8 Film Paling Mahal Dalam Sejarah Hollywood

Hollywood sudah bisa dibilang menjadi tolak ukur kualitas dan popularitas industri hiburan dunia. Sineas muda Indonesia banyak yang mencontoh ataupun mengadaptasi cara kerja dan proses produksi yang diterapkan oleh sineas-sineas di sana.Meski begitu, tak bisa dipungkiri juga bahwa terkadang sineas Hollywood boros budget.

Hal ini tentunya tidak boleh dicontoh oleh sineas Indonesia.Dilansir dari The Richest, berikut adalah 7 Film Hollywood Paling Mahal Di Dunia. Apakah biaya mahal itu terbayar dengan kesuksesan besar, atau sang produser malah harus menelan kerugian yang tak sedikit?

1. Waterworld

lensaterkini.web.id - Waterworld termasuk dalam daftar film paling gagal sepanjang sejarah, karena tidak berhasil menembus box office pada waktu penayangannya. Film ini juga disebut-sebut menjadi penghancur karir Kevin Costner, yang saat itu sebenarnya sedang naik daun.

Film ini bercerita tentang masa depan pasca kiamat kecil, di mana dunia sudah terjebak oleh air dan semua manusia berlomba berlayar ke sana-kemari untuk menemukan dataran. Dengan kucuran dana mencapai Rp31,4 triliun, kegagalan film ini jadi semakin memprihatinkan saja.

Kondisi pasar Amerika Serikat yang memang sedang tak semangat menerima film-film sci-fi seperti ini, dan juga karena adanya inflasi saat itu, menjadi alasan utama mengapa film ini gagal di pasaran.Dari segi cerita, secara ide besarnya memang menarik. Namun sayang, eksekusinya banyak lubang di sana-sini.

2. Harry Potter and the Half-Blood Prince

Harry Potter and the Half-Blood Prince adalah film keenam dari keseluruhan 7 seri petualangan Harry Potter, si anak terpilih yang harus menyelamatkan kehancuran dunia sihir karena ambisi sang penguasa kegelapan, Voldemort.

Film ini menghabiskan dana yang tak sedikit, karena banyak menggunakan special effect dan teknologi CGI dalam penggarapannya. Total dana bersih yang digunakan mencapa Rp32,52 triliun.

Untungnya, yang namanya seri film Harry Potter selalu laris manis diserbu penonton sehingga keuntungan penjualan pun langsung bisa diraih pada minggu pertama penayangannya di seluruh dunia. Film ini disutradarai oleh David Yates, yang juga menyutradarai film Harry Potter kelima dan ketujuh, The Order of Phoenix dan The Deathly Hallows.

3. Tangled

lensaterkini.web.id - Tangled adalah film animasi garapan rumah studio Disney, me-recycle cerita klasik tentang Putri Rapunzel dan rambut ajaibnya. Film ini berhasil menerima respon positif dari para kritikus film, dan menerima rating 89 persen dari situs review dan rating film terkenal, Rotten Tomatoes.

Secara total, Tangled menghabiskan biaya hingga Rp33,24 triliun. Untungnya film ini begitu laris di pasar Amerika Serikat dan juga pasar internasional, sehingga tidak ada ruginya menggelontorkan dana sebanyak itu hanya untuk film animasi.

Dinilai memiliki karakter cerita yang tak biasa, meskipun masih kental dengan rasa Disney yakni dengan pangeran tampan yang pada akhirnya harus menyelamatkan seorang putri yang sebenarnya lemah, film Tangled diterima sebagai film yang seru bagi para feminis.

4. Spiderman 3

Spiderman 3 masih dibintangi oleh si culun Tobey Maguire dan si cantik namun peragu, Kirsten Dunst. Untuk film terakhir seri Spiderman bersama Tobey Maguire ini, Columbia Pictures, Laura Ziskin Production, dan Marvel Comics menggelontorkan dana sebesar Rp34,7 triliun.

Spiderman 3 juga dibintangi oleh Topher Grace, yang mengambil peran sebagai musuh Spiderman bernama Venom, yang terjangkit virus luar angkasa dan menjadi jahat. Meski tak sebaik Spiderman 1, paling tidak Spiderman 3 masih memperoleh tanggapan yang lebih baik dari para kritikus film, dan menerima rating 63 persen dari situs Rotten Tomatoes.

5. Titanic

lensaterkini.web.id - Hampir sama seperti jumlah dana yang dihabiskan oleh film Spiderman 3, Titanic juga menghabiskan dana kurang lebih Rp34,7 triliun. Film epik yang melibatkan banyak figuran dan kru film ini kemudian menuai sukses besar dan dianggap sebagai film klasik hingga sekarang.

Kisah cinta Rose dan Jack yang tragis membuat film ini selalu menarik ditonton tiap kali tayang di televisi. Adanya elemen terinspirasi dari kisah nyata makin membuat film ini susah untuk dilewatkan begitu saja.

Film ini meraih begitu banyak penghargaan Piala Oscar, Screen Guilt Actors Awards, dan Golden Globe Awards. Kate Winslet sendiri juga masuk dalam nominasi Academy Awards meskipun tidak menang melawan Helen Hunt dari As Good As It Gets.

6. Avatar

Avatar disutradarai oleh James Cameron, sang jenius yang ada di balik keberhasilan film Titanic. Untuk merealisasikan film yang sudah menjadi impiannya sejak 10 tahun lalu ini, James memilih Zoe Saldana dan Sam Worthington untuk menjadi pemeran utamanya. Jamie Lee Curtis, aktris senior yang sudah malang melintang di industri perfilman Hollywood sejak tahun 80-an pun turut digaetnya.

Dana sebesar Rp3,08 triliun pun digelontorkan untuk mewujudkan film yang menggunakan teknologi CGI dalam penyempurnaannya ini. Yang menarik adalah, dengan dana sebanyak itu, sebagian besar pemain malah harus melakukan semua proses syutingnya di dalam ruangan dengan menggunakan bantuan alat-alat canggih yang mentransfer gerak tubuh, mimik wajah, dan suara mereka ke komputer untuk kemudian diedit.

7. Cleopatra

lensaterkini.web.id - Cleopatra makin melambungkan nama Elizabeth Taylor yang saat itu sudah masuk dalam jajaran aktris Hollywood papan atas, dengan kecantikannya yang begitu sempurna.Didapuk memerankan karakter Cleopatra, yang merupakan wanita tercantik di dunia versi zaman kejayaan peradaban Mesir kuno, Liz sukses membawa keuntungan besar bagi film ini.

Film yang rilis di tahun 1963 ini menghabiskan dana sebesar Rp39,43 triliun, dengan kebutuhan setting dan properti yang beragam dan lumayan sulit. Kostum dari sang Cleopatra-nya sendiri saja sudah nampak begitu mewah dan berat, tentunya juga memakan banyak biaya dalam pembuatannya.

8. Pirates of the Carribean: At Worlds End

Pirates of the Carribean: At World's End adalah film ketiga dari seri film epik Pirates of the Carribean. Film yang sukses makin melambungkan nama Johnny Depp dengan karakter Kapten Jack Sparrow ini ternyata memecahkan rekor Cleopatra sebagai film Hollywood paling mahal di dunia.

Total dana yang dihabiskan oleh Disney dalam menggarap film ini mencapai Rp40,28 triliun. Film ini masuk jajaran box office Hollywood dan menjadi film yang paling sukses di tahun 2009.

Masih dibintangi pula oleh Orlando Bloom dan Keira Knightley, film ini bercerita tentang perjuangan kru kapal Sparrow yang harus menyelamatkan sang kapten dari tawanan Davy Jones. Meski menembus jajaran box office, para kritikus menilai cerita dalam seri ini terlalu lemah dan kurang berbobot.

Nah, itulah 8 Film Hollywood Paling Mahal Di Dunia. Adakah yang merupakan film favorit Anda?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Movies
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola