4 Tragedi Jatuhnya Pesawat Saat Latihan di Indonesia

Langit Indonesia menjadi salah satu tempat lalu lalang kedirgantaraan negeri ini. Mulai dari maskapai komersial hingga pesawat tempur yang beroperasi. Tapi, Indonesia pernah mencatatkan beberapa sejarah tragis sang burung-burung besi yang harus gugur dari langit.

Pesawat sebenarnya adalah alat transportasi yang paling aman, pun demikian teknologi ini masih mengalami banyak sekali masalah. Faktor cuaca dan teknis seringkali menjadi dalang dari banyaknya peristiwa kecelakaan udara di berbagai belahan dunia.

Untuk mengatasi hal-hal buruk, maskapai atau lembaga penyelenggara penerbangan lainnya selalu memilih pilot dan awak pesawat yang terlatih agar bisa menyelesaikan situasi pelik semacam ini. Tak hanya maskapai komersial yang mengangkut penumpang, tapi juga satuan angkatan udara.

Sayangnya lagi, saat masih berlatih menjadi pilot, kecelakaan pesawat juga masih saja terjadi. Entah masalah kelalaian atau faktor cuaca, pilot yang menggunakan pesawat latih memang kerap bertaruh nyawa setiap kali akan mengudara. Boombastis telah merangkum beberapa peristiwa tumbangnya pesawat latih di Indonesia, seperti berikut ini.

Pesawat Latih Cessna PW WTK Jatuh di Sawah – Cirebon

lensaterkini.web.id - Pada tanggal 30 Agustus 2016, sebuah pesawat jenis Cessna PW WTK jatuh di area persawahan Desa Banjarwangun, Kecamatan Wundu, Cirebon. Dugaan sementara, pesawat jatuh karena mesin mati mendadak sehingga selama beberapa saat pesawat melayang-layang di atas SMK Maritim Cirebon sebelum akhirnya jatuh dan terbalik di atas persawahan.

Pada kejadian nahas ini, semua kru yang ada di dalamnya selamat. Mereka hanya mengalami luka dan sedikit terguncang usai jatuh dari ketinggian. Mereka segera dilarikan ke Rumah Sakit Ciremai untuk mendapatkan perawatan medik.

Pesawat Latih Milik Merpati Pilot School – Sumenep

Bandara Trunojoyo yang ada di Madura memang dikenal sebagai tempat latihan terbang sejak 2010. Setiap hari akan ada banyak sekali pesawat latih yang lalu lalang untuk melatih calon pilot masa depan meski ada di antara mereka yang harus mendapatkan nasib nahas dengan jatuh dari pesawat latih dan akhirnya meninggal dunia dengan cepat.

Kejadian ini berlangsung pada September 2014 silam. Seorang siswa dari sekolah penerbang Merpati Pilot School jatuh bersama pesawat yang dikendarainya saat melakukan latihan. Penyebab jatuhnya pesawat ini masih belum diketahui, namun beberapa orang memprediksi ada gangguan pada mesin atau kelalaian dari pilot yang mengendarainya.

Pesawat Latih Super Tucano Jatuh di Pemukiman – Malang

lensaterkini.web.id - Nasib Mujianto benar-benar apes ketika mendapati bangunan rumahnya hancur lebur dijatuhi pesawat Super Tucano buatan Brasil itu. Sebelumnya, pesawat yang digunakan untuk berlatih itu terbang rendah di pemukiman sebelum akhirnya jatuh dan menyebabkan warga yang sedang tidur di dalam rumah meninggal dunia dengan seketika.

Pilot dan co-pilot dari pesawat ini mengalami luka yang sangat parah hingga dilarikan ke rumah sakit. Sementara itu, tempat jatuhnya pesawat langsung menarik perhatian banyak orang. Letaknya yang di tengah kota membuat banyak orang berkumpul dan membuat jalur evakuasi bangkai pesawat sedikit tertutup dan sulit dilakukan.

Pesawat Latih Jatuh Akibat Cuaca Buruk – Banten

Bagi calon penerbang, bisa terbang ke udara dengan tangan dan kakinya sendiri adalah sebuah impian. Reza Muhammad Faruki juga memiliki impian itu meski akhirnya harus berakhir dengan sangat nahas. Pesawat yang dikendalikannya jatuh dan membuat nyawa beserta impiannya ikut kandas selama-lamanya.

Reza adalah seorang taruna penerbangan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Angkatan 2009. Sesuai dengan tingkatannya, Reza sudah diharuskan mampu mengendalikan pesawat sendiri. Sayangnya, saat mulai melakukan penerbangan cuaca di langit mendadak memburuk. Reza awalnya diminta untuk kembali ke bandara, namun komunikasi antara dia dan pihak bandara Soekarno-Hatta terputus hingga akhirnya berita jatuhnya pesawat tersebar dengan cepat.

Tragedi jatuhnya pesawat latih di atas hanyalah sebagian saja. Selain beberapa di atas masih banyak tragedi jatuhnya pesawat di Indonesia yang bahkan masih misterius dan tentunya meninggalkan duka mendalam. Semoga setelah jatuhnya pesawat latih di Cirebon itu, tidak akan ada lagi tragedi serupa dan menjadi evaluasi bagi maskapai maupun angkatan udara.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola