5 Pejuang Revolusi Paling Hebat Yang Mengubah Dunia Dengan Tangannya

Keadaan suatu masyarakat tidak akan berubah tanpa adanya revolusi. Dengan revolusi yang berapi-api dan menggebrak semua aturan yang mengikat, hak hidup semua orang akan terpenuhi. Penindasan demi penindasan yang membuat warga menderita akan lenyap dan berganti menjadi pemerintahan baru yang jauh lebih adil dan bijaksana.

Dalam sejarah dunia, kita mengenal banyak sekali nama yang berjuang mati-matian tanpa kenal lelah untuk negerinya. Mereka melakukan apa saja termasuk mempertaruhkan jiwa dan juga raga agar revolusi yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Berikut lima pejuang revolusi yang mampu mengubah dunia dengan tangannya.

1. Mahatma Gandhi

lensaterkini.web.id - Tidak bisa diragukan lagi kalau Mahatma Gandhi adalah salah satu pejuang revolusi paling berpengaruh di dunia. Dia berjuang dengan sekuat tenaga selama bertahun-tahun agar India bisa lepas dari genggaman Inggris yang telah berpuluh-puluh tahun membuat koloni di India hingga penduduk tidak memiliki banyak kebebasan untuk berkembang.

Apa yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi menginspirasi banyak tokoh dunia agar bisa lepas dari penjajahan. Mahatma Gandhi adalah simbol perlawanan kepada penjajah yang dikagumi meski akhirnya akhirnya dia meninggal dunia karena dibunuh.

2. Soekarno

Kita tidak boleh melupakan perjuangan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Presiden pertama kita itu memberikan segalanya untuk negeri ini dan membuat sebuah revolusi besar agar bebas dari genggaman Belanda yang melakukan kolonialiasi selama lebih dari 3,5 abad lamanya.

Melalui tangan Soekarno, Indonesia bisa bangkit dan akhirnya menjadi sebuah negara yang berdaulat. Melalui ide-ide brilian dari Soekarno pula muncul organisasi besar dunia seperti gerakan non blok yang sangat dihormati. Soekarno adalah pejuang revolusi yang namanya sudah layak disejajarkan dengan Mahatma Gandhi hingga Nelson Mandela.

3. Nelson Mandela

lensaterkini.web.id - Perjuangan revolusi tak hanya dilakukan di kawasan Asia dan Amerika saja. Negara-negara di Afrika khususnya Afrika Selatan juga melakukannya. Salah satu tokoh yang sangat terkenal dalam gerakan ini adalah Nelson Mandela. Dia memperjuangkan hak masyarakat kulit hitam agar lebih diperlakukan adil dan praktik apartheid bisa dihapuskan dari Afrika Selatan.

Perjuangan yang dilakukan oleh Nelson Mandela tentu saja tidak mudah. Dia berkali-kali mendapatkan tentangan dari pemerintah. Bahkan, dia sempat dipenjara karena aksinya yang dianggap sangat mengganggu pemerintahan. Akhirnya, perjuangan hebat dari Nelson Amndela tercapai hingga dia menjadi presiden dari Afrika Selatan.

4. Emilio Agunaldo

Nama Emilio Agunaldo barangkali masih sangat asing di telinga kita semua. Namun, dia adalah salah satu pejuang hebat revolusi yang membuat Filipina jadi merdeka. Tak ubahnya seperti Soekarno, Emilio juga berjuang mati-matian agar negerinya bisa bebas dari belenggu penjajahan tentara Spanyol.

Selain berjuang untuk pembebasan Filipina dari Spanyol. Emilio yang juga dikenal sebagai presiden pertama Filipina ini juga melawan perang antara Filipina dan Amerika berpuluh tahun yang lalu. Emilio berjuang dengan sekuat tenaga hingga akhirnya meninggal dunia pada tahun 1964 pada usia 95 tahun.

5. Fidel Castro

lensaterkini.web.id - Fidel Castro mampu mampau menyatukan semua kekuatan masyarakat. Dia membangun sebuah tatanan masyarakat yang kompleks hingga mampu menggulingkan dinasti yang sedang berkuasa di Cuba kala itu.

Inilah lima pejuang revolusi terhebat yang mampu mengubah dunia degan tangannya. Tanpa pejuang ini, dunia mungkin masih dipenuhi ketertindasan hingga ketentraman yang sangat didambakan tidak akan pernah terjadi.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola