5 Rahasia Menarik Negara Mesir Kuno Bikin Kamu Tercengang

Bicara soal peradaban Mesir Kuno seolah memang tidak ada habisnya. Begitu banyak misteri menyelimuti peradaban yang eksotis ini. Mulai dari kisah kehidupan masyarakat dan kerajaannya, hingga berbagai legenda dan konsepnya tentang dewa-dewa.

Masih banyak studi tentang Mesir yang dilakukan dan perlahan terus membuka misteri yang masih menyelimutinya. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta dan rahasia tentang Mesir yang juga mulai terungkap.

Siapakah yang Membangun Piramida?

lensaterkini.web.id - Meski mitos yang yang berkembang bahwa Piramida dibangun oleh budak Israel, para pakar telah mengemukakan bahwa Piramida sebenarnya dibangung oleh para pekerja Mesir yang dibayar. Bukti menunjukkan bahwa sekitar 20 sampai 30 ribu buruh direkrut dari keluarga miskin di sekitar Mesir untuk menyelesaikan konstruksi raksasa ini dalam waktu 20 tahun.

Para buruh sangat dihormati atas kerjanya dan diberi makan layaknya bangsawan. Pekerjaan mereka juga sangat berat dan berbahanya, tapi mereka yang meninggal saat konstruksi dilakukan mendapatkan kehormatan untuk dimakamkan di dekat piramida yang suci.

Obat-obatan

Bangsa Mesir kuno dikenal akan pengetahuan mereka tentang obat-obatan. Begitu luas pengetahuan mereka tentang pengobatan sampai-sampai raja dari kerajaan lain datang dan meminta firaun mengirimkan dokternya untuk pengobatan mereka atau keluarganya sendiri.

Meskipun dokter bangsa Mesir punya pengetahuan yang luas tentang manfaat obat-obatan dari tanaman, pengobatan untuk penyakit masih memasukkan serta mantra magis. Selain pengobatan herbal, banyak obat lain juga berdasarkan sihir. Misalnya, dipercaya ketika mata babi digunakan dalam sebuah pengobatan, akan memindahkan kekuatan penglihatannya ke mata pasien.

Yesus dengan Versi yang Berbeda

lensaterkini.web.id - Pada tahun 2013, teks bangsa Mesir kuno telah diterjemahkan dan menceritakan ulang kisah penyalipan Yesus, tapi dengan alur yang berbeda. Naskah tersebut berasal dari 1.200 tahun yang lalu, dan menggambarkan Pontius Pilate, hakim yang memerintahkan eksekusi Yesus dengan gambaran yang berbeda.

Bukannya melakukan perjamuan terakhir dengan 12 muridnya, teks tersebut menceritakan bahwa Yesus melakukan makan terakhirnya dengan Pontius Pilate yang bahkan menawarkan anaknya sendiri untuk dikorbankan demi menyelamatkan nyawa Yesus. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi adalah tuduhan bahwa Yesus mampu mengubah wujudnya.

Ritual Untuk Menentukan Kemampuan Firaun

Setelah Firaun memimpin selama 30 tahun, mereka ikut andil dalam sebuah ritual yang aneh dikenal dengan nama Heb-Sed. Tujuannya adalah untuk membuktikan bahwa mereka masih punya kekuatan yang dibutuhkan untuk memimpin kerajaan.

Dalam upacara ini, mereka memakai pakaian berbentuk seperti rok pendek dengan ekor kerbau di punggungnya, dan mereka dipaksa untuk lari secepat mungkin mengelilingi lintasan balapan. Dalam awal praktik upacara ini, firaun manapun yang dianggap tidak bisa menyelesaikan tugas ini akan dikorbankan dan diganti dengan penerusnya yang lebih mampu.

Piramida Putih

lensaterkini.web.id - Ketika Piramida besar di Giza berhasil diselesaikan tahun 2560 SM, banunan megah ini dilapisi dengan permukaan yang halus batu kapur yang sudah dipoles sehingga terlihat bersinar di bawah sinar matahari yang terang. Namun sayang, pada tahun 1301 M, gempa bumi besar terjadi di Mesir dan merontokkan bebatuannya.

Puing-puing yang ada di luar piramida kemudian membuat pemimpin saat itu memerintahkan untuk menggunakan batu kapur yang ada untuk membangun masjid di Kairo. Meski menakjubkan, yang terlihat sekarang di Piramida Giza hanyalah bangunan intinya saja.

Mesir adalah sebuah peradaban menakjubkan yang hingga kini memang masih menarik untuk ditelusuri kisahnya. Dengan peninggalan-peninggalan luar biasa yang tersisa saat ini seperti piramida misalnya, seolah mengajak kita untuk mencari tahu, seperti apakah masyarakat yang tinggal di sana. Apalagi dengan segala legenda, mitos, dan kehidupan eksotisnya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola