4 Pulau Paling Indah di Indonesia Bikin Kamu Ingin Mengunjunginya

Berbeda dengan wilayah perbatasan darat yang bisa dilihat dan diukur dengan jelas. Kawasan perbatasan laut di Indonesia masihlah sangat rawan. Bahkan 60% dari total batas wilayah laut masih belum jelas. Keadaan ini bisa menimbulkan adanya konflik perebutan wilayah kekuasaan yang beberapa waktu lalu terjadi di kawasan Natuna.

Untuk mengatasi hal ini, Departemen Pertahanan harus lebih serius membudayakan pulau-pulau terluar di Indonesia. Setidaknya pulau yang berpotensi akan dijadikan area konflik bisa dipetakan, diberi nama, dan dikelola dengan sangat baik. Anyway, kalau kamu ingin mendatangi pulau-pulau terluar di Indonesia, beberapa destinasi di bawah ini bisa dijadikan referensi.

Pulau Enggano

lensaterkini.web.id - Secara administratif, Pulau Enggano berada di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Pulau terluar ini memiliki luas sekitar 397 km persegi dan terbagi menjadi 6 buah desa adat yang masih sangat tradisional dan menjaga alamnya hingga sampai sekarang di Pulau Enggano masih memiliki hutan yang sangat lebat dan menyimpan flora dan fauna yang sangat unik.

Pantai-pantai di Pulau Enggano sangatlah indah. bahkan kamu bisa menemukan lima jenis pantai mulai dari yang berpasir, berlumpur, pasir berkarang, pasir berkarang dan berlumpur serta pantai berkarang batu. Saat ini akses ke Pulau Enggano sudah semakin mudah. Setiap hari ada kapal yang membawa berlayar sejauh 156 km lepas pantai Bengkulu untuk bisa sampai ke Pulau Enggano yang keindahannya bisa membuatmu tidak ingin pulang.

Pulau Maratua

Pulau Maratua adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan kawasan Malaysia dan Filipina. Letak pulau ini berada dalam wilayah Berau, Kalimantan Timur atau sekitar beberapa menit perjalanan menggunakan perahu boat dari kawasan Pulau Kakaban yang memiliki keindahan bahwa laut dan juga keunikan danaunya yang memiliki ubur-ubur tidak beracun.

Pulau Maratua berbentuk seperti huruf V yang terbalik. Daratan memanjang dari dua sisi dan di tengahnya ada pulau lagi yang lebih kecil. Mengunjungi Pulau Maratua akan membuatmu merasakan sensasi nikmatnya berendam di air laut, diving, dan snorkeling dengan pemandangan laut yang sangat memukau. Saat ini kawasan Pulau Maratua sudah mulai di kelola dengan baik bahkan ada satu resort mewah yang siap memanjakanmu ketika datang.

Pulau Fani

lensaterkini.web.id - Pulau terluar selanjutnya yang ada di kawasan Indonesia adalah Pulau Fani. Terletak di kawasan Papua atau tepatnya Kabupaten Sorong dekat dengan Raja Ampat. Pulau ini berbatasan langsung dengan Palau yang merupakan sebuah negara berwujud negara kecil. Saat ini Pulau Fani dijaga oleh satuan TNI AL karena kawasan ini sangat rawan tindakan pelanggaran wilayah perbatasan.

Di kawasan Pulau Fani kamu akan mendapatkan banyak sekali pantai-pantai yang masih sangat alami. Letaknya yang sangat terpencil membuat pulau ini jarang sekali dikunjungi oleh banyak orang. Bahkan diperkirakan penduduk di kawasan ini hanya ada belasan KK yang kadang datang dan pergi sesuai dengan musim.

Pulau Dana

Selama ini kita mengenal Pulau Rote sebagai pulau paling luar di selatan Indonesia. Padahal pulau paling selatan justru Pulau Dana yang berjarak hanya 4 kilometer dari Pulau Rote. Pulau kecil yang menjadi satu dari 92 pulau terluar di Indonesia ini tidak berpenghuni. Meski demikian potensi wisata yang ada di pulau ini sangatlah besar. Setidaknya di kawasan padang savana Pulau Dana ada banyak Rusa Timor yang masih hidup dan mempertahankan eksistensinya.

Selain padang savana yang oleh pemerintah setempat dikembangkan untuk tempat penangkaran. Di pulau ini juga terdapat sebuah danau yang cukup unik bernama Danau Merah. Selanjutnya kawasan pantai sekitar Pulau Dana juga sangat indah dengan pasir putih dan lautan berwarna biru jernih. Saat ini Pulau Dana dijaga oleh beberapa aparat dari TNI karena rawan direbut oleh Australia.

Inilah beberapa pulau terluar di Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa. Semoga pulau-pulau ini bisa terus dijaga atau dikelola dengan baik agar tidak direbut oleh negara lain.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola