5 Peristiwa Besar Yang Terjadi di Bulan Ramadan

Bagi sebagian dari kita Ramadhan mungkin hanya bulan di mana ada puasa wajib di sana serta amalan-amalan yang berkali-kali lipat pahalanya. Ya, memang seperti itu, tapi Ramadhan sejatinya lebih dari sekedar bulannya ibadah, tapi juga jadi bulan peringatan akan berbagai peristiwa dahsyat di masa lalu.

Ya, sejarah mencatat banyak sekali kejadian luar biasa dan penting yang terjadi di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah wafatnya khalifah keempat Ali Bin Abi Tholib. Peristiwa pahit ini terjadi pada 17 Ramadhan dan membuat dunia gempar karena putus sudah rantai kekhalifahan empat yang diawali dari Abu Bakar Ashidiq.

Tak hanya peristiwa kematian Ali Bin Abi Tholib, masih banyak kejadian-kejadian dahsyat lain yang terjadi selama bulan Ramadhan. Berikut ulasannya.

Perang Badar yang Berdampak Besar

lensaterkini.web.id - Salah satu momentum penting di sejarah Islam adalah Perang Badar. Perang ini adalah konfrontasi pertama umat Islam melawan Quraisy setelah sebelumnya orang-orang Muslim selalu ditindas dan diperlakukan buruk. Dalam pertempuran ini Islam menang dengan gemilang walaupun secara logika sangat mustahil.

Ya, ketika itu pasukan Muslimin hanya berjumlah sekitar 300an orang saja sedangkan Quraisy setidaknya memiliki seribu pasukan. Namun berkat disiplin luar biasa akhirnya perang selama dua jam ini dimenangkan oleh Muslimin. Perang ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 Hijriah.

Strategi Perang Khandaq Dibuat di Bulan Ramadhan

Perang Khandaq juga merupakan salah satu peristiwa besar yang sangat berpengaruh bagi dunia Islam. Peperangan ini dibuat oleh orang-orang Quraisy dan Yahudi untuk menggempur dan menguasai Madinah. Tak main-main, ada ribuan pasukan tempur yang siap serbu kala itu.

Menghadapi yang semacam ini Muslimin Madinah bisa berpikir sangat matang. Mereka kemudian membuat parit-parit agar menyulitkan pasukan gabungan tersebut. Perang ini sendiri berakhir dengan keteguhan Madinah. Para pasukan gabungan itu pulang dengan hampa. Nah, penyusunan strategi ini dilakukan Muslimin saat Ramadhan. Perangnya sendiri berlangsung selama Syawal.

Berhala-Berhala Sesembahan Dihancurkan

lensaterkini.web.id - Berhala adalah simbol kebesaran Quraisy di masa lalu. Patung-patung ini dijadikan sesembahan sejak lama dan begitu dikeramatkan. Hingga pada akhirnya ketika Rasul menguasai Mekkah dan sebagian Jazirah Arab, beliau pun menyuruh para sahabat untuk meruntuhkan berhala-berhala yang ada.

Khalid Bin Walid, Amr Bin Ash, dan seorang sahabat lagi, memimpin pasukan untuk menghancurkan berhala-berhala yang sudah ada sejak lama dan jadi sesembahan. Hancur leburnya patung-patung ini jadi bukti jika Islam sudah benar-benar berjaya, dan peristiwa tersebut juga terjadi saat bulan Ramadhan.

Perang Tabuk, Ketika Islam Berhasil Mengusir Bizantium

Rasul mendengar jika di daerah Tabuk pasukan Bizantium tengah mengumpulkan kekuatan yang sangat besar untuk menaklukkan Hijaz. Khawatir akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan, kemudian beliau menghimpun sekitar 70 ribu pasukan untuk berangkat ke Tabuk dan memerangi pasukan Bizantium.

Ini adalah pasukan Muslim terbanyak yang pernah tercatat dalam sejarah. Memang sangat logis karena Bizantium adalah kerajaan besar dan kuat. Pasukan Rasul pun pada akhirnya sampai ke Tabuk, tapi tak menemui satu pun batang hidung pasukan Bizantium. Menurut kabar, pasukan Bizantium seperti agak ketakutan begitu mendengar pasukan Muslim akan ke Tabuk. Nah, peristiwa ini sendiri juga berlangsung di bulan Ramadhan.

Pembebasan Kota Mekkah yang Sangat Penting

lensaterkini.web.id - Fathu Mekkah atau pembebasan kota Mekkah, adalah salah satu peristiwa penting bagi Islam. Ya, ini adalah saat di mana Islam pada akhirnya menguasai Mekkah. Bisa menduduki Mekkah sendiri adalah cita-cita Muslimin sejak dulu sekali, dan baru bisa terjadi setelah mengalami banyak peristiwa.

Meskipun namanya penaklukkan, tapi dalam peristiwa ini tak ada satu pun darah yang tertumpah. Peristiwa ini terjadi di bulan Ramadhan pada tahun 8 hijriah.

Inilah peristiwa-peristiwa penting yang terjadi selama Ramadhan. Sungguh, Rasul dan para sahabat menjalani hari-hari yang berat ketika itu. Tak hanya harus menahan lapar karena berpuasa, tapi juga melakukan perang-perang yang pastinya sangat melelahkan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola