6 Keajaiban Alam Berwarna Merah Yang Menakjubkan

Alam bisa menghadirkan keindahan yang menakjubkan. Tanah yang lazimnya berwarna cokelat dan air yang seharusnya jernih tak berwarna, bisa menjadi hijau, kuning, ungu, bahkan merah karena kuasa alam. Fenomena-fenomena geologis tersebut membuat manusia takjub.

Kali ini kami menghadirkan 6 Keajaiban Alam Yang Berwarna Merah. Ada Tanah Merah di China, dan Danau Darah yang misterius di Irak. Penasaran? Simak ulasannya yang kami kumpulkan dari berbagai sumber berikut.

1. Danau Natron, Tanzania

lensaterkini.web.id - Danau Natron merupakan danau garam yang berlokasi di utara Tanzania, dekat dengan perbatasan Kenya. Air danau ini bersumber dari Sungai Ewaso Ng'iro dan mata ir panas mineral di dekatnya.

Kedalamannya hanya sekitar tiga meter. Yang menjadikannya unik adalah permukaan danau ini tampak seperti planet Mars yang kita bayangkan dalam cerita-cerita fiksi. Berwarna merah terang dengan permukaan penuh retakan.

Warna merah yang unik tersebut timbul karena tingkat evaporasi yang tinggi. Seperti halnya danau berkadar garam tinggi lain di dunia, kandungan garam di air danau ini menjadi habitat sempurna dari halofili, mikroorganisme yang menghasilkan pigmen merah untuk berfotosintesis.

Sayangnya kondisi lingkungan danau tersebut tak ramah untuk makhluk hidup lain. Wilayah sekitar danau sangat gersang. Selain itu danau ini mengawetkan bangkai hewan-hewan yang mati di sana seperti mumi.

2. Tanah Merah Dongchuan, China

Tanah Merah Dongchuan terletak di Kota Xintian, 40 km dari Kunming. Di sana terbentang ratusan meter persegi tanah merah yang sangat unik. Dongchuan disebut sebagai tanah tembaga sejak berabad-abad lalu.Pemandangan di tempat itu tampak seperti lukisan sureal, dengan tanah berwarna merah yang diselingi terasering berwarna hijau dan kuning.

Menurut China Travel, karena iklim yang basah, unsur besi dalam tanah di Dongchuan jadi meningkat dari tahun ke tahun dan akhirnya menghasilkan warna merah terang seperti yang Anda lihat dalam gambar di atas. Tempat ini merupakan lokasi favorit para fotografer untuk mengambil gambar.

3. Pantai Merah, Panjin, China

lensaterkini.web.id - Tempat berjuluk pantai merah ini berlokasi di Dawa, Panjin, China. Pantai ini terkenal karena hamparan rumput merah yang menutupi seluruh permukaan. Warna merah tersebut berasal dari tanaman Suaeda salsa, rumput langka yang mampu hidup dalam lingkungan dengan kadar alkalin tinggi.

Saat musim gugur rumput-rumput di sana berubah merah, menjadikan seluruh permukaan pantai seperti hamparan permadani berwarna merah. Saat seperti ini biasanya banyak turis yang berkunjung. Tetapi karena sebagian besar wilayah Pantai Merah merupakan kawasan konservasi, jadi hanya sebagian kecil saja yang terbuka untuk umum.

4. Danau Darah, Sadr, Irak

Danau reservoar yang terletak di dekat kota Sadr, Irak ini sempat menarik perhatian dunia ketika fotonya yang diambil dari satelit beredar di dunia maya.Dilihat dari ketinggian, danau ini memiliki warna merah terang seperti kolam darah berukuran besar.

Tak diketahui pasti kenapa danau tersebut bisa memiliki warna demikian. Ada yang berpendapat kalau warna tersebut disebabkan mikroorganisme halofili, efek polusi, dan ada pula yang menduga warna merah mengerikan tersebut berasal dari kandungan besi dan tembaga yang tinggi dalam air danau.

Walaupun begitu beredar pula kabar yang menyebutkan kalau warna merah tersebut benar-benar berasal dari darah hewan yang konon merupakan limbah dari rumah-rumah jagal di sekitar danau.

5. Pantai merah, Pulau Pangeran Edward, Kanada

lensaterkini.web.id - Prince Edward Island atau Pulau Pangeran Edward dalam bahasa Indonesia merupakan provinsi terkecil di Kanada. Keunikan pantai di pulau ini adalah pasirnya yang berwarna merah. Hampir seluruh bagian pantai di pulau tersebut memiliki warna merah gelap yang cantik.

Sekarang taman ini menjadi bagian dari MacKerricher State Park. Warna merah tersebut disebabkan karena kandungan iron oxide yang tinggi. Karena itu pantai Pulau Pangeran Edward disebut pula dengan nama red sand shore atau pantai pasir merah.

6. Air Terjun Darah, Antartika

Air Terjun Darah yang ada di benua es Antartika merupakan suatu fenomena alam langka. Curahan air terjun ini berwarna merah seperti sungai darah yang mengalir di antara salju. Aliran serupa darah ini ternyata merupakan lelehan es dengan kadar garam tinggi yang mengalir dari Gletser Taylor di bagian timur Antartika.

Awalnya warna merah air terjun tersebut diduga karena sejenis ganggang berwarna merah, tetapi kemudian diketahui kalau air di sana mengandung zat besi yang tinggi. Nah, itulah 6 Keajaiban Alam Yang Berwarna Merah. semoga menambah wawasan anda.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola