5 Masjid Terunik Yang Ada di Indonesia

Masjid biasanya identik dengan menara yang tinggi dan kubahnya yang megah. Tapi di Indonesia, ada 5 Masjid Paling Unik Di Indonesia  Yuk, kita tengok!

Indonesia dengan jumlah penduduk beragaman Islam terbanyak, memungkinkan untuk kita menemui masjid di sepanjang jalan. Tapi tahukah Anda, masjid di Indonesia ternyata ada yang memiliki desain tidak biasa, bahkan unik. Berikut adalah 5 Masjid Paling Unik Di Indonesia.

1. Masjid Pintu 1.000, Tangerang

lensaterkini.web.id - Inilah masjid paling unik pertama di Indonesia. Nama aslinya adalah Masjid Nurul Yakin. Tidak seperti masjid lain pada umumnya yang memiliki pintu 2 atau paling banyak 10, masjid ini memiliki kurang lebih 1.000 pintu masuk. Wow! Karena keunikannya ini, Masjid Nurul Yakin pun sering disebut dengan nama Masjid Pintu Seribu.

Masjid yang berada di Kampung Bayur, Kabupaten Tangerang, Banten ini semakin unik karena dalam pembangunannya, tidak memakai gambar rancangan. Tidak ada yang tahu dengan pas berapa jumlah pasti pintunya, sekalipun sang penjaga. Di antara pintu-pintu masjid, ada banyak lorong sempit dan gelap, persis seperti labirin. Di ujung lorong, ada beberapa ruang berukuran 4 X 3 meter persegi. Pengunjung pun bisa salat di dalamnya.

2. Masjid Perahu, Jakarta

Masjid paling unik kedua yang tak kalah unik ada di Casablanca, Jakarta. Masjid ini unik karena disamping masjid terdapat bangunan berbentuk seperti perahu. Tak heran bila warga sekitar menyebutnya sebagai Masjid Perahu. Aslinya, masjid ini bernama Al Munada Darussalam. Untuk masuk ke dalam masjid, Anda harus melewati sebuah gang kecil yang diapit oleh Apartemen Casablanca.

Bangunan berbentuk kapal yang ada di sebelah Masjid, sebenarnya memiliki fungsi sebagai tempat wudhu dan kamar mandi. Di lantai dua kapal, ada tempat beristirahat bagi khatib yang datang dari daerah jauh. Asal mula bangunan perahu ini, ternyata terinspirasi dari kapal Nabi Nuh. Bangunan ini masjid cukup sederhana, tempat yang digunakan sebagai ruang ibadah hanya memiliki luas 8 X 5 meter. Namun, yang membuat unik adalah di dalam ruangan ada beberapa perlengkapan yang lumayan jadul. Ini terlihat dari lampu gantung klasik yang berfungsi sebagai penerangan.

3. Masjid Cheng Ho, Surabaya

lensaterkini.web.id - Masjid Cheng Ho atau Masjid Muhammad Cheng Ho ialah bangunan masjid yang menyerupai kelenteng. Bangunan ini berada di Jalan Gading No 2, Surabaya. Jika datang ke masjid ini, Anda akan melihat bangunan masjid yang di dominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya sangat kental dengan ornamen Tionghoa.

Diberi nama Masjid Cheng Ho sebagai bentuk penghormatan kepada laksamana asal negeri tirai bambu tersebut. Saat memasuki masjid, Anda akan disambut dengan pintu yang menyerupai bentuk pagoda. Di sana ada juga relief naga dan patung singa yang terbuat dari lilin, lengkap dengan tulisan Allah di puncak pagoda.

Masjid Muhammad Cheng Ho berdiri di atas tanah seluas 21 X 11 meter persegi, dengan luas bangunan utama 11 X 9 meter persegi. Arsitekturnya yang memadukan dua budaya, Tionghoa dan Arab, menjadi ciri khas masjid ini.

4. Masjid Menara Kudus, Kudus

Masjid Menara Kudus adalah masjid paling unik lain yang bisa Anda temui di Indonesia. Masjid ini terletak di Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini menjadi salah satu tempat bersejarah bagi umat Islam di Tanah Jawa. Ini dikarenakan Masjid Menara Kudus dibangun oleh Sunan Kudus dengan menggunakan batu yang dibawa langsung dari Kota Baitul Maqdis, Palestina, sebagai batu pertama.

Masjid ini dibilang unik karena bentuk menaranya yang mirip seperti candi dengan corak Hindu Majapahit. Bagian lain dari masjid yang bercorak Hindu adalah gapura, pancuran padasan atau kolam tempat berwudhu. Bentuknya yang khas itulah, yang berhasil menarik masyarakat untuk datang berkunjung ke sana.

5. Masjid An Nurumi, Yogya

lensaterkini.web.id - Jika sedang berlibur ke Yogya, jangan kaget bila melihat ada bangunan mirip masjid, tapi berkubah warna-warni mirip permen. Ya, inilah Masjid An Nurumi. Letaknya yang berada di tepi Jalan Solo Km 15, berhasil menyihir siapa saja yang lewat terpana. Warnanya yang cerah dan ceria, membuat kubah masjid ini mirip seperti permen lolipop. Tak heran bila pengunjung yang datang menyebutnya sebagai Masjid Permen.

Bila diamati lebih jelas, kubah masjid permen ini mirip seperti atap Katedral Santo Peter di Moskow, Rusia. Bentuk dan warna kubahnya yang unik ini, membuat bangunan masjid ini dikira sebagai tempat bermain. Tanpa melupakan kebudayaan asal, mimbar di bagian dalam masjid ini memiliki mimbar bergaya Jawa. Nah, itulah 5 Masjid Paling Unik Di Indonesia semoga menambah wawasan anda.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola