5 Fakta Sangar Kekuatan Militer Indonesia di Masa Bung Karno

Indonesia mungkin tidak mentereng dalam berbagai hal. Tapi yang pasti kalau soal militer, negara kita sangat diakui kualitasnya. Kalau berkaca pada indeks yang dibuat Global Fire Power, Indonesia menempati peringkat 14 dunia hari ini. Turun peringkat memang, namun masih mengungguli negara-negara besar termasuk Israel, Korut, bahkan sang mantan penjajah, Belanda.

Soal militer, Indonesia memang sangat diakui lebih-lebih kalau kita berkaca di tahun 50-60an ketika bangsa ini masih dipimpin oleh Presiden Soekarno. Ya, di masa itu militer Indonesia ini sangar lho. Bahkan mungkin bisa dibilang salah satu negara paling kuat di dunia. Belanda pun kalau seumpama melawan kita lagi, mereka bakal keok. Alasan kenapa militer Indonesia begitu jemawa ketika itu tak lain lantaran alutsista kita benar-benar edan. Dari semua lini baik darat, laut, dan udara, alutsista kita sangat banyak dan semuanya adalah produk-produk terbaik.

Indonesia kala itu memang benar-benar macan dan sangat ditakuti, bahkan oleh negara sekelas Amerika. Nah, untuk menumbuhkan rasa kebanggaan itu lagi, kali ini mari kita kuak kembali deretan-deretan fakta soal alutsista gila kita di masa lalu.

Indonesia Punya KRI Irian yang Bikin Belanda Kencing di Celana

lensaterkini.web.id - Hari ini mungkin armada laut kita biasa-biasa saja. Namun, di masa Bung Karno, kekuatan angkatan laut NKRI adalah salah satu yang paling mematikan di dunia. Hal tersebut tak lain karena eksistensi sebuah kapal maha dahsyat bernama KRI Irian. Dilihat dari dimensinya kapal satu ini begitu besar. Panjang tubuhnya sekitar 210 meter dengan lebar 22 meter. KRI Irian juga jadi kapal terberat kala itu dengan bobot mencapai 16.640 ton.

Hal yang membanggakan soal KRI Irian bukan hanya ukuran tapi juga kemampuan bertempurnya. Kapal ini memiliki sistem persenjataan mengerikan dengan adanya 12 meriam masif di beberapa titik. Tak hanya itu, ada juga beberapa buah triple gun untuk mengatasi serangan udara serta slot tabung torpedo untuk menghajar kapal selam musuh.

Indonesia Pernah Mengoleksi Banyak Pesawat Tempur Terbaik

Tak hanya sangat garang di laut, Indonesia dulu juga begitu berjaya di angkasa. Penyebabnya tak lain karena kita memiliki deretan pesawat tempur terbaik saat itu. Setidaknya ada empat jenis pesawat tempur sangar yang pernah kita miliki. Mulai dari MiG-21, MiG-15, MiG-17, serta yang paling mentereng di zamannya, si MiG-19.

Deretan pesawat-pesawat ini adalah yang paling canggih dan mematikan di masanya dan hanya dimiliki beberapa negara saja. Yang bikin bangga lagi, kita memiliki deretan pesawat itu banyak sekali. Masing-masing lebih dari 10 unit. Dengan kekuatan udara macam ini, tak heran kalau Belanda sudah seperti upil bagi NKRI.

Tu-16 Badger, Pesawat Pembom Mematikan yang Pernah Dimiliki Indonesia

lensaterkini.web.id - Selain deretan pesawat tempur terbaik, tercatat juga kalau Indonesia pernah memiliki beberapa unit pesawat Tu-16 Badger. Pesawat ini sungguh spesial karena apa yang dilakukannya benar-benar sangar. Tu-16 adalah pesawat bomber tapi juga bisa dipakai untuk berbagai hal. Mulai misi intelijen, patroli dan lain sebagainya.

Di masa itu, hanya beberapa negara saja yang bisa mendapatkan pesawat ini. Indonesia sendiri berhasil mendapatkan Tu-16 lantaran hubungan yang sangat apik dengan Soviet, si negara pembuat. Meskipun memiliki kemampuan istimewa dan mematikan, pesawat ini dimuseumkan dengan cepat seiring dengan berakhirnya masa kepresidenan Bung Karno.

Indonesia Punya Banyak Kapal Selam Mematikan

Tak hanya KRI Irian, kekuatan laut Indonesia juga didukung oleh deretan kapal selam mematikan yang pernah dimiliki negeri ini. Kalau melihat catatan yang ada, di masa Bung Karno Indonesia punya sekitar 12 kapal selam kelas Whiskey. Meskipun jumlahnya hanya belasan, tapi ini sudah sangat mematikan apalagi ketika itu tak banyak negara yang punya kapal selam.

Soal kemampuan, kapal selam ini benar-benar gila. Tak hanya mampu melesat dengan kecepatan tinggi, tapi juga punya daya hancur yang mengerikan. Sayangnya, meskipun sangat hebat, kapal selam ini malah dimuseumkan dini. Alasannya tidak jelas, tapi ada yang bilang karena teknologinya sudah ketinggalan zaman.

Mi-6, Helikopter Gila yang Juga Pernah Dipunyai Indonesia

lensaterkini.web.id - Dukungan udara Indonesia tak hanya datang dari deretan pesawat tempur atau armada bomber Tu-16, tapi juga helikopter tangguh bernama Mi-6. Mi-6 adalah salah satu helikopter paling ampuh di masanya. Dilihat dari dimensinya, helikopter ini adalah tipe kelas berat untuk tugas-tugas ekstrem. Mulai dari mengangkat logistik dalam jumlah masif, kendaraan tempur, sampai satu kompi pasukan.

Hal yang menyenangkan soal Mi-6 ini adalah kemampuannya manuvernya yang sangat oke dan mumpuni. Mi-6 sangat stabil meskipun ia mendarat di area yang tak rata. TNI Pernah membuktikannya sendiri kalau Mi-6 punya kegaharan itu. Selain itu, berkat spesifikasi mesin yang gahar, Mi-6 juga sanggup dioperasikan pada cuaca yang sangat ekstrem sekalipun.

Dengan semua alutsista ini, sepertinya memang tak mengherankan kalau NKRI pernah sangat ditakuti. Berani macam-macam, Indonesia bakal menghajarnya dengan deretan pesawat tempur serta kapal selam mematikan yang dimiliki. Belanda pernah merasakan kekuatan Indonesia yang gila seperti ini. Ketika itu, mereka mencoba ingin merebut Papua Barat namun pada akhirnya berhasil digagalkan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola