5 Kisah Wanita Menyanmar Yang Jadi Pria Demi Sebuah Impian

Setiap orang pasti memiliki mimpi yang ingin dicapai, termasuk para wanita. Hanya saja, karena beberapa alasan tertentu, wanita kadang tidak bisa begitu saja melakukan apa yang diinginkannya karena bidang yang diminati kerap meremehkan kemampuan yang dimiliki kaum hawa.

Padahal, setiap ilmu dan bidang harusnya tidak membedakan jenis kelamin. Lalu, apa yang harus perempuan lakukan untuk masuk ke bidang tersebut dan meraih kesuksesannya? Baca lima kisah wanita yang menyamar jadi pria berikut ini demi menggapai mimpi dan kesuksesannya, yuk!

Wanita Irlandia Hidup Sebagai Pria demi Belajar Kedokteran

lensaterkini.web.id - Dr. James Barry terlahir dengan nama asli Ann Bulkley di Irlandia pada tahun 1792. Pendidikan di negaranya tinggal saat itu tidak mengijinkan kaum wanita untuk belajar di universitas. Namun, ia tidak tinggal diam dan malah mengubah identitasnya menjadi ‘James Barry’ pada tahun 1809 demi pergi ke Edinburgh untuk belajar kedokteran dan sastra.

Bulkley menjadi dokter pada tahun 1812 dan menjadi seorang wanita pertama yang menjabat profesi tersebut. Di tahun berikutnya, ia memenuhi syarat untuk masuk di Royal College of Surgeons dan ditugaskan di Angkatan Darat sebagai Resimen Assistant. Ia juga bergabung menjadi dokter militer dan sebagai dokter bedah pribadi Gubernur Cape, Lord Carles Somerset. Di sinilah identitasnya terbongkar dan dia menjalin asmara dengan sang gubernur hingga melahirkan seorang anak.

Seorang Wanita Mengubah Penampilannya Demi Mengikuti Civil War

Frances Clalin lahir di Illionis pada tahun 1830-an dan pernah menyamar menjadi seorang pria untuk mendaftarkan dirinya di tentara Union. Ia menggunakan nama Jack William selama menjadi pejuang Civil War alias perang saudara di Amerika. Untuk menyembunyikan identitasnya tersebut, ia belajar semua kebiasaan yang dilakukan oleh lelaki, seperti minum hingga merokok.

Postur tubuhnya yang tinggi, membuat penampilannya begitu maskulin. Namun, setelah pertempuran Stone River pada tahun 1863 identitasnya mulai terbongkar. Ia terluka dan gugur pada pertempuran tersebut dan meninggalkan banyak kenangan di kalangan para pejuang Civil War.

Penulis Sci-Fi Jadi Laki-Laki Demi Kesuksesan

lensaterkini.web.id - Siapa yang tidak kenal dengan seorang penulis James Tiptree. Ia merupakan seorang penulis fiksi ilmiah yang terkenal di masanya. Beberapa media menyebutkan bahwa ia merupakan orang yang sulit dipahami. Bahkan, ia juga hanya memberikan satu wawancara dalam perjalanan karirnya. Selanjutnya, ia hanya berkomunikasi dengan para pembaca dan rekannya melalui surat dan tak mau bertemu secara pribadi.

Namun, suatu hari terjadi kehebohan di kalangan komunitas fiksi ilmiah. Tiptree diketahui sebagai seorang perempuan yang telah memalsukan identitasnya menjadi seorang lelaki. Ia menggunakan nama ‘Tiptree’ yang didapatkannya dari botol selai sedangkan nama ‘James’ sendiri digunakan sebagai nama samaran lelakinya. Bukan tanpa alasan, ia melakukan hal tersebut karena editor pernah menolak tulisannya dikarenakan ia adalah seorang perempuan.

Musisi Jazz Menggapai Impiannya Dengan Menjadi Laki-Laki

Bagi para penggemar Jazz, pasti tak asing lagi dengan sosok Billy Tipton. Ya, ia adalah seorang pianis dan pemain saksofon yang sangat berbakat. Wanita yang menyamar menjadi pria ini lahir pada tahun 1914 di Oklahoma City. Ia dikenal sebagai ayah yang ramah dan sayang kepada tiga anak angkatnya.

Sepanjang perjalanan karirnya, ia pernah menggelar konser biola dan belajar musik di Kansas City. Namun, saat usianya 16 tahun, ia mengubah identitasnya menjadi laki-laki dengan harapan dapat meningkatkan peluang suksesnya. Identitasnya terungkap setelah ia meninggal dunia. Ia bahkan tak mengubah jenis kelaminnya meski telah berdandan layaknya laki-laki.

Rela Berpose Layaknya Pria Untuk Memenangkan Judo

lensaterkini.web.id - Rena “Rusty” Kanokogi menyamar sebagai pria untuk bersaing di arena judo. Kala itu, ia menjadi satu-satunya wanita yang berhasil memenangkan kejuaraan judo di Seoul sebagai perwakilan Amerika Serikat.

Ia lahir pada tahun 1935 di Brooklyn dan berlagak layaknya seorang lelaki di New York State YMCA. Pada tahun 1962, ia melakukan perjalanan ke Tokyo untuk berlatih Kodokan dan menjadi wanita pertama yang bertarung dengan laki-laki di sana. Di sanalah ia akhirnya meraih kesuksesan dan bertemu dengan suaminya, Ryohei Kanokogi.

Nah, itulah lima kisah wanita yang menyamar menjadi pria demi menggapai kesuksesannya. Jadi, mumpung kita di era modern yang tidak lagi membatasi kegiatan dengan jenis kelamin, let’s reach your dream!

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola