7 Tembok Terbesar Yang Paling Terkenal di Dunia

Pada zaman kuno, tembok dibangun untuk menandai perbatasan dan sekaligus menjadi benteng pertahanan. Kini, tembok-tembok ini telah menjadi salah satu memorial bersejarah dari berbagai peradaban di dunia. Nah, berikut adalah 7 Tembok Paling Terkenal Di Dunia.

1. Tembok Berlin

lensaterkini.web.id - Pembangun tembok Berlin dimulai pada 13 Agustus 1961, untuk memisahkan Jerman Barat dan Timur. Tembok ini juga menjadi salah satu bentuk upaya untuk mencegah terjadinya emigrasi besar-besaran dan pembelotan yang menandai Jerman dan komunis Blok Timur selama periode setelah Perang Dunia II.

Untungnya, tembok yang dalam bahasa Jerman disebut Berliner Mauer ini berhasil diruntuhkan oleh rakyat Jerman pada tahun 1989. Yang juga menandai berakhirnya masa pemerintahan Hitler.

2. Tembok China

Pembangunan Tembok Besar China dimulai pada abad ke-7 SM, untuk melindungi perbatasan utara Kekaisaran China. Tujuan lain dari dibangunnya tembok ini adalah untuk mengontrol perbatasan, pengenaan bea atas barang yang diangkut di sepanjang Jalan Sutra, mempermudah perdagangan dan kontrol atas imigrasi dan emigrasi. Sebagian besar dinding dibangun pada masa Dinasti Ming dan terbentang seluas 8.851,8 km.

3. Walls of Ston

lensaterkini.web.id - Walls of Ston adalah serangkaian tembok batu yang terletak di Semenanjung Peljesac di selatan Krosia. Dinding kuno ini terbentang sepanjang 5,5 km, dari Ston ke Mali Ston. Walls of Ston sendiri selesai dibangun pada abad ke-15.

4. Tembok Troy

Troy adalah sebuah kota legendaris di barat laut Turki. Beberapa bagian dari dinding Troy masih bisa terlihat jelas hingga kini. Setiap tahun, ada banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia yang datang untuk mengunjungi Troy. Dengan sejarah mencapai 4.000 tahun, kota ini menjadi salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia.

5. Great Zimbabwe Walls

lensaterkini.web.id - Great Zimbabwe Walls adalah kompleks reruntuhan batu yang tersebar di seluruh negeri (Zimbabwe). Tembok ini dibangun oleh warga adat Bantu pada abad ke-11 dan berlanjut selama lebih dari 300 tahun.

6. Saksaywaman

Saksaywaman punya banyak sebutan, yakni Sasawaman, Saksawaman, Sasaywaman, Saqsaywaman atau Saksaq Waman. Saksaywaman adalah kompleks dinding di pinggiran utara Cusco, Peru, bekas ibukota Kekaisaran Inca. Dinding bersejarah ini telah masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1983.

7. Tembok Hadrian

lensaterkini.web.id - Tembok Hadrian dibangun oleh bangsa Romawi untuk melindungi koloni Britania dari suku-suku di Skotlandia. Tembok bersejarah ini membentang sepanjang 117 km di utara Inggris, dari Laut Irlandia sampai ke Laut Utara. Tembok ini sekarang menjadi daya tarik wisata paling populer di Inggris Utara dan telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987.

Nah, itulah 7 Tembok Paling Terkenal Di Dunia. Situs bersejarah sudah semestinya dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Jangan sampai punah! Sebab, generasi berikutnya juga memiliki hak yang sama untuk menikmatinya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola