5 Negara Paling Bahagia di Afrika

Jujur saja, anggapan masyarakat dunia soal Afrika memang selalu buruk. Ya, negeri ini kental dengan stigma miskin, kelaparan, lemah dan sebagainya. Pandangan ini memang tak sepenuhnya bisa disalahkan melihat fakta yang ada. Namun, meskipun kental dengan anggapan seperti itu, Afrika juga layak disebut benua bahagia. Ya, jauh dari perhatian banyak orang, ternyata beberapa negara Afrika punya indeks kebahagiaan yang cukup tinggi.

Salah satu contohnya adalah Nigeria. Negara ini memang ada di peringkat 103 di daftar negara paling bahagia dan juga lekat sekali dengan pandangan buruk, tapi pada kenyataannya orang-orang sana hidup dalam kebahagiaan. Hal ini dibuktikan dari pendapatan per kapitanya yang lumayan serta dukungan masyarakatnya yang kuat. Nigeria pun masuk dalam 10 besar negara paling bahagia di Afrika.

Tentu tak cuma Nigeria, masih banyak daerah-daerah di Afrika yang berstatus negara bahagia. Siapa saja mereka? Simak ulasan lengkapnya berikut. Sebagai tambahan info, indikator negara bahagia ada beberapa hal, mulai dari pendapatan per kapita, social support, tingkat korupsi sampai kebebasan menentukan kehidupan sendiri.

Aljazair, Negara Paling Bahagia Se-Afrika

lensaterkini.web.id - Berdasarkan data yang dihimpun oleh World Happiness Report, Aljazair menempati posisi 38 negara paling bahagia di dunia. Posisi ini bisa dibilang mentereng lho, pasalnya banyak negara-negara besar yang di bawah peringkat ini. Misalnya Italia atau Jepang yang masing-masing menempati peringkat 50 dan 53.

Aljazair ada di peringkat 38 adalah hal yang pasti tidak pernah diduga banyak orang. Dulu negara ini memang jadi bulan-bulanan oleh Perancis di masa penjajahan. Namun, seiring bertambahnya waktu, Aljazair makin meroket dengan segala pencapaiannya. Pendapatan kapita dan social support jadi alasan kenapa negara ini meroket di peringkat 38 dan jadi yang paling bahagia di Afrika.

Mauritius Mengalahkan Indonesia Soal Kebahagiaan

Dengan segala hal yang Indonesia punya hari ini, mungkin kita bakal mengira kalau negeri ini bakal berada di jajaran atas negara paling bahagia. Namun faktanya, Indonesia cukup terpuruk di peringkat 79. Kita kalah dengan negara-negara lain termasuk Mauritius yang ada di peringkat 66.

Mauritius selama ini selalu dipandang sebelah mata. Apalagi rumor-rumor soal kehidupan prihatin di sana yang membuat negara ini kental pula dengan stigma buruk. Mauritius adalah negara yang bahagia pada kenyataannya. Hal tersebut didasari dari pendapatan per kapita yang tinggi serta rasa puas akan pemerintah lantaran korupsi yang minim sekali.

Libya, Negeri Ngeri Tapi Bahagia

lensaterkini.web.id - Tentang Libya, mungkin kita mengira negara ini penuh dengan nestapa. Ya, setelah runtuhnya sang pemimpin, Muamar Kaddafi, Libya seolah jatuh sejatuh-jatuhnya. Namun, siapa sangka perlahan namun pasti negara ini bangkit dan akhirnya berhasil memperbaiki segalanya.

Salah satu bukti jika Libya mulai bangkit adalah bercokolnya mereka di peringkat 67 negara paling bahagia di dunia, atau juara tiga di Afrika. Tak hanya ekonomi yang membuat negara ini bisa mendapatkan peringkat lumayan tapi juga rasa sosial masyarakatnya yang kuat.

Somalia, Si Negeri Perompak yang Berbahagia

Dari semua negara di Afrika yang kental dengan stigma buruk, Somalia adalah yang paling sering disebut-sebut. Ya, negara ini dikenal sangat buruk bahkan jadi salah satu destinasi yang harus dihindari jika ke Afrika. Bahkan jika tidak cukup dengan itu, negara ini juga disebut negerinya perompak. Segala kesan buruk lekat dengan negara satu ini, walaupun kalau dilihat dari datanya, Somalia termasuk negara bahagia.

Ya, kalau dilihat dari skala Afrika, Somalia adalah negara paling bahagia nomor 4 di benua itu. Sedangkan di dunia, mereka berada di peringkat 76 dan mengalahkan banyak negara besar termasuk Indonesia. Secara ekonomi mungkin Somalia tak begitu bagus, tapi ada alasan lain yang jadi penyebab negara ini mendapatkan peringkat bagus. Hal tersebut adalah social support dan kebebasan untuk menentukan hidup.

Tunisia Pun Masuk Negara Paling Bahagia di Afrika

lensaterkini.web.id - Dibandingkan dengan negara-negara Afrika lainnya di daftar ini, peringkat kebahagiaan Tunisia di dunia terpaut sangat jauh. Ya, dari data yang ada, negara ini menduduki posisi 98 dari 157 negara paling sumringah di dunia. Meskipun begitu, kalau parameternya adalah Afrika, Tunisia jadi yang paling bahagia nomor lima.

Pendapatan per kapita yang lumayan membuat Tunisia bisa mendapatkan peringkat bagus di Afrika. Selain itu, indeks kebahagiaan yang lainnya cenderung rata-rata. Nah, kembali soal peringkat, meskipun Tunisia menempati posisi 98 dunia, tapi setidaknya ia masih lebih beruntung dari negara-negara besar lainnya, macam Iran, India, dan Mesir.

Negara-negara Afrika mungkin kental dengan stigma negatif yang berhubungan soal kebahagiaan. Tapi, nyatanya, kalau dianalisa dengan berbagai parameter, ternyata mereka sama sekali tidak menyedihkan. Beberapa negara misalnya Aljazair dan Mauritius terbukti memiliki peringkat yang cukup tinggi dan mengalahkan negara-negara yang kesannya sangat bahagia, termasuk Indonesia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola