5 Acara Televisi Indonesia Yang Kena Tegur KPI

Televisi  merupakan hiburan yang tak bisa dipisahkan dengan kita. Setiap hari, televisi pasti kita tonton. Bahkan televisi selalu senantiasa menyala menemani kita setiap pagi, mempersiapkan diri untuk berangkat beraktifitas. Dari berita tentang negeri sendiri, atau mengenai artis kesayangan, lengkap tersedia. Pun hiburan yang membuat kita tertawa setelah melepas penat seharian.

Namun, belakangan tak sedikit program acara yang mendapat teguran dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Hal ini dikarenakan, acara-acara program tersebut menayangkan hal-hal yang dapat membawa pengaruh buruk bagi masyarakat yang menontonnya. Wah, acara apa saja ya yang pernah dicolek oleh KPI?

Program Baru Ibunda Raffi Ahmad

lensaterkini.web.id - Pelan-pelan namun pasti, Raffi Ahmad membawa semua keluarganya untuk memasuki dunia hiburan. Setelah sukses membawa adiknya, Syahnaz hingga menjadi pemain sinetron pendatang baru, kini giliran sang mama, Amy Qanita. Beberapa waktu yang lalu, Amy mendapat program acara sendiri yang bertajuk ‘Rumah Mama Amy‘. Belum lama tayang, acara ini kena sentil KPI.

Hal ini terjadi saat Mama Amy mewawancarai seorang anak tentang konflik di keluarganya. Hal ini dinilai KPI merupakan suatu pelanggaran. “Mewawancarai seorang anak mengenai hal-hal di luar kapasitas mereka untuk menjawab (seperti perceraian, konflik keluarga, dan lainnya) seperti itu tidak dapat ditayangkan.” jelas pihak KPI.

Acara Musik dengan Kuis-kuis

Dahsyat baru saja memenangkan penghargaan sebagai Program Pagi Terpopuler 2016 pada Indonesian Television Award. Namun, bukan tanpa kendala, program ini pun beberapa kali kena teguran oleh Komisi Penyiaran Indonesia. Dahsyat dengan tegas ditegur oleh KPI lantaran ulah Zaskia Gotik yang menyebut PANCASILA dengan sebutan ‘bebek nungging’.

Namun, hal ini terulang lagi ketika acara ini mengadakan kuis-kuis yang bertajuk ‘Seberapa Peka’ di mana terdapat adegan beberapa orang ditutup matanya dan mencium kain pel kemudian diminta untuk menebak benda tersebut. KPI Pusat menilai acara demikian tidak layak untuk ditayangkan. Hal ini dikarenakan bertentangan dengan norma kesopanan yang berlaku di masyarakat. Wah, iya juga ya.

Program Musik Pagi

lensaterkini.web.id - Selain Dahsyat, program musik pagi hari lainnya pun tak luput dari teguran KPI. Adalah Inbox, acara musik pagi yang dibawakan oleh Andhika Pratama dan Gading Marten ini juga sempat disemprit oleh Komisi Penyiaran Indonesia.

Hal ini dikarenakan di dalam program acara tersebut sering ditampilkan para selebritis pria yang menggunakan pakaian wanita. KPI menilai ini tak pantas ditayangkan dan dikhawatirkan ditiru oleh pelajar-pelajar yang menonton acara pagi ini sebelum mereka berangkat ke sekolah.

Program Hiburan yang Sering Kena Colek KPI

Tak hanya satu, namun lebih dari 40 hal yang dinilai KPI tak pantas ditayangkan dalam acara hiburan Pesbukers. Seperti yang kita ketahui, Pesbukers merupakan acara lawak di mana para pemain awalnya, yaitu Olga Syahputra, Jessica Iskandar, Raffi Ahmad, Denny Cagur dan Oppie Kumis bercanda tanpa skenario untuk menghibur sambil menunggu buka puasa sejak tahun 2011.

Gaya lawakan Pesbukers dinilai sering melenceng dari perundang-undangan KPI. Meski cukup banyak hal yang dinilai sebagai pelanggaran, namun Pesbukers masih ditayangkan hingga kini. Tak hanya itu, selain pemainnya semakin banyak, jam tayang dari program ini juga menjadi lebih lama.

Berbagai Acara Ramadan

lensaterkini.web.id - Saat bulan Ramadan, setiap stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan acara yang berbau islam. Untuk menemani sahur, atau santai hingga waktu berbuka tiba, acara-acara Ramadan ini memenuhi jadwal tayang di layar kaca. Sayangnya, acara Ramadan pun rupanya tak luput dari cubitan dari KPI.

Acara Ramadan yang pernah kena tegur KPI antara lain, Pesbukers Ramadan yang sempat menayangkan Zaskia Gotik sedang goyang nyolot yang mengarahkan bagian dadanya pada pria. Ada juga acara Majelis Sakinah, yang dalam salah satu episodenya membahas masalah malam pertama pria dan wanita. Juga acara OVJ Sahur Lagi yang terdapat adegan mendorong seorang pria hingga menabrak wanita yang ada di depannya. Semua hal di atas dinilai KPI sebagai tayangan yang tidak pantas.

Semakin banyaknya acara yang kena cubit ini membuat KPI sangat prihatin. KPI mengharapkan semua media bisa lebih memahami tentang UU Penyiaran. KPI menyatakan akan memberikan Punishment dan Apresiasi pada media televisi. Nah, kapan nih program acara kita jadi lebih pintar dan mendidik?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Movies
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola