5 Fakta Menarik Negara Kecil Armenia Yang Dipandang Sebelah Mata

Dari sekian banyak negara yang ada, nama Armenia bisa dibilang sangat jarang disebut. Memang apa menariknya sih negara dengan luas hanya 29,7 ribu kilometer atau tak lebih besar dari Jawa Tengah, dan berpenduduk hanya sekitar 3 juta orang ini? Sekilas kita mungkin berpikir kalau Armenia adalah negara yang sangat biasa dan begitu-begitu saja. Padahal ketika diselami, kita pasti akan sangat terkagum-kagum dengan apa yang ada di dalamnya.

Ya, tanpa banyak yang tahu, ternyata Armenia adalah negara pemilik sejuta keunikan yang takkan bisa ditemui di negara lain, termasuk Indonesia. Salah satunya misalkan Etchimiadzin yang merupakan gereja pertama di muka Bumi. Tempat ini sudah dibangun sejak awal abad keempat dan masih eksis sampai hari ini. Tak hanya itu, masih banyak fakta unik lain tentang Armenia yang mungkin belum kamu ketahui. Simak ulasannya berikut.

Bangsa Armenia Adalah Pembuat Wine Pertama

lensaterkini.web.id - Soal wine tua dan berkualitas, kita pasti mengasosiasikannya dengan Perancis. Perancis memang sering dikait-kaitkan soal wine, tapi kalau kita bicara sejarah, negeri menara Eiffel itu ternyata bukanlah siapa-siapa soal anggur. Ya, siapa sangka jika Armenia lah bangsa yang pertama kali menciptakan wine.

Orang-orang Armenia diklaim sebagai kreator wine paling pertama. Jauh sebelum orang lain berpikir bagaimana cara mengelola anggur, penduduk Armenia sudah terbiasa meneguk wine yang disajikan di gelas-gelas cantik. Dengan fakta ini kita juga bisa bilang jika Armenia juga adalah pemilik anggur terbaik sampai hari ini.

Pink City, Kota Unik yang Hanya Bisa Dijumpai di Armenia

Meskipun negaranya tak begitu besar, tapi kita akan selalu punya banyak pilihan objek wisata yang pasti bisa bikin mata terbelalak. Salah satunya adalah dengan mengunjungi kota Yerevan yang juga dikenal dengan nama Pink City.

Ya, seperti namanya, banyak sekali bangunan di kota ini yang berwarna merah muda alias pink. Uniknya, warna pink itu sendiri bukan tercipta lantaran proses tangan manusia melainkan alam. Diketahui bebatuan yang dipakai sebagai bahan bangunan diambil dari lava vulkanis yang secara alami mengeluarkan warna unik seperti itu.

Masyarakat Sangat Memuja Gunung Ararat

lensaterkini.web.id - Gunung bagi sebagian orang tak hanya sekedar pemandangan cantik saja, melainkan lebih dari itu. Jepang misalnya, orang-orang negeri matahari terbit ini sangat memuja Gunung Fuji. Tak hanya dikeramatkan, gunung indah ini juga dianggap sebagai salah satu simbol negara. Nah, tak hanya orang-orang Jepang saja yang memuja gunungnya, Armenia pun demikian.

Ya, orang-orang di negara unik ini begitu menjunjung tinggi gunung bernama Ararat. Ia dianggap sebagai simbol penyelamat karena dipercaya sebagai tameng dari segala bencana. Tak hanya itu, gunung ini juga dianggap suci karena dipercaya sebagai tempat singgahnya kapal Nabi Nuh. Uniknya, meskipun masyarakat Armenia begitu mencintai Ararat, gunung ini sendiri aslinya tak berada di wilayah Armenia. Ya, Ararat ternyata masuk wilayah Turki.

Catur Jadi Pelajaran Wajib Siswa Armenia

Soal pendidikan, ada satu hal unik di Armenia yang takkan bisa dijumpai di mana pun. Percaya tidak percaya, orang-orang Armenia sangat suka catur sehingga memasukkan permainan ini dalam salah satu kurikulum pendidikan di sana. Bukan ekstrakurikuler, ini adalah pelajaran wajib yang harus ditempuh setiap siswa.

Pelajarannya sendiri tidak begitu jelas bentuknya, tapi yang jelas mata pelajaran ini ada ujiannya. Kira-kira seperti apa ujian pelajaran caturnya? Sepertinya kita harus ke sana langsung untuk mencari tahu tentang hal tersebut.

Armenia = Wanita Cantik? Tentu Saja!

lensaterkini.web.id - Masih ada satu lagi fakta unik tentang Armenia yang pasti akan makin mengejutkanmu. Soal wanita, negara satu ini juga bisa dibilang sebagai salah satu negara yang paling banyak wanita cantiknya. Kalau tak percaya, silakan coba ke sana dan lihatlah sekeliling. Dijamin bakal bingung sendiri karena begitu banyak yang cantik-cantik berseliweran.

Soal karakteristik, wanita Armenia biasanya tinggi dan bertubuh padat. Kulit mereka seperti perpaduan antara Eropa dan Timur Tengah. Kalau sulit membayangkan, coba tengok Kim Kadarshian dan saudara-saudaranya. Kurang lebih seperti itulah wanita-wanita Armenia.

Inilah fakta-fakta unik tentang negara kecil satu ini. Siapa sangka jika Armenia yang jarang jadi pembicaraan ini menyimpan hal-hal luar biasa. Soal berkunjung ke sana, kita dijamin akan mendapatkan banyak kemudahan. Alasannya, pemerintah Armenia sama sekali tak membeda-bedakan antara turis dan warga lokal, terutama soal tarif dalam hal apa pun.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola