dan reputasi. Katar di masa India masih kerajaan dulu, adalah senjata yang hanya boleh dikenakan oleh bangsawan dan orang-orang besar. Termasuk raja sendiri yang juga selalu setia membawa Katar di pinggang ke mana pun ia pergi.

Tak hanya berperan sebagai simbol, Katar memang benar-benar digunakan sebagai alat untuk memproteksi diri. Seumpama terjadi semacam upaya pembunuhan, mereka hanya perlu menghunus Katar-nya secepat mungkin dan kemudian menghadapi ancaman tersebut. Katar tidak pernah mengecewakan pemiliknya karena ia seperti seorang bodyguard yang selalu siap kapan saja.

Desain Unik Katar

Katar pada dasarnya sama seperti belati dan pedang. Hanya saja ia tidak dipegang langsung, melainkan melalui sebuah pegangan yang bentuknya seperti huruf H. belati Katar biasanya cukup panjang, tapi tak lebih dari pedang. Hal ini karena penggunaan Katar untuk bergerak cepat. Makin panjang tentu bakal membuat beban bertambah dan akhirnya memengaruhi pergerakan.

Belati Katar biasanya didesain berbentuk lebar dengan ujungnya yang lancip. Tapi, beberapa Katar didesain memiliki lengkungan. Untuk pembuatannya sendiri, beberapa Katar ditempa menyatu dengan bagian handle-nya. Tapi, ada juga desain Katar yang terpisah dengan pegangannya dengan alasan khusus. Oh iya, Katar selalu dibuat sepasang untuk tangan kanan dan kiri.

Inilah Alasan Kenapa Katar Sangat Mematikan

lensaterkini.web.id - Tidak seperti pedang yang dipakai dengan cara diayunkan, Katar lebih memanfaatkan gerakan tangan seperti memukul. Ilustrasinya adalah Katar dipakai di dua tangan kemudian si pengguna memakainya dengan cara mengayunkan tangan seperti meninju. Secepat apa pun pedang, takkan bisa mengalahkan cepatnya Katar dalam menusuk. Dengan berat yang tidak seberapa, Katar akan mengayun secepat kilat.

Katar umumnya digunakan untuk gerakan menusuk, tapi dengan desain ketajaman di sisi kanan dan kiri, ia juga bisa dipakai untuk menebas. Sangat mematikan. Katar akan makin lebih mengerikan ketika si penggunanya juga menguasai ilmu beladiri. Dengan katar di tangan, maka ia takkan bisa dikalahkan dengan mudah.

Jamadhar, Katar Legendaris Paling Mematikan

Sama seperti Katana, Katar juga punya nama dan pamornya sendiri. Nah, kalau di ranah Katana ada pedang Masamune, maka di Katar ada yang namanya Jamadhar. Katar satu ini begitu terkenal sebagai jenis yang paling mematikan.

Secara umum Jamadhar sama seperti Katar biasanya, tapi ia memiliki tiga belah belati. Bentuknya mirip kombinasi antara tombak dan juga gunting. Bentuknya mungkin tak lazim, tapi justru ini yang bikin Jamadhar mematikan. Dulu, Katar satu ini selalu sukses mencincang mangsanya tanpa ampun. Bahkan ia juga bisa menusuk baju besi dengan sangat sempurna.

Keberadaan Katar yang Menghilang

lensaterkini.web.id - Katar menjadi senjata kebanggaan orang-orang India selama bertahun-tahun. Namun, sayang, makin ke sini Katar justru semakin ditinggalkan. Bahkan ketika Inggris menginvasi, Katar sudah benar-benar dikubur. Orang-orang tak lagi memandang Katar sebagai senjata mematikan ketika pistol-pistol sudah berdentuman di mana-mana.

Sangat susah untuk menemukan Katar hari ini. Mungkin hanya ada beberapa saja di dunia dan itu pun pajangan museum. India harus belajar dari Jepang. Meskipun Katana sudah tak digunakan, tapi senjata khas ini tetap masih dilestarikan bahkan jadi ikon. Katar pun harusnya bisa seperti ini sehingga tak membuat namanya seperti kabut yang ada tapi tidak ada.

Kalau kita lihat dari semua jenis senjata tradisional yang ada di dunia, Katar mungkin bisa dikatakan sebagai yang paling mematikan. Jepang boleh lah bangga dengan Katana-nya, tapi dengan kecepatan dan kegesitan Katar, si pedang samurai itu pun bakal ampun-ampunan. Sayang, pernah begitu membanggakan, kini Katar hanya tinggal ingatan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola