5 Politisi Dengan Kehidupan Paling Tragis di Dunia

Menjadi politisi dan orang terpandang tidak serta merta memiliki kehidupan yang terus menerus enak. Banyak politisi dan juga pemimpin dunia yang hidup memprihatinkan dan tragis. Terlebih lagi, tidak sedikit para pemimpin dunia yang hidupnya penuh dengan perjuangan dan matinya secara mengenaskan. Pengkhianatan ini datang dari pihak oposisi, tentara sendiri dan juga lawan tanding dalam politiknya.

Well, siapa saja politikus dunia yang hidupnya sangat tragis dan mengenaskan? Tidak perlu panjang lebar, inilah dia daftar politikus dunia yang hidupnya paling tragis dan membuat miris.

Saddam Hussein

lensaterkini.web.id - Kisah hidup dari Saddam Hussein ini sungguh amat sangat tragis. Sebagai seorang politisi dan pempimpin di Irak hidupnya jauh dari ketenangan. Sebagai presiden Irak kelima Saddam Hussein telah kehilangan kedua putranya dalam peristiwa baku tembak. Setelah kedua putranya meninggal Saddam Hussein menjadi salah satu orang yang paling dicari karena diisukan memiliki nuklir.

Selang tidak lama setelah itu akhirnya Saddam Hussein ditemukan di sebuah bunker kecil dalam kondisi yang sangat memprihatinkan dan mengenaskan. Setelah ditangkap, Saddam Hussein diadili dan diputuskan bersalah. Saddam Hussein menerima hukuman gantung untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya. Peristiwa ini rupanya sempat bocor di netizen lewat sebuah video yang menampilkan prosesi hukuman gantung tersebut ke internet.

Benazir Bhutto

Benazir Bhutto merupakan politisi wanita pertama yang memegang jabatan sebagai perdana menteri di Pakistan. Semasa hidupnya, Bhutto adalah Pemimpin Partai Rakyat Pakistan atau yang bisa disingkat dengan PPP. Meskipun seorang wanita, Bhutto pernah menjabat sebagai perdana menteri Pakistan Selama 2 kali. Periode pertama pada tahun 1988-1990 dan periode yang kedua pada 1993-1996.

Sebagai seorang wanita tentu saja pihak oposisi dari Bhutto ini cukup banyak. Banyak pihak-pihak yang tidak terima seorang wanita memimpin Pakistan. Maka dari itu pada tahun 2007 saat Bhutto ingin mencalonkan lagi menjadi perdana menteri Pakistan dan melakukan kampanye di kota Islamabad, terjadi serangan mematikan dengan menggunakan bom dan tembakan yang bertubi-tubi. Serangan inilah yang mengakhiri kisah hidup dari perdana menteri perempuan pertama di Pakistan ini.

Selain kisah hidupnya sendiri, orang tua dan saudara-saudarinya juga rata-rata mengalami hidup yang penuh dengan ironi dan meninggal dengan mengenaskan. Meski demikian, dinasti keluarga Bhutto hingga kini masih ada, dilanjutkan oleh anak-anak Benazir dan saudara-saudarinya yang kini mulai ikut berkiprah dalam bidang sosial dan ilmu politik.

Patrice Lumumba

lensaterkini.web.id - Semasa hidupnya, Patrice Lumumba dikenal tak henti membela rakyat Kongo. Dengan perjuangan yang sangat berat akhirnya Kongo merdeka, dan tidak berlebihan jika Patrice Lumumba diberi julukan sebagai Bapak Kemerdekaan Kongo. Di sepanjang hidupnya Patrice Lumumba sangat prihatin dengan kehidupan masyarakat kulit hitam yang senantiasa diperlakukan sangat berbeda dengan mereka yang berkulit putih. Dengan Partai Nasional Kongo, Lumumba memerangi yang namanya kolonialisme di bumi Kongo.

Tidak hanya hidupnya saja yang penuh dengan kisah yang tragis, kematiannya tak kalah mengenaskan. Pada tanggal 1 Desember 1960, Lumumba ditangkap oleh militer pro-Mobutu dan dieksekusi 1 bulan kemudian. Mayatnya di mutilasi lalu dibakar hingga tak tersisa.

Amilcar Cabral

Hidup dari Amilcar Cablar ini sangat penuh dangan perjuangan dan kesengsaraan. Ia dikenal sebagai Bapak Kemerdekaan Guinea Bissau. Semasa hidupnya, politisi ini pernah kuliah di Lisbon University dan meraih gelar pertanian. Karena terjadi banyak kolonialisme oleh Portugis ahkhirnya Cabral memutuskan untuk menjadi pemimpin gerilyawan PAIGC.

Akhirnya dengan perjuangan yang keras, Guinea Bissau bisa lepas dari cengkraman Portugis. Namun sayang saat dirinya akan mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 20 Januari 1973, Cabral ditembak mati oleh seorang agen Portugis. Rakyat Guinea Bissau pun berkabung.

Ir. Soekarno

lensaterkini.web.id - Soekarno merupakan seorang history maker atau pembuat sejarah yang sangat sarat akan kontroversi. Semasa hidupnya, presiden Republik Indonesia yang pertama ini memperjuangkan kemerdekaan rakyatnya. Bersama dengan politisi dan tokoh-tokoh handal, Soekarno berhasil mengusir para penjajah dari Bumi Pertiwi.

Soekarno bersama dengan Moh. Hatta dikenal sebagai Bapak Proklamator Indonesia yang jasa-jasanya akan dikenang sampai kapanpun oleh penduduk Indonesia. Namun naas di akhir hidupnya, pengkhianatan dan usaha pelengseran dilakukan. Sampai saat ini masih menjadi teka-teki yang besar atas meninggalnya presiden RI yang akrab dipanggil dengan Bung Karno ini.

Meskipun para politisi di atas hidup dan meninggal dengan cara yang tragis namun mereka memiliki tempat tersendiri di hati rakyatnya. Karena perjuangan dan pengabdian yang seakan tiada minta balasan. Semoga arwah-arwahnya mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola