4 Fakta Menarik Dibalik Kasus Arcandra di Indonesia

Pemberhentian Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM menjadi sorotan. Sejumlah pihak prihatin, Presiden Joko Widodo dan timnya tidak memeriksa latar belakang menterinya lebih dulu sebelum mengangkat seseorang menjadi menteri.

Tokoh Minangkabau menjadi salah satu yang protes keras terhadap pencopotan Arcandra. Tokoh Muda Minangkabau Andre Rosiade meminta pertanggungjawaban Presiden Joko Widodo soal pemberhentian Arcandra. Sebagai orang Minangkabau, dirinya mengaku sangat kecewa dengan perlakuan Presiden Jokowi terhadap Arcandra.

"Komitmen Arcandra yang merupakan putra Minangkabau sejak awal seharusnya tidak perlu diragukan. Dengan kemampuan luar biasa, Arcandra meninggalkan segala yang diraihnya ketika dipanggil Presiden Jokowi sebagai Menteri ESDM," kata Andre.

Mantan rekan sejawatnya di kabinet pun memberikan pembelaan mengenai Arcandra. Dia adalah Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan. Menurut Menko Luhut, program yang diusung oleh Arcandra selama 20 hari menjabat tersebut sangat memungkinkan untuk dilanjutkan karena mengedepankan kepentingan Indonesia.

"Saudara Arcandra harus diakui punya kelebihan. Selama ini kita tidak tahu, harga mahal-mahal. Tetapi dia bisa bikin harga murah, kita harus apresiasi," ujarnya. Di balik polemik Arcandra, ternyata dia meninggalkan sejumlah cerita yang disebut baru pertama ada di Indoensia. Apa saja? Berikut merdeka.com akan merangkumnya untuk pembaca.

Menteri dengan masa jabatan tercepat

lensaterkini.web.id - Presiden Joko Widodo akhirnya memberhentikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar. Keputusan ini diambil menyusul polemik dwi kewarganegaraan, Amerika Serikat dan Indonesia.

Ini merupakan sejarah baru yang ditorehkan oleh Arcandra. Sebab Arcandra belum genap sebulan menjabat sebagai Menteri ESDM. Arcandra masuk lingkaran Kabinet Kerja jilid II pada 27 Juli 2016 menggantikan Sudirman Said. Mensesneg Pratikno menyebut alasan Presiden Jokowi memilih Arcandra karena ahli di bidangnya.

Orang asing pertama jadi menteri

Anggota DPR komisi I DPR Syarif Hasan mengatakan baru pertama kali dalam sejarah ada orang asing menjadi menteri di Indonesia.

"Jadi selama mengembalikan paspor (ke AS) sampai clear itu berarti ada orang Amerika naik jadi menteri di Indonesia," terangnya.

"Langsung hari ini dikembalikan, kan tidak bisa tiba-tiba selesai urusan di Amerika. Kan ada proses ya. Berarti dalam sejarah, Indonesia pernah mengangkat orang Amerika jadi menteri," tambah dia.

Penghemat proyek ESDM

lensaterkini.web.id - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan memuji kinerja Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meski baru 20 hari bekerja. Menurutnya, Arcandra sukses melakukan penghematan di sejumlah proyek ESDM.

"Penghematan yang dilakukan beliau adalah yang selama ini gagal kita lakukan. Untuk kasus Masela, misalnya, hitungan beliau berhasil menurunkan biaya dari angka USD 20 miliar menjadi USD 15 miliar. Ini penghematan yang luar biasa besar.

Penghematan biaya pengembangan IDD laut dalam Makassar juga akan kita teruskan. Mahakam juga akan kita teruskan," ucap Menko Luhut. Menko Luhut mengatakan bahwa mantan Menteri Arcandra mempunyai kelebihan yang tidak diketahui masyarakat umum.

Pembuat kebijakan seumur jagung

Presiden Joko Widodo sudah memberhentikan Arcandra Tahar dari jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Keputusan ini menyusul kasus kewarganegaraan pria kelahiran Padang itu. Arcandra diketahui ternyata merupakan warga negara Amerika Serikat. Lalu bagaimana dengan kebijakan yang dikeluarkan Arcandra (selaku WN Amerika) selama 20 hari menjabat Menteri ESDM?

"Menurut saya sebagai mantan legislator yang dulu saya ikut mengetahui pembahasan UU Kewarganegaraan, kebijakan yang dikeluarkan Arcandra selama menjadi menteri ESDM itu batal demi hukum," ujar pakar ekonomi yang kini menjadi Dewan Pakar BIN, Dradjad Wibowo.

Seperti diketahui, saat menjadi menteri ESDM, Arcandra sudah mengeluarkan kebijakan strategis. Salah satunya memberikan izin perpanjangan ekspor konsentrat kepada PT Freeport Indonesia.

Rekomendasi perpanjangan persetujuan ekspor konsentrat Freeport diperpanjang hingga 11 Januari 2017, setelah izin ekspor konsentrat Freeport habis pada 8 Agustus 2016. ESDM memberikan Surat Persetujuan Ekspor (SPE) ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada 10 Agustus 2016.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola