5 Hasil Tambang Termahal Yang Ada di Dunia

Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagi kehidupan manusia, seperti bahan dasar infrastruktur, kendaraan bermotor, sumber energi, maupun sebagai perhiasan. Berbagai jenis bahan hasil galian memiliki nilai ekonomi yang besar dan hal ini memicu eksploitasi sumber daya alam tersebut.

Beberapa negara, seperti Indonesia dan Arab, memiliki pendapatan yang sangat besar dari sektor ini. Jumlahnya sangat terbatas, oleh karena itu penggunaannya harus dilakukan secara efisein. 5 Hasil Tambang Paling Mahal Di Dunia.

1. Plutonium

lensaterkini.web.id - Logam Radio aktif yang mampu mengubah seorang Bruce Banner menjadi HULK dan menjadi tenaga penggerak bagi Tony Stark untuk dapat menggunakan baju besi saktinya yang lebih kita kenal sebagai IRON MAN, merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pu dan nomor atom 94. Ia merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam aktinida dengan penampilan berwarna putih keperakan.

Pada tahun 1945 kota Nagasaki dan Hirosima sudah pernah merasakan betapa tidak sedapnya rasa dari senjata yang dibuat dari bahan dasar logam yang satu ini. Karena Menjadi bahan dasar untuk pembuatan senjata nuklir, sangat reaktif, sangat langka, sangat berbahaya dan menjadikan Plutonium sebagai raja dari hasil tambang paling mahal di dunia.

2. Uranium

Sama halnya dengan Plutonium, Uranium Juga merupakan bahan dasar pembuatan Bom atom, dengan tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, uranium termasuk ke dalam seri aktinida (actinide series). isotopnya 235U digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dan senjata nuklir. Uranium biasanya terdapat dalam jumlah kecil di bebatuan, tanah, air, tumbuhan, dan hewan (termasuk manusia).

Sifat radio aktif dari logam jenis ini dapat memicu perubahan kode DNA kita. Bayangkan, jika mahluk hidup terkena dampak radiasi dari benda ini, bisa-bisa seekor sapi betina berubah bentuk menjadi kambing jantan berkepala lima saking kuatnya pengaruh benda ini dalam memacu reaksi mutasi genetik terhadap mahluk hidup.

Mungkin hanya Superman, Chuck Noris dan Sipitung saja yang mampu memegannya dengan tangan telanjang tanpa terkena dampak dari radiasinya yang sangat kuat. Satu gram uranium memiliki kandungan energi setara dengan satu gerbong batu bara. Waw, dahsyat bukan. Pantas saja jika logam yang satu ini, meskipun sangat berbahaya dan langka tetap saja dicari untuk kepentingan sumberdaya energi, itulah yang membuatnya menjadi salah satu hasil tambang paling mahal di dunia.

3. Intan

lensaterkini.web.id - Jika pohon beringin merupakan lambang partai golkar, maka berlian sendiri adalah Lambang keabadian dan keindahan. Pernahkah anda membaca suatu artiket tentang pena termahal di dunia, hand phone termahal di dunia, bahkan celana dalam termahal di dunia, itu semua di karenakan benda benda tersebut telah ditempeli dengan batu nan cantik ini, coba saja kalo tidak percaya, lepas semua berlian dari Hand Phone tersebut, maka nilainya akan langsung jatuh nyungsep seperti Dono Warkop yang apes pada saat naik sepeda yang rem-nya Blong.

Itu membuktikan bahwa betapa besarnya pengaruh batu yang satu ini dalam meningkatkan derajat dan status benda yang ditempelinya, baik itu celana dalam termahal di dunia, ataupun jari manis anda.

Berlian sendiri di kenal sebagai lambang keabadian bukan tanpa sebab, batu yang satu ini mendapatkan predikat seperti itu karena secara sifat kebendaan dia sangat keras, bahkan pernah dianggap sebagai benda paling keras di dunia, makanya berlian tidak dapat rusak karena memiliki tingkat kekerasan melebihi benda lainnya, walaupun anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

4. Platinum

Banyak orang menganggap bahwa Platinum adalah emas putih, padahal anggapan seperti itu sangat salah, saking salahnya bisa-bisa anda dimarahi dan diusir keluar dari kelas oleh guru kimia jika anda masih ngotot menggunakan jawaban tersebut dalam mengisi lembar ujian IPA pada saat ulangan umum.

Lalu apa bedanya antara Platinum dan Emas? Emas merupakan elemen kimia dengan nomor atom 79 yang memiliki symbol Au, berasal dari bahasa latin, Aurum yang artinya bersinar terang. Emas murni berwarna kuning mengkilat, jika emas murni tersebut dicampurkan dengan Palladium, atau dalam bahasa populernya logam alloy, maka ia akan menampilkan evek visual berwarna putih.

Nah itu yang di sebut dengan emas putih. Sedangkan platinum sendiri adalah jenis logam yang Kira-kira 12% lebih padat dibanding emas untuk per 1g/cm3. Logam golongan ini merupakan golongan logam terlangka yang bisa ditemukan di lapisan bumi.

Sekitar 2-10 ton bijih besi diperlukan untuk mendapatkan 1 ounce Platinum murni. Walaupun Emas dan Platinum sama sama tidak mudah teroksidasi, atom platinum bersifat lebih kalalytic dibanding atom emas. Sebuah lapisan emas, jika tergores (tergores disini dalam arti mikro, bukan goresan yang kasat mata), atom-atom emas ini akan benar-benar hilang, meninggalkan daerah kosong yang tidak ditempati oleh atom emas.

Goresan mikro pada emas putih, jika dibiarkan kelamaan, akan menimbulkan efek kuning kumal yang kasat mata. Beda halnya dengan platinum. Jika sebuah lapisan platinum tergores (secara micro), atom- atom nya tidaklah benar benar hilang, namun cuma bergeser tempat. Artinya, atom platinum masih ada. Inilah alasan, setelah beberapa lama, sebuah perhiasan emas perlu disepuh kembali agar tetap kelihatan mengkilat seperti baru. Untuk menyepuh emas, diperlukan logam tambahan, sesuai dengan jenis emas apa yang anda miliki.

Dalam proses penyepuhan ini (dalam kimia disebut elektroplating), kita benar- benar menambahkan atom baru ke emas tersebut. Biasanya, emas putih akan disepuh dengan nikel atau rhodium. Berbeda dengan platinum yang tidak perlu disepuh. Perhiasan platinum yang terlihat tidak kinclong lagi, cukup dibawa ke toko/ahli perhiasan.

Disana, si ahli perhiasan cuma akan mem-polish/burnish platinum anda, tanpa menambahkan bahan lain ke perhiasan platinum anda. Karena sifat inilah, platinum menjadi lebih favorit dibanding emas. Perhiasan emas memang lebih murah, namun biaya pemeliharaannya akan jauh lebih besar dibanding perhiasan platinum. Jadi, jika uang anda berlebih, memang lebih baik membeli perhiasan platinum.

Sama halnya seperti Berlian, Platinum juga sangat membantu dalam mengangkat derajat dan martabat benda yang ditempelinya.

Coba anda perhatikan para penyayi R&B yang biasa nongol di televisi anda, sambil berteriak Yoo My Broo dan berjingkrak jingkrak, terdapat sebuah benda mirip kalung dengan bandulan yang sangat besar serta diikat dengan rantai yang tidak kalah besarnya menggelantung di leher mereka, tidak hanya itu, bahkan kadang kala gigi mereka juga sudah berubah warna, mirip seperti warna benda yang menggelantung tersebut, itulah perhiasannya para rapper OKB (orang kaya baru) yang terbuat dari Platinum. Menjadikan pembuktian bahwa mereka sudah berubah menjadi penyanyi yang sangat sukses, karena mampu membeli kalung rantai kapal terbuat dari platinum.

5. Emas 

lensaterkini.web.id - Emas yang dimaksud di sini bukanlah sebutan untuk memanggil pria jawa yang memiliki kumis menawan, melainkan sebutan yang kita berikan kepada sebuah unsur logam mulia yang memiliki penampilan kuning kinclong.

Logam Mulia, dua kata yang dapat membuat ibu-ibu rumah tangga tersenyum lebar x panjang sama dengan luas. Emas sendiri merupakan jenis logam yang sejak dahulu sudah dimuliakan oleh nenek moyang kita. Sejak jaman Firaun masih belum disunat pun emas sudah sangat dimuliakan oleh umat manusia. Semua simbol positif cenderung dikaitkan dengan jenis benda yang satu ini, contohnya adalah istilah berhati emas ditujukan untuk mendeskripsikan seseorang yang baik. Singkat kata semua suka emas, mama suka emas, papa suka emas, kakak suka emas, teteh juga suka emas.

Pertanyaannya kenapa emas menjadi sangat berharga? Hampir semua jenis logam itu kuat dan keras, tetapi ada satu kelemahannya, yaitu KARAT, jika logam terkorosi, maka bentuk dan aromanya menjadi tidak sedap, membuat nilai dan fungsinya menjadi menurun, disitulah kelebihan emas sebagai bagian dari unsur logam, dia memiliki sifat anti karat. Emas murni sering di istilahkan dengan sebutan emas 24 karat merupakan 24/24 emas, atau 100% emas murni.

Tidak hanya itu, jumlah emas yang ada pun terbilang sedikit, dia termasuk dalam kategori jenis logam yang langka, oleh sebab itu menjadikan nilainya semakin bertambah. Bayangkan jika ketersediaan emas melimpah, manusia dapat membuat alat masak dari emas, atap rumah dari emas, bahkan pengganjal pintu dari emas, maka emaspun pasti akan menjadi berkurang nilainya, oleh karena ketersediannya yang sedikit makanya manusia rata2 menggunakannya hanya untuk perhiasan dan benda investasi, terlebih lagi penampilannya menarik karena sifat kilaunya. Nah, itulah 5 Hasil Tambang Paling Mahal Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola