5 Fakta Sangar Jet Tempur F-35 Lighting II Yang Harus Dimiliki Indonesia

Selain Sukhoi dan Gripen, Lockheed Martin adalah salah satu pabrikan pesawat yang namanya paling mentereng di dunia. Selama ini, mereka selalu konsisten menciptakan masterpiece yang bisa dibilang oke punya.

Mulai dari F22 atau F16 yang masih jadi andalan banyak negara di dunia hingga saat ini. Tak berhenti berinovasi, Lockheed tetap menggila dengan merilis pesawat terbaru mereka yang pamornya sudah sangat luar biasa. Ya, pesawat ini bernama F-35 Lightning II.

Pesawat ini adalah generasi terbaru dari jet tempur varian F Lockheed Martin. Lantaran ini adalah yang paling gres, maka tentu saja F-35 dibekali dengan banyak hal gila dan paling mutakhir. Entah itu hal-hal fundamental macam manuver, sampai jejalan perangkat-perangkat berbasis IT yang terintegrasi.

Tak hanya itu, soal harga, katanya banderol F-35 ini juga masih cukup terjangkau. Lebih jauh tentang jet tempur sangar ini, berikut adalah fakta-fakta F-35 yang pasti akan membuatmu berharap Indonesia memilikinya juga.

Pesawat Dengan Kemampuan Manuver Paling Mumpuni

lensaterkini.web.id - Sebelum mulai dipasarkan seperti sekarang, F-35 telah melewati banyak sekali fase uji coba serta perbaikan. Bisa dikatakan F-35 sudah benar-benar sempurna dalam segala hal, terutama soal manuver. Ya, pesawat ini bisa dibilang salah satu jet tempur dengan kemampuan terbang paling oke.

F-35 bisa meliuk-liuk sangat mudah dan sesuai dengan kehendak pilotnya. Tak hanya itu, kemampuan manuver ini juga dilengkapi dengan kecepatan yang sangat mumpuni. Bahkan saking cepatnya, F-35 pun sanggup untuk melakukan misi stealth alias pengintaian.

Memiliki Sistem Komunikasi Terbaik

Komunikasi adalah hal yang mutlak harus ada di dalam sebuah pesawat khususnya tipe tempur. Karena berhasil atau tidaknya misi juga tergantung pada alat ini. Soal komunikasi, F-35 tentu menyematkan hal ini, dan kalau kita bicara alat komunikasi tercanggih, maka F-35 lah pemiliknya sekarang.

Ya, pesawat ini dijejali dengan sistem komunikasi super canggih yang bisa terintegrasi sangat baik antara satu dan lainnya. Tak hanya antara pesawat saja, tapi juga markas bahkan alutsista darat dan laut. Ditambah lagi sistem komunikasi F-35 ini super secure alias sangat aman. Pabrikan lain sepertinya patut iri dengan fitur unggulan Lockheed Martin satu ini.

F-35 Sempurna Untuk Semua Misi

lensaterkini.web.id - Pesawat satu ini diciptakan dengan sangat sempurna karena bisa melakukan hampir semua misi. Untuk combat, F-35 bisa melakukan air-to-air mission dan juga air-to-ground mission. Semua pesawat tempur memang bisa melakukan ini, namun F-35 bisa melakukannya jauh lebih baik berkat adanya banyak komponen pendukung.

Tak hanya itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pesawat tempur ini juga mampu melakukan misi pengintaian. Berkat desain serta sematan mesin oke, pesawat ini bisa terbang tanpa terdeteksi. Untuk misi pengintaian, pesawat ini juga dilengkapi dengan 360 degree view sehingga pilot bisa melihat semua hal.

Kemampuan Terbang Vertikal

Salah satu kemampuan oke lain dari F-35 adalah kemampuannya untuk terbang secara vertikal. Jadi, pesawat ini sama sekali tak perlu jarak untuk terbang landas. Ia hanya membutuhkan space sedikit untuk terbang ke atas.

Hal ini tentu saja sesuatu yang sangat menguntungkan. F-35 langsung bisa take action sewaktu-waktu di mana pun mereka berada. Sangat praktis dan ini akan turut membantu misi terselesaikan dengan lebih sempurna karena waktu yang digunakan untuk langsung terjun ke misi hanya sebentar sekali.

Harganya Ternyata Masih Masuk Akal

lensaterkini.web.id - Dengan kemampuan serta besutan teknologi yang sangat mumpuni ini, kita pasti mengira kalau F-35 bakal dibanderol dengan sangat mahal. Kesannya memang seperti itu, walaupun ternyata tidak. Ya, pesawat super canggih ini ternyata bisa diboyong dengan harga yang masih sangat masuk akal untuk sebuah jet tempur.

F-35 memiliki setidaknya tiga varian yang masing-masing dibanderol dengan kisaran harga antara $98-116 juta. Cukup masuk akal kalau melihat apa yang bisa dilakukan pesawat ini. Indonesia sepertinya harus mempertimbangkan untuk memboyong pesawat ini. F-35 pasti jadi pasangan yang sangat oke untuk menemani Sukhoi terbaru TNI.

Inilah fakta-fakta keren F-35. Pesawat yang saat ini jadi perbincangan dunia lantaran kemampuannya yang benar-benar sangar. Indonesia lagi-lagi sepertinya memang perlu membeli beberapa unit pesawat ini. Tak hanya sebagai koleksi saja, tapi karena apa yang bisa dilakukan F-35 pasti akan membantu sangat banyak bagi negara.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola