5 Tips Agar Pengantin Baru Cepat Memiliki Rumah Idaman

Untuk para pasangan muda di atas 20 tahun, punya hunian pribadi biasanya masuk dalam daftar impian yang ingin segera diwujudkan. Namun, harga uang muka dan cicilan yang tinggi, akhirnya mengurungkan niat untuk menggapai impian tersebut.

Padahal, kalau bersungguh-sungguh berniat untuk punya hunian sendiri, sebetulnya menabung untuk uang muka juga tidak terlalu memberatkan.

Kalau sudah tahu cara menabung yang tidak memberatkan, dana uang muka tak lagi mustahil untuk dikumpulkan. Apalagi, tinggal di Pondok Mertua Indah (PMI) belum tentu seenak tidur di rumah sendiri. Untuk itu, ada cara cepat untuk mendapatkan rumah bagi para pasangan baru. Berikut caranya seperti dilansir hipwee.com:

Sisihkan tabungan 20 persen per bulan

lensaterkini.web.id - Di awal bulan, sisihkan untuk tabungan rumah. Pastikan juga kebutuhan lain sudah dengan baik dialokasikan.

Meski awalnya agak berat menyisihkan setiap bulannya, tapi lama-kelamaan akan terbiasa. Sebab biasanya budget itu kamu gunakan untuk shopping atau sekadar jalan-jalan di akhir pekan. Tapi, berhemat ria demi rumah impian, tidak salah bukan?

Misalnya, gaji pasangan baru mencapai Rp 4 juta per bulan. Sisihkan sekitar Rp 800.000 per bulan, sehingga dalam 24 bulan sudah terkumpul Rp Rp 19,2 juta. Lumayan uangnya bisa digunakan untuk DP rumah.

Kurangi jajan di kafe atau restoran

Punya rumah sendiri kurang afdol kalau tidak diisi dengan perabotan. Setidaknya untuk budget perabotan harus segera disiapkan.

Untuk membeli perabotan, baiknya kurangi nongkrong cantik di kafe atau makan di luar. Kalau konsisten selama 6 bulan dulu saja, setidaknya 1 sofa bisa kamu beli. Untuk 6 bulan giliran kamu menabung untuk membeli kasur dan lainnya hingga nanti terkumpul sampai seharga kitchen set.

Perhitungannya, sekali nongkrong di kafe atau makan di restoran mencapai Rp 100.000. Sebulan bisa empat kali ke kafe. Hitung berapa pendapatan yang bisa disimpan dari cara ini. Kurang lebih dalam enam bulan bisa terkumpul Rp 2,4 juta.

Investasi emas

lensaterkini.web.id - Cara yang satu ini sayang banget kalau terlewatkan. Bisa dengan menabung untuk kemudian berinvestasi logam mulia. Caranya dengan membeli emas setiap dua bulan sekali yang harganya sekitar Rp 500.000-580.000 per gram. Nah, setidaknya dalam setahun bisa membeli 6 gram emas.

Nanti setelah 5 tahun, bisa kamu gadaikan dan uangnya bisa kamu gunakan untuk uang muka. Kenapa digadaikan? Karena dengan digadaikan kamu tetap bisa memiliki emas tersebut.

Beli rumah di daerah agak pinggiran

Layaknya pepatah, ada harga, ada rupa. Tapi bukan berarti rumah di pinggiran kota enggan dijadikan pilihan. Kalau jeli mencari, ada saja perumahan yang letaknya di pinggiran namun lokasinya relatif mudah dijangkau.

Asalkan mau menyediakan waktu luang untuk riset dulu sebelumnya. Lagi, jangan malas untuk mencari informasi dari teman, kerabat, dan keluarga tentang rumah murah dan strategis lokasinya.

Gelar pesta sederhana

lensaterkini.web.id - Memang, sudah jadi rahasia umum bahwa resepsi pernikahan di Indonesia, seringnya menjadi unjuk gigi status sosial. Namun, demi rumah impian di masa depan, sedikit melawan arus tidak disalahkan.

Biaya resepsi yang mencapai puluhan juta, baiknya dialokasikan untuk biaya uang muka. Kalau masih bersisa, digunakan untuk melunasi cicilan. Dengan begitu, ke depannya beban utang jauh lebih ringan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola