7 Fakta Tentang Ketombe Yang Tak Diketahui Orang Banyak

Memiliki ketombe jelas adalah salah satu masalah yang menjengkelkan. Ada metode perawatan rambut yang banyak beredar di masyarakat. Ingin sembuh jelas, namun perlu diingat bahwa sebenarnya ketombe tidak bisa disembuhkan secara total, akan tetapi masih bisa dikendalikan.

Banyak fakta yang mengejutkan tentang ketombe dan tidak banyak orang tahu. Nah, penasaran seperti apa? Berikut ulasannya!

Stres dapat memicu ketombe

lensaterkini.web.id - Ternyata stres merupakan salah satu penyebab ketombe. Tidak heran jika kondisi tersebut membuat daya tahan tubuh melemah sehingga virus penyakit akan berkembang biak dengan cepat.

Hal ini juga menjadikan jamur malassezia berkembang biak melebihi jumlah normal yang meningkatkan produksi sel kulit mati. Agar terhindar dari masalah ketombe, luangkan waktu untuk menenangkan diri.

Ketombe tidak disebabkan oleh kulit kepala kering

Jika kulit tubuh Anda kering dan terlihat pecah-pecah, Anda mungkin berencana untuk memberinya pelembab. Namun, hal ini tak berlaku untuk kulit kepala yang berketombe. Biasanya, ketombe justru disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak.

Jessica Wu, seorang dermatolog dari Los Angeles menjelaskan kesalahpahaman ini, di mana banyak orang yang mengira ketombe adalah akibat dari kulit kepala yang kering. Padahal faktanya, ketombe mulai muncul ketika kulit kepala mengandung banyak minyak dan menyebabkan kulit mati di kepala lebih mudah terkelupas.

Anda harus lebih sering keramas

lensaterkini.web.id - Umumnya dermatolog tak akan menyarankan Anda untuk keramas setiap hari, karena hal ini akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuat kulit kepala iritasi. Namun untuk urusan ketombe, lain lagi ceritanya.

Jarang keramas hanya akan membuat ketombe semakin merajalela di kepala Anda. Anda perlu membersihkan semua jamur dan minyak penyebab ketombe setiap hari untuk mencegah hal itu terjadi. Gunakan sampo khusus anti ketombe, serta kondisioner anti ketombe jika dibutuhkan.

Kulit kepala gatal belum tentu karena ketombe

Jika Anda tidak melihat adanya perkembangan setelah menggunakan sampo anti ketombe dan keramas setiap hari, maka kemungkinan besar gatal yang Anda rasakan bukan disebabkan oleh ketombe.

Bisa jadi rasa gatal itu merupakan reaksi alergi atau peradangan kulit. Jika ini yang terjadi pada Anda, sebaiknya segera minta bantuan pada ahli kulit. Karena sampo anti ketombe terbaik pun belum tentu bisa mengatasinya.

Ketombe juga bisa muncul pada kulit tubuh dan wajah

lensaterkini.web.id - Serpihan putih yang biasa disebut ketombe tak hanya bisa muncul di kulit kepala, tetapi juga di tempat lain, seperti alis mata, telinga, hidung, atau tempat lain di mana kulit tubuh menghasilkan banyak minyak. Jika Anda mengalaminya, gunakan saja sampo anti ketombe pada bagian-bagian itu saat Anda keramas.

Ketombe bisa dihilangkan, namun tak bisa dikontrol

Sayangnya, rambut yang mudah berketombe rentan terkena ketombe lagi meski telah berhasil dihilangkan. Namun, tentu Anda tak perlu menunggu hingga ketombe datang dan datang kembali untuk mengatasinya.

Anda bisa mencegah datangnya ketombe dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung seng (zinc) dan vitamin B. Hindari juga makanan berlemak jenuh yang memungkinkan tubuh Anda memproduksi minyak berlebih.

Ketombe tidak menular

lensaterkini.web.id - Takut meminjam sisir atau topi karena Anda punya sahabat yang berketombe? Atau Anda yang merasa rendah diri karena Anda berketombe dan teman Anda terlihat berhati-hati? Tak perlu parno berlebihan.

Ketombe adalah kondisi normal karena jamur yang hidup di kulit kepala. Ketombe tidak menular dan bukan permasalahan yang membahayakan kesehatan, namun pastinya harus diatasi agar tidak mengganggu percaya diri.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola