7 Sirkuit Balap Yang Paling Angker di Dunia

Ajang balap merupakan salah satu cabang olahraga yang paling berbahaya di dunia. Terlebih lagi jika ajang tersebut diselenggarakan di sirkuit dengan handicap dan kesulitan tinggi.

Namun, ada beberapa sirkuit di dunia yang sengaja di buat tricky dengan kesulitan tinggi untuk membuat jalannya balap di sirkuit tersebut menjadi lebih menarik. Meski sukses menyajikan tontonan seru, sirkuit-sirkuit tersebut malah memiliki sisi lain yang menyajikan bahaya kecelakaan yang bisa mengancam nyawa pebalap yang ikut serta di dalamnya.

Berikut 7 Sirkuit Balap Paling Angker Di Dunia dan berbahaya bagi keselamatan pebalap yang menyebar di berbagai belahan dunia.

1. Isle of Man TT - Isle of Man

lensaterkini.web.id - Mungkin beberapa dari Anda kurang mengetahui sirkuit bernama Isle of Man TT yang diselenggarakan di salah satu pulau kecil bernama Isle of Man yang masih menjadi bagian dari Inggris raya. Sirkuit yang menggunakan jalan perkotaan ini sempat memiliki popularitas mendunia pada periode awal 1990an, hal ini karena sirkuit ini dianggap menjadi ajang paling seru untuk balap motor dan mobil kala itu.

Namun, unsur keamanan yang kurang layak di sirkuit ini membuat banyak nyawa pebalap terenggut. Tercatat lebih dari 200 pebalap harus meregang nyawa saat mengikuti ajang balap di sirkuit tersebut. Oleh karena itu, baik FIA ataupun FIM sudah tidak menggunakan sirkuit Isle of Man TT sejak 1976. Sampai saat ini, Isle of Man TT dikenal sebagai sirkuit balap paling angker di dunia.

2. Nurburging - Jerman

Sirkuit Nurburging yang berada di Jerman juga tersohor dengan kekejamannya terhadap setiap pebalap yang beraksi di atas aspalnya. Sirkuit dengan karakteristik cepat dan memiliki beberapa tikungan tajam serta turunan dan tanjakan ini memang menjadi sirkuit paling tricky di dunia.

Sirkuit dengan julukan ' The Green Hell' ini memang telah menyebabkan banyak kecelakaan balap, salah satu yang paling diingat adalah yang menimpa legenda F1, Niki Lauda pada tahun 1976. Saat ini sirkuit Nurburging juga mulai ditinggal ajang balap Formula 1 yang mana FIA lebih memilih sirkuit Hockenheim sebagai tempat penyelenggaraan Formula 1 di Jerman.

3. Imola - Italia

lensaterkini.web.id - Sirkuit balap paling membahayakan di dunia adalah sirkuit Imola yang berada di San Marino, Italia. Salah satu kejadian memakan korban jiwa di sirkuit ini yang paling terkenal adalah meninggalnya pebalap legendaris Ayrton Senna fi tikungan Tamburello di tahun 1994.

Memang sirkuit Imola ini memiliki bentuk lintasan yang didominasi tikungan cepat. Namun yang berbahaya adalah tidak adanya area gravel di pinggir lintasan yang cukup luas sehingga tidak ada jebakan kecepatan jika ada pebalap yang melebar keluar lintasan.

4. Rally Dakar - Paris

Lintasan Rally Dakar yang membentang dari Paris hingga Senegal merupakan salah satu lintasan balap paling mematikan di dunia. Kombinasi cuaca panas, lintasan gersang, dan waktu balap berhari-hari membuat banyak pebalap yang gugur di lintasan Reli Dakar ini.

Hingga saat ini sudah lebih dari 40 pebalap yang meninggal selama mengikuti Rally dakar. Bahkan setelah dipindah ke Amerika Selatan, kompetisi balap ini juga hampir memakan korban setiap tahunnya.

5. Indianapolis Motor Speedway - AS

lensaterkini.web.id - Indianapolis Motor Speedway merupakan salah satu sirkuit besar di Amerika Serikat yang memiliki popularitas di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari pernah digunakannya sirkuit ini untuk ajang besar seperti Nascar, Formula 1, hingga MotoGP.

Namun, sirkuit Indianapolis ini merupakan salah satu sirkuit yang dibenci para pebalap, karena sirkuit yang berlawan arah jarum jam dan siksaan G-Force yang harus di derita pebalap sepanjang balap berlangsung karena sirkuit ini memiliki satu tikungan melengkung berkarakteristik cepat. Selain itu, setidaknya sirkuit Indianapolis sampai saat ini sudah menelan 42 nyawa pebalap yang berkompetisi di sana.

6. Monza - Italia

Satu lagi sirkuit di Italia yang dikenal keganasannya, yaitu sirkuit Monza. Sirkuit ini memang memiliki karakteristik sangat cepat sehingga sangat berbahaya bagi pebalap yang melakukan kesalahan. Salah satu sirkuit tertua di dunia yang sampai saat ini masih digunakan untuk ajang balap Formula 1 ini juga sudah merenggut 42 nyawa pebalap.

7. Daytona International Speedway - AS

lensaterkini.web.id - Daytona International Speedway merupakan salah satu sirkuit Nascar paling angker di Amerika Serikat. Sirkuit ini tercatat telah merenggut 20 pebalap selama digunakan sebagai ajang Nascar.

Salah satu kecelakaan paling terkenal di sirkuit ini adalah kecelakaan yang menimpa Dale Earnhardt pada tahun 2001 di ajang Daytona 500. Saat ini Dale menghantam tembok dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam yang mana langsung merenggut nyawanya. Nah, itulah 7 Sirkuit Balap Paling Angker Di Dunia. semoga menambah wawasan anda.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Sport
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola