10 Gedung Pencakar Langit Yang Terbaik Di Dunia

Baru-baru ini Emporis, perusahaan yang mengkhususkan diri dalam gedung pencakar langit, mengeluarkan penghargaan tahunan yaitu 10 gedung pencakar langit terbaik di dunia. Skyscraper Award telah dikeluarkan sejak tahun 2000. Berikut adalah 10 Gedung Pencakar Langit Terbaik Di Dunia.

1. The Shard, Inggris

lensaterkini.web.id - Gedung Pencakar langit pertama yang terbaik di dunia adalah The Shard di London, Inggris. Gedung setinggi 306 meter ini punya 73 lantai. Yang unik dari gedung ini adalah ujungnya yang seperti puncak es, mencuat tajam.

Ujung ini mampu menyampaikan cahaya untuk masuk ke dalam gedung saat siang hari dan merefleksikan cahaya dari dalam gedung secara maksimal saat malam hari. Gedung yang didesain oleh Renzo Piano Building Workshop ini juga punya taman yang asri dan ventilasi alami.

2. DC Tower, Austria

Dari jauh, bentuknya unik, tidak rata melainkan seperti bergelombang. DC Tower di Wina, tidak cuma menawarkan bentuk yang indah, namun penggunaan yang bisa menghemat banyak energi.

Gedung Pencakar Langit setinggi 250 meter dan memiliki 60 lantai ini terbuat dari kaca sehingga tidak perlu lampu saat siang hari. Gedung ini juga menawarkan sistem air yang hemat di toilet dan kamar mandinya.

Tentunya banyak juga tanaman yang hidup di dalam gedung ini. Namun alih-alih memasok tanaman eksotis, gedung ini memasukkan tanaman-tanaman lokal untuk hidup dengan indah di dalam sana. Gedung yang didesain oleh Dominique Perrault Architecture ini menggunakan bahan-bahan lokal untuk membuat interiornya.

3. Sheraton Huzhou Hot Spring Resort, China

lensaterkini.web.id - Bentuknya yang tidak biasa dan cantik yang luar biasa pada malam hari. Sheraton Huzhou Hot Spring Resort menjadi gedung pencakar langit ketiga terbaik di dunia.

Gedung yang berada di Huzhou, China ini berdiri tepat di tepi Danau Tai. Saat malam hari, ada 19.000 lampu LED yang akan memantul cantik ke permukaan air. Kerennya, Semua kamar yang ada di hotel ini memiliki balkon.

Setiap kamar memiliki pemandangan unik serta desainnya mampu membawa sinar mentari masuk ke dalam ruangan. Desainer dari bangunan hotel ini adalah MAD, Shanghai Xian Dai Architecture Design.

4. Cayan Tower, UEA

Dubai juga punya gedung pencakar langit terbaik di dunia. Cayan Tower, didesain oleh Skidmore, Owings & Merrill, Khatib & Alami Dubai, memiliki tinggi 307 meter dan 73 lantai.

Dari jauh, gedung ini sudah menarik hati lantaran bentuknya yang seperti terpelintir.Bukan tanpa alasan, bentuk seperti itu ternyata dibuat untuk menghindari tekanan angin. Setiap lantai dirotasi sebanyak 1,2 derajat untuk mendapatkan bentuk spiral yang sempurna.

5. One Central Park (East Tower), Australia

lensaterkini.web.id - Gedung One Central Park punya satu menara yang menarik, tepatnya East Tower. Inilah salah satu pemenang dari gedung pencakar langit terbaik di dunia tahun 2014.

Gedung yang didesain oleh Ateliers Jean Nouvel, PTW Architects ini menarik hati karena taman vertikalnya yang ada di setiap lantai. Dengan hadirnya taman ini, setiap orang yang tinggal di dalam gedung ini bisa merasakan sensasi seperti tinggal di dalam rumah pohon. Gedung setinggi 117 meter dan memiliki 34 lantai ini menjadi kanvas untuk pertunjukan seni LED saat malam hari.

6. Flame Towers, Azerbaijan

Mungkin inilah gedung paling keren yang ada di Azerbaijan. Ada 3 menara yang bentuknya seperti ujung api. Berdiri saling berhadapan dengan jarak yang terlihat seperti tiga lidah api.

Kerennya lagi, seluruh permukaan gedung ini diselimuti oleh LED yang menyala seperi api.Gedung yang didesain oleh HOK ini terinspirasi dari sejarah Azerbaijan yang dikenal sebagai tanah api karena kaya akan gas bumi. Gedung ini setinggi 182 meter dan memiliki 75 lantai.

7. Mercury City, Rusia

lensaterkini.web.id - Bangunannya futuristik dan sistem di dalam gedungnya sangat hemat energi. Inilah mengapa gedung Mercury City di Moscow, Rusia masuk dalam daftar 10 gedung pencakar langit terbaik di dunia.

Gedung setinggi 339 meter dengan 75 lantai ini didesain oleh Frank Williams & Partners, G.L. Sirota, M.M. Posokhin. Gedung ini mengumpulkan air yang tidak terpakai untuk disuling dan digunakan di dalam gedung.

Hemat energi jelas ada di gedung ini dengan 75% ruang kerja di gedung ini terjangkau sinar matahari. Gedung tertinggi di Eropa ini juga punya elevator yang bergerak dengan sangat cepat yaitu 7 meter per detik.

8. Ardmore Residence, Singapura

Singapura juga punya salah satu gedung pencakar langit terbaik di dunia yaitu Ardmore Residence. Gedung yang dibuat oleh UNStudio, Architects 61 ini memiliki tinggi 136 meter dan 36 lantai.

Gedung ini merupakan apartemen dengan bentuk yang unik.Dari kejauhan, gedung ini terlihat memiliki kontur yang berbeda. Namun saat dilihat dari dekat, gedung ini punya panel-panel bagian luar yang jelas sehingga menghasilkan bentuk yang unik.

9. AZ Tower, Republik Ceko

lensaterkini.web.id - Bentuknya boleh kalah unik dari yang lainnya. Namun kemampuan gedung ini patut diacungi jempol. AZ Tower punya pilar energi sepanjang 30 meter. Pilar ini bisa mendinginkan gedung saat musim panas dan menghangatkannya saat musim dingin.

Ini merupakan satu-satunya gedung di Republik Ceko yang menggunakan sistem penghematan energi yang efisien. Gedung yang didesain oleh Architektonicka kancelar Burian-Krivinka ini memiliki tinggi 111 meter dan 30 lantai.

10. Tour Carpe Diem, Prancis

Gedung ini memiliki tinggi 162 meter dan punya 38 lantai. Bangunannya berbentuk unik dan termasuk gedung yang hemat energi. Gedung yang berada di Courbevioe ini menggunakan sumur-sumur geotermal sebagai sumber energi.

Strategi desainnya dibuat untuk berkelanjutan, termasuk menghasilkan air panas dari tenaga sinar matahari dan sistem pengembalian panas. Ada bar di rooftop yang punya pemandangan cantik Paris dan Siena dari ketinggian.

Di lobi utama, ada taman musim dingin setinggi 17 meter yang bisa menyegarkan mata dan pikiran. Ada Nanfung Commercial, Hospitality & Exhibition Complex di Guangzhou, China, yang juga mendapat posisi sama dengan Tour Carpe Diem.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola