5 Suku Asli Indonesia Paling Dikenal Dunia Internasional

Menurut sensus penduduk di tahun 2010 silam, Indonesia memiliki setidaknya 1.340 suku bangsa yang tersebar dari timur hingga ke barat. Suku-suku itu mendiami kawasan pedalaman seperti di hutan belantara hingga di rimbunnya hutan beton seperti di Jakarta dan Surabaya.

Setiap suku di Indonesia memiliki kebudayaan dan karya seni yang berbeda. Orang yang tinggal di kawasan Sumatra akan memiliki kebudayaan yang berbeda dengan yang ada di kawasan Bali. Ragam kebudayaan yang sangat kaya dan kental ini membuat banyak masyarakat dunia jadi tertarik, mereka rela datang untuk melihat dan mempelajari budaya yang orang Indonesia sendiri saja kadang tidak tahu.

Dari berbagai suku yang tinggal di Indonesia, lima suku di bawah paling menarik perhatian. Yuk, simak suku apa saja yang bisa membuat bule kesengsem!

Suku Dani

lensaterkini.web.id - Suku Dani adalah satu dari beberapa suku bangsa di Papua yang banyak menarik perhatian dunia internasional. Suku yang tinggal di kawasan Lembah Baliem ini memiliki keunikan dari segi budaya dan juga seni. Masyarakat Suku Dani menjaga budayanya agar tetap asli hingga modernisasi tidak bisa masuk dan membuat semuanya jadi hancur.

Selanjutnya, masyarakat Suku Dani juga memiliki banyak sekali upacara-upacara tradisional yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Mereka memiliki tradisi memotong jari jika keluarga ada yang meninggal dunia sebagai ungkapan kekalutan dan kesedihan. Terakhir, Suku Dani juga memiliki mumi yang kerap diperlihatkan kepada wisatawan dari dalam dan luar negeri yang kebetulan singgah.

Suku Dayak

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Suku Dayak adalah salah satu daya tarik yang kuat bagi para wisatawan dari berbagai negara. Suku yang banyak mendiami kawasan Kalimantan ini memiliki kebudayaan, kesenian, dan kerajinan tangan yang sangat unik hingga selalu dicari banyak orang baik dari dalam mau pun luar negeri.

Suku Dayak memiliki tarian-tarian yang unik seperti Tari Kancet Papatai, Taru Ledo, dan Tari Pecuk Kina. Selain tarian, suku dayak juga punya kerajinan berupa kain ayaman yang berwarna-warni dan aksesori dari manik yang disusun sedemikian rupa. Selain dua hal yang telah disebutkan sebelumnya, Suku Dayak juga membuat mandau dan perisai yang memiliki banyak motif.

Suku Nias

lensaterkini.web.id - Suku Nias adalah salah satu suku paling unik yang ada di Indonesia. Suku yang terletak di Pulau Nias ini memiliki kebudayaan megalitikum yang masih dipertahankan hingga sekarang. Kalau Anda berkunjung ke Pulau Nias sempatkan untuk datang ke kawasan Bukit Matahari yang masih menjaga tradisi-tradisi Nias sejak ribuan tahun yang lalu.

Oh ya, Suku Nias juga dikenal sebagai salah satu suku petarung Indonesia. Warrior of Nias kerap disematkan kepada petarung dari Nias yang di masa lalu dengan gagah berani melawan penjajahan Belanda juga penculikan-penculikan warga yang nantinya akan digunakan untuk budak.

Suku Kamoro

Papua memang selalu memesona banyak orang meski wilayah ini kerap dianaktirikan oleh pemerintah Indonesia. Selain Suku Dani yang tinggal di Lembah Baliem, Suku Kamoro yang tinggal di wilayah pesisir juga banyak menyita perhatian dunia. Kebudayaan suku ini banyak dipertontonkan di berbagai even internasional seperti di Belanda dan Brasil.

Salah satu keunikan dari Suku Kamoro adalah tarian, anyaman, dan juga ukiran. Suku Kamoro sangat menjunjung tinggi ukiran-ukiran yang dihasilkan oleh warganya. Semakin bagus ukiran, maka semakin tinggi pula derajat pembuat hingga akan semakin dihormati oleh banyak orang.

Suku Jawa

lensaterkini.web.id - Sebagai satu-satunya suku dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Suku Jawa memiliki banyak hal unik yang membuat banyak masyarakat dunia jadi tertarik. Mulai dari seni pertunjukan, Suku Jawa memiliki wayang, ludruk, tari dll. Selanjutnya seni musik, Suku Jawa memiliki banyak sekali alat musik dan aneka jenis musik mulai dari yang klasik hingga campur modern.

Untuk membuktikan banyaknya orang asing yang minat dengan Budaya Jawa adalah banyaknya pelajar asing yang datang ke Indonesia. Di kawasan Yogyakarta banyak pelajar asing yang belajar menari, belajar gamelan, bahkan belajar wayang yang tak semua orang Jawa mampu melakukannya.

Inilah lima suku asli Indonesia yang banyak mendapatkan perhatian dunia internasional. Adalah sukumu disebutkan di atas, kawan?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola