6 Negara Yang Sanggup Jadi Team Kuda Hitam Piala Dunia

Piala Dunia selalu menghadirkan kejutan dari tim-tim yang sebelumnya cuma dianggap jadi pelengkap. Di Brasil tahun 2014 beberapa negara yang dianggap sebagai team underdog memang punya komposisi skuat yang menjanjikan.

Mereka yang berstatus team underdog punya potensi membuat kejutan sejak di pertandingan pertama. Mulai dari sekadar mengalahkan negara favorit juara sampai pencapaian mereka yang tak disangka.

Belgia yang paling ditunggu gebrakannya setelah tampil superior di kualifikasi zona Eropa dan para pemainnya yang bermain memikat di klub masing-masing. Keberadaan pelatih asal Italia, Alberto Zaccheroni dan Fabio Capello, membuat semua tim perlu mewaspadai Jepang dan Rusia.

Negara lainnya yang akan mencuri perhatian adalah Pantai Gading dengan Yaya Toure-nya, Chile dengan Arturo Vidal dan Alexis Sanchez, serta Bosnia dengan ujung tombak Edin Dzeko. Berikut 5 Negara Yang Berpotensi Jadi Team Kuda Hitam Piala Dunia 2014 Di Brasil menimbang performa mereka selama kualifikasi dan daftar pemain yang dibawa.

BELGIA

lensaterkini.web.id - Belgia tak diduga menjadi juara grup dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa. Tim asuhan Marc Wilmots itu memenangi semua partai tandang selama babak kualifikasi.

Tim Red Devils meraih jumlah poin yang lebih baik dibanding Kroasia, Serbia, Skotlandia dan Wales. Total 26 poin dari delapan kemenangan dan dua kali seri, atau 2 poin lebih sedikit daripada Jerman di Grup C dan Belanda di Grup D adalah dua negara yang mendulang poin terbanyak di kualifikasi (28 poin).

Belgia yang berperingkat 12 FIFA memiliki sejumlah pemain andalan yang bertebar di klub-klub elit Eropa. Sebut saja, Thibaut Courtois yang mengantar Atletico Madrid juara La Liga musim 2013/2014 dan juara Europa League pada musim sebelumnya.

Kemudian, Vincent Kompany (Manchester City), Eden Hazard (Chelsea),  Romelu Lukaku dan Kevin Mirallas (Everton), Dries Mertens (Napoli), Thomas Vermaelen (Arsenal) dan Marouane Fellaini (Manchester City).

Belgia berada di grup H yang relatif setara bersama tiga tim lainnya : Aljazair, Rusia dan Korea Selatan. Si Setan Merah diyakini jadi juara grup dengan pendamping Rusia, dan akan menghadapi runner up Grup G.

JEPANG

Jepang kurang tampil meyakinkan di kualifikasi Piala Dunia 2014. Negeri Matahari Terbit itu kalah dua kali di fase grup putaran ketiga, yakni kalah dari tim tamu Uzbekistan (0-1) dan menyerah 1-0 dari tuan rumah Korea Utara.

Bermain di kandang, Jepang ditahan imbang 1-1 oleh Uzbekistan. Meski kalah poin dengan Uzbekistan, tapi Kagawa dkk lolos ke putaran selanjutnya dengan status runner up grup.

Jepang yang diasuh oleh Alberto Zaccheroni memperbaiki perfomanya di fase grup putaran keempat. Mereka memetik lima kemenangan, dua kali seri dan hanya satu kekalahan. Dengan raihan 17 poin, Jepang lebih baik dari Australia, Yordania, Oman dan Irak. Tiket otomatis untuk tim Samurai Biru.

Mr Zac membawa para pemain campuran dari liga lokal J-League dan beberapa pemain yang berkiprah di Eropa, seperti Shinji Kagawa (Manchester United), Yuto Nagatomo (Inter Milan), Atsuto Uchida (Schalke 04), Keisuke Honda (AC Milan) dan Shinji Okazaki (Mainz 05).

Jepang bersaing ketat dengan Kolombia, Yunani dan Pantai Gading di Grup C. Absennya Falcao sedikit menutup peluang Kolombia lolos ke fase gugur. Pengalaman berlatih Mr Zac diyakini akan membawa Jepang semakin melaju di Brasil 2014.

PANTAI GADING

lensaterkini.web.id - Pantai Gading melangkah mulus di kualifikasi zona Afrika. Berawal di fase grup putaran kedua, mereka menyisihkan Maroko, Tanzania dan Gambia. Pada putaran ketiga, tim Gajah menang agregat 4-2 atas Senegal.

The Elephants tampil di Piala Dunia 2014 dengan mengandalkan kepemimpinan Didier Drogba dan senioritas Kolo Toure. Sementara itu, Yaya Toure yang baru saja membantu Manchester City juara Liga Inggris juga memperkaya lini tengah Pantai Gading.

Sama seperti Jepang, Pantai Gading besutan Sabri Lamouchi juga mendapat peluang bagus untuk masuk babak knock out setelah Falcao absen di Brasil akibat cedera.

RUSIA

Di kualifikasi zona Eropa, Rusia sukses mengangkangi Portugal yang diperkuat oleh mega bintang Cristiano Ronaldo dengan beda perolehan poin yang tipis. Meski begitu, kepastian  Rusia lolos ke Brasil ditentukan di partai terakhir kualifikasi, lewat hasil imbang 1-1 dengan Azerbaijan.

Rusia sangat berharap tuah pelatih asal Italia, Fabio Capello. Sang allenatore memberi gelar juara Serie A kepada AC Milan (4 kali, juga trofi UCL 1993/94) dan AS Roma (1 kali), juga gelar La Liga kepada Real Madrid (2 kali).

Untuk Piala Dunia 2014, Capello memasukkan 23 pemain yang semuanya tampil di Liga Rusia. Igor Akinfeev masih dipercaya jadi kiper utama, lalu pemain andalan lainnya, antara lain Yuri Zhirkov (Dynamo Moskow), Alan Dzagoev (CSKA Moskow) dan Aleksandr Kerzhakov (Zenit St Petersburg).

Rusia diprediksi akan mengatasi pertarungan di Grup H. Bersama Belgia, tim Beruang Merah akan memberi kejutan di fase gugur.

CHILE

lensaterkini.web.id - Arturo Vidal dan Alexis Sanchez menjadi tumpuan Chile dalam kiprahnya di Piala Dunia. Keduanya diharapkan memberikan kontribusi positif seperti pada saat kualifikasi. Dalam daftar pencetak gol kualifikasi, Vidal menjadi  topskor Chile dengan 5 gol. Gelandang Juventus itu mengemas 1 gol lebih banyak dibanding Alexis Sanchez.

Bergabung di Grup B, Chile harus meladeni raksasa Spanyol dan Belanda. Vidal dkk berpotensi menemani tim Matador seperti yang terjadi di Afsel 2010.

Bosnia-Herzegovina

Bosnia untuk pertamakalinya masuk putaran final Piala Dunia. Brasil menjadi kesempatan bagi Edin Dzeko dkk menunjukkan potensi negara pecahan Yugoslavia itu sekaligus punya kans mengulang prestasi Kroasia di Prancis 1998.

Gol-gol dan pergerakan Dzeko jelas dibutuhkan Bosnia untuk membawa kemenangan. Apalagi, sang striker sukses mengantar Manchester City juara Premier League musim lalu. Bosnia diprediksi akan memenangi persaingan dengan Nigeria dan Iran untuk mendampingi Argentina yang sangat difavoritkan jadi juara Grup F.

Di babak kualifikasi, Bosnia menduduki posisi puncak Grup G. Perolehan poin Bosnia sama dengan Yunani (25 poin), tapi negeri Balkan itu unggul jumlah perbedaan gol memasukkan dan kemasukan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola